8 Perintah CMD Untuk Mengelola Jaringan Nirkabel di Windows

Sebagai pengguna Windows, Control Panel dan Pengaturan aplikasi terasa sangat terbatas dalam apa yang dapat mereka lakukan. Jika Anda ingin kontrol penuh dan mutlak atas jaringan Anda, yang berarti akses ke semua sistem operasi yang ditawarkan, maka Anda harus mulai menggunakan Command Prompt.

Belum pernah menggunakan Command Prompt sebelumnya? Jangan khawatir. Menggunakannya semudah mengetikkan perintah yang akan Anda lihat di bawah.

Jika Anda siap untuk melanjutkan, berikut adalah beberapa perintah jaringan yang paling berguna untuk diketahui untuk mengelola dan mengatasi masalah jaringan di rumah Anda.

PING

ping adalah salah satu perintah jaringan yang paling mendasar namun bermanfaat untuk digunakan dalam aplikasi prompt perintah. Ini memberi tahu Anda apakah komputer Anda dapat mencapai beberapa alamat IP tujuan atau nama domain, dan jika bisa, berapa lama data untuk melakukan perjalanan ke sana dan kembali lagi.

Penggunaan dan contoh:

Perintah ini bekerja dengan mengirimkan beberapa paket data dan melihat berapa banyak dari mereka yang kembali. Jika beberapa dari mereka tidak kembali, itu akan memberi tahu Anda (“hilang”). Kehilangan paket menyebabkan kinerja yang buruk dalam permainan dan streaming, dan ini adalah cara yang bagus untuk menguji.

Secara default, ia mengirim 4 paket, masing-masing menunggu 4 detik sebelum waktu habis. Anda dapat menambah jumlah paket seperti ini:

ping www.google.com -n 10

Dan Anda dapat meningkatkan durasi batas waktu seperti ini (nilainya dalam milidetik):

ping www.google.com -w 6000

TRACERT

tracert adalah singkatan dari Trace Route. Seperti ping, ia mengirimkan paket data sebagai cara untuk memecahkan masalah jaringan apa pun yang mungkin Anda miliki, tetapi ia malah melacak rute paket tersebut saat berpindah dari satu server ke server lainnya.

Contoh Penggunaan :

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Kode Kesalahan/Error 0x80004005 Unspecified

Perintah menampilkan ringkasan baris demi baris setiap hop, termasuk latensi antara Anda dan hop tertentu dan alamat IP hop itu (ditambah nama domain jika tersedia).

Mengapa Anda melihat tiga pembacaan latensi per-hop?

Perintah jaringan tracert mengirimkan tiga paket per hop untuk menutupi kehilangan paket atau perlambatan. Ingatlah bahwa itu tidak mewakili latensi Anda yang sebenarnya. Ini praktik terbaik untuk rata-rata ketiganya.

PATHPING

pathping mirip dengan tracert kecuali lebih informatif, yang berarti perlu waktu lebih lama untuk dieksekusi. Setelah mengirimkan paket dari Anda ke tujuan tertentu, ia menganalisis rute yang diambil dan menghitung paket yang hilang berdasarkan per-hop.

Penggunaan dan output contoh:

IPCONFIG

ipconfig sering muncul sebagai perintah jaringan yang paling banyak digunakan pada Windows. Tidak hanya berguna untuk informasi yang diberikannya, tetapi Anda dapat menggabungkannya dengan beberapa sakelar untuk menjalankan tugas tertentu.

Penggunaan dan contoh:

Output default menunjukkan setiap adapter jaringan pada sistem Anda dan bagaimana mereka menyelesaikannya. Rincian Alamat IPv4 dan Gerbang Default di bawah bagian Adaptor LAN Nirkabel dan Adaptor Ethernet adalah yang paling penting untuk diketahui.

Gunakan sakelar ini untuk membersihkan cache DNS Anda:

ipconfig /flushdns

GETMAC

Setiap perangkat yang memenuhi standar IEEE 802 memiliki alamat MAC yang unik (Media Access Control). Pabrikan memberikan alamat MAC dan menyimpannya di perangkat keras perangkat. Beberapa orang menggunakan alamat MAC untuk membatasi perangkat mana yang dapat terhubung ke jaringan.

Penggunaan dan contoh:

Anda dapat melihat lebih dari satu alamat MAC tergantung pada berapa banyak adaptor yang berhubungan dengan jaringan pada sistem Anda. Misalnya, koneksi Wi-Fi dan Ethernet akan memiliki alamat MAC yang terpisah.

NSLOOKUP

nslookup adalah singkatan dari Name Server Lookup. Itu mengemas banyak daya, tetapi sebagian besar pengguna tidak membutuhkan kekuatan itu. Untuk orang-orang biasa seperti Anda dan saya, penggunaan utamanya adalah mencari tahu alamat IP di balik nama domain tertentu.

Penggunaan dan contoh:

Baca Juga

PALING VIRAL  8 Tema Film Keren untuk Menghidupkan Kembali Keajaiban di Windows Anda

Perhatikan bahwa nama domain tertentu tidak terikat dengan alamat IP khusus, yang berarti bahwa Anda mungkin mendapatkan alamat IP yang berbeda setiap kali Anda menjalankan perintah. Ini normal untuk situs web yang lebih besar karena mereka menyebarkan beban kerja mereka ke banyak mesin yang berbeda.

Jika Anda ingin mengonversi alamat IP menjadi nama domain, cukup ketikkan alamat itu di browser Anda dan lihat di mana alamatnya. Namun, tidak semua alamat IP mengarah ke nama domain, dan banyak alamat IP yang tidak dapat dijangkau melalui web.

NETSTAT

netstat adalah alat untuk statistik jaringan, diagnostik, dan analisis. Ini kuat dan kompleks tetapi bisa cukup sederhana jika Anda mengabaikan aspek-aspek canggih yang tidak perlu Anda ketahui (dengan asumsi Anda tidak mengelola bisnis besar-besaran atau jaringan kampus, misalnya).

Penggunaan dan contoh:

Secara default, perintah ini menunjukkan semua “koneksi aktif” di sistem Anda apakah koneksi tersebut ada di LAN atau di internet. Koneksi aktif bukan berarti pemindahan data terjadi – itu bisa berarti port yang terbuka dan siap menerima koneksi.

Memang, netstat sebagian besar bermanfaat bagi pengguna biasa karena kemampuannya untuk menampilkan informasi port, dan itu bisa berguna ketika Anda perlu meneruskan port.

PALING VIRAL  4 Aplikasi dan Situs Penting Untuk Pemilik Mobil Yang Dapat Memperbaiki Masalah Anda

Tetapi perintah itu juga memiliki sekitar selusin switch yang mengubah jenis informasi apa yang ditampilkan, seperti saklar -r yang menunjukkan tabel routing.

NETSH

netsh adalah singkatan dari Network Shell. Ini adalah perintah cmd untuk jaringan yang memungkinkan Anda melihat dan mengonfigurasi hampir semua adaptor jaringan pada sistem Anda secara lebih terperinci dan terperinci daripada perintah sebelumnya.

Menjalankan perintah netsh sendiri akan menggeser Command Prompt ke mode shell jaringan. Ada beberapa “konteks” yang berbeda dalam shell ini, termasuk satu untuk perintah yang berhubungan dengan routing, satu untuk perintah yang berhubungan dengan DHCP, dan satu untuk diagnosa, antara lain. Tetapi Anda dapat menggunakannya untuk menjalankan perintah individual juga.

Untuk melihat semua konteks shell jaringan:

Dan untuk melihat semua perintah dalam konteks:

Anda dapat menelusuri satu lapisan lagi untuk menemukan semua sub perintah dalam perintah-perintah itu:

Jadi misalnya, Anda dapat menjalankan perintah ini untuk melihat semua driver jaringan nirkabel di sistem Anda dan propertinya:

netsh wlan show drivers

Network Shell cukup kompleks untuk mendapatkan seluruh artikelnya sendiri. Hanya tahu bahwa jika Anda ingin mendapatkan teknis nyata dengan konfigurasi jaringan Anda, Anda mungkin harus menggunakan utilitas baris perintah ini.

Perintah Jaringan dan Solusi Jaringan Lainnya

Bagi siapa pun yang baru mengenal perintah jaringan Windows, lembar contekan berguna. Dengan beberapa referensi, Anda dapat menggunakan berbagai perintah cmd untuk mengumpulkan informasi di jaringan Anda, wi-fi, dan Internet. Meski begitu, meskipun berguna untuk selalu mengetahui opsi Anda, Anda mungkin menginginkan alternatif.