8 Situs Jurnal Akses Terbuka Terbaik untuk Siswa

Situs-situs ini menyediakan makalah penelitian yang kredibel tentang berbagai macam subjek. Lebih baik lagi, semuanya gratis!

Jika Anda seorang pelajar, Anda tahu betapa pentingnya mengutip sumber Anda saat membuat argumen. Dan untuk melakukannya, Anda beralih ke jurnal ilmiah, yang pada dasarnya adalah buku fisik atau digital yang mengumpulkan karya tulis dari para ahli di berbagai bidang.

Berkat teknologi, ada banyak jurnal ilmiah ternama di internet untuk dibaca dengan teliti. Namun, karena undang-undang kekayaan intelektual, banyak dari mereka mengenakan biaya mahal.

Karena itu, banyak organisasi nirlaba mulai meluncurkan situs web jurnal akses terbuka gratis untuk kepentingan siswa dan masyarakat umum.

Apa itu Jurnal Akses Terbuka

Jurnal akses terbuka, seperti namanya, adalah situs web tempat pengguna dapat mengakses artikel ilmiah dan makalah penelitian secara gratis. Mereka adalah sumber yang sangat membantu bagi individu dan kelompok yang perlu mencari informasi akademis yang dapat dipercaya tetapi tidak mampu membayarnya.

Di sini, kami telah menyusun daftar jurnal akses terbuka terbaik bagi Anda untuk memperluas pengetahuan Anda tentang berbagai disiplin ilmu.

Elsevier

Dengan lebih dari 140 tahun melayani komunitas ilmiah, jurnal akses terbuka di Elsevier dikenal sangat kredibel dan dikutip secara luas.

Jurnal di Elsevier mencakup hampir semua bidang sains dan kedokteran yang dapat Anda pikirkan, termasuk kardiologi, anestesiologi, penyakit menular, dan bahkan mekanika tanah.

Jurnal akses terbuka juga memiliki terjemahan bahasa Inggris dari publikasi ilmiah dari seluruh dunia, termasuk Spanyol, Brasil, Cina, dan Arab Saudi.

Untuk memulai di Elsevier, cukup buka situs web akses terbukanya, dan cari jurnal yang ditandai sebagai Gold open access. Perlu diingat bahwa jurnal dengan label Green open access adalah jurnal langganan yang perlu Anda bayar.

PALING VIRAL  Cara Menambahkan Musik ke Video YouTube

SAGE Open

SAGE adalah penerbit jurnal mapan lainnya di dunia akademis. Situs web akses terbukanya menjanjikan untuk memberikan studi yang mematuhi standar peer-review paling ketat untuk peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Karena pandemi, SAGE juga membuat semua studi terkait COVID-19 gratis untuk dibaca dan diunduh. Dalam ilmu sosial, gerakan Black Lives Matter juga telah membuat publikasi tentang rasisme struktural dan kekerasan polisi di SAGE tersedia secara gratis.

Mirip dengan Elsevier, jurnal akses terbuka SAGE di situs ditandai sebagai Gold.

SpringerOpen

Diluncurkan pada tahun 2010, SpringerOpen telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu jurnal akses terbuka paling terkemuka di dunia akademis. Organisasi ini mengundang para profesional dari semua bidang sains, teknologi, humaniora, dan ilmu sosial untuk menyerahkan makalah penelitian untuk meningkatkan kesadaran tentang berbagai masalah di masyarakat.

Selain jurnal akses terbuka, SpringerOpen juga menjalankan blog tempat Anda dapat membaca tentang wawancara, wawasan, dan analisis terbaru dengan peneliti dan editor dari Springer.

Jika Anda masih tidak yakin tentang jenis sumber yang Anda cari, jangan khawatir. SpringerOpen memiliki mesin pencari bernama Journal Suggester yang akan merekomendasikan artikel ilmiah yang sesuai. Pendekatan yang dipersonalisasi ini membuat Springer menjadi pilihan yang lebih ramah pengguna dalam daftar.

BioMed Central

Jurnal online BioMed Central (BMC) telah dibuka sejak 1999. Publikasi ini dimiliki oleh Springer Nature, yang juga menjalankan SpringerOpen.

Beberapa publikasi BMC yang paling terkenal termasuk BMC Biology dan BMC Medicine. Jadi jika Anda mencari informasi terkait salah satu bidang tersebut, jangan lupa untuk memeriksa BMC.

BMC juga merupakan anggota dari Committee on Publication Ethics, sebuah organisasi amal Inggris Raya yang mempromosikan integritas dalam penelitian ilmiah. Dengan riwayat dan afiliasinya, data yang diperoleh dari BMC memiliki reputasi baik, jadi Anda tidak perlu khawatir menyebarkan informasi palsu.

PALING VIRAL  7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Hard Drive Baru

Royal Society Open Science

Seperti namanya dengan jelas disebutkan, Royal Society Open Science adalah jurnal akses terbuka yang diterbitkan oleh Royal Society di Inggris, akademi ilmiah independen tertua dan mungkin paling terkenal di dunia.

Dengan reputasi itu saja, Anda dapat yakin bahwa kualitas makalah penelitiannya adalah yang terbaik. Tim editorialnya juga terdiri dari beberapa ilmuwan terbaik di bidangnya. Royal Society Open Source menerbitkan konten peer-review dari berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu hayat, ilmu fisik, matematika, teknik, dan ilmu komputer.

Makalah penelitian yang dikeluarkan oleh Royal Society Open Science juga secara teratur diliput oleh outlet berita arus utama, termasuk BBC dan CNN.

JSTOR

Jika Anda seorang siswa humaniora, terutama jurusan bahasa Inggris, pertimbangkan JSTOR sebagai penyelamat Anda. JSTOR adalah salah satu publikasi terbaik yang berfokus pada humaniora di dunia akademis, dan dengan permintaan yang populer, JSTOR kini telah membuka akses banyak jurnal ilmiahnya.

Selain bahasa Inggris, judul akses terbuka di JSTOR tersedia dalam bahasa Spanyol, berkat kemitraannya dengan El Colegio de Mexico dan Dewan Ilmu Sosial Amerika Latin.

Jika Anda seorang mahasiswa seni liberal, bersemangatlah, karena JSTOR juga memiliki situs saudara bernama Artstor. Artstor memiliki koleksi lebih dari 1,3 juta gambar, video, dokumen, dan file audio dari museum untuk Anda unduh secara gratis.
Dan jika itu belum cukup, JSTOR juga memiliki bagian yang didedikasikan untuk Early Journal Content. Hal ini membuat artikel yang diterbitkan sebelum 1923 di AS (dan sebelum 1870 di mana pun di dunia) tersedia secara gratis.

MDPI Humanities

Berikut jurnal lain yang berfokus pada Humaniora untuk siswa seni liberal.

MDPI adalah penerbit jurnal akses terbuka yang berbasis di Basel, Swiss. Ia memiliki jaringan luas di seluruh dunia dengan lebih dari 67.000 editor yang mengerjakan 297 jurnal yang beragam dan ditinjau sejawat.

PALING VIRAL  Cara Membuat Titik Pemulihan/Restore Point Di Windows 11

Humaniora adalah publikasi online dan dirilis setiap tiga bulan. Dari studi film hingga linguistik dan sastra, Anda dapat menemukan hampir semua makalah penelitian tentang berbagai bidang di bidang humaniora dan ilmu sosial.

Selain jurnal triwulanan, situs web ini juga memiliki pengumuman rutin tentang konferensi terkait humaniora yang terjadi di seluruh dunia. Jika Anda ingin menerima edisi baru jurnal setiap tiga bulan, Anda juga dapat mendaftar untuk menerima lansiran email di situs web.

Directory of Open Access Journals (DOAJ)

Jika Anda masih tidak dapat menemukan apa yang Anda cari dari situs web di atas, mengapa tidak mencoba DOAJ?

Pikirkan DOAJ sebagai alternatif dari Google Cendekia. Ini pada dasarnya adalah mesin pencari yang memungkinkan Anda untuk mencari lebih dari 15.000 jurnal akses terbuka di internet. Tidak seperti publikasi khusus lainnya dalam daftar ini, jurnal di DOAJ mencakup semua bidang, di semua disiplin ilmu. Jurnal dalam berbagai bahasa dari seluruh dunia juga dapat ditemukan di situs.

DOAJ adalah situs web nirlaba 100 persen, dan proses tinjauan jurnalnya didukung oleh ratusan staf editorial yang bersemangat, semuanya adalah sukarelawan.

Memanfaatkan Jurnal Akses Terbuka

Jurnal akses terbuka mungkin adalah sumber terbaik dari informasi yang sah, andal, dan didukung bukti di internet.

Saat nanti Anda menyelesaikan tugas penting, jangan lupa untuk menjelajahi situs web ini untuk menemukan jurnal ilmiah terbaik untuk memberikan kredibilitas tambahan pada argumen Anda.