9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengunduh Media (Foto dan Video) di WhatsApp

Apakah Anda mengalami masalah saat mengunduh media (foto dan video) yang Anda terima melalui WhatsApp di Android atau iOS? Pernahkah Anda mencoba menyimpan beberapa meme atau video lucu yang dikirim teman Anda di WhatsApp tetapi tidak berhasil? Untungnya, ini bisa diperbaiki dengan mudah.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang harus diambil untuk memecahkan masalah ini. Dan semoga, pada akhir artikel, Anda dapat mengunduh media dari WhatsApp tanpa masalah.

Periksa Koneksi Internet Anda

Saat Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang membutuhkan internet untuk berfungsi, Anda harus memeriksa apakah koneksi internet Anda berfungsi dengan benar.

Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi lain di ponsel Anda dan memeriksa apakah mereka dapat mengakses internet. Anda juga dapat mencoba mengunjungi halaman web di browser pilihan Anda.

Jika aplikasi lain juga mengalami masalah konektivitas yang serupa, periksa apakah Anda tersambung ke internet.

Perbaiki Masalah Konektivitas WiFi

Perbaiki Masalah Data Seluler

Coba matikan data seluler (atau data seluler) lalu nyalakan kembali. Jika itu tidak membantu, aktifkan mode pesawat dan matikan kembali. Anda juga harus memeriksa apakah paket internet Anda aktif dan Anda tidak kehabisan data.

PALING VIRAL  10 Template Microsoft Excel Yang Sangat Berguna Untuk Mengatur Hidup Anda

Periksa Penyimpanan Perangkat Anda

Anda tidak dapat mengunduh file dari WhatsApp dan aplikasi lain jika Anda tidak memiliki cukup ruang pada penyimpanan internal atau eksternal ponsel Anda. Itu no-brainer. Misalkan Anda mencoba mengunduh video 50MB dan hanya ada 40MB ruang penyimpanan gratis di perangkat Anda, WhatsApp tidak akan menyelesaikan unduhan.

Untuk Android, luncurkan aplikasi File Manager ponsel Anda dan periksa berapa banyak ruang penyimpanan gratis yang dimiliki ponsel Anda. Atau, Anda juga bisa pergi ke Pengaturan> Penyimpanan atau Settings > Storage.

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad, buka Settings > General > iPhone Storage / iPad Storage untuk memeriksa berapa banyak penyimpanan yang telah Anda gunakan dan berapa banyak yang tersisa untuk digunakan.

Periksa Izin Penyimpanan / Media di Perangkat Anda

Ini adalah pemeriksaan terkait penyimpanan penting lainnya yang harus Anda lakukan jika Anda tidak dapat mengunduh file media di WhatsApp (atau aplikasi lain, sungguh). Jika WhatsApp tidak memiliki akses ke penyimpanan ponsel atau foto Anda, Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan saat mencoba menyimpan file media.

Dalam hal ini Anda perlu memberikan izin penyimpanan WhatsApp.

Cara Memberikan Izin Penyimpanan WhatsApp di Android

Buka Settings > Apps & notifications > WhatsApp > Permissions > Storage dan klik Allow.

Cara Memberikan Izin WhatsApp Untuk Mengakses Foto Di IOS

Luncurkan aplikasi Settings dan pilih Privacy. Selanjutnya, pilih Photos, pilih WhatsApp dari daftar aplikasi, dan pastikan All Photos dipilih.

Tutup Paksa WhatsApp

Saat aplikasi macet atau beberapa fiturnya tidak berfungsi dengan benar, menutup paksa aplikasi adalah cara efektif untuk menghilangkan halangan yang menyebabkan aplikasi tidak berfungsi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menutup paksa aplikasi di ponsel cerdas Anda.

PALING VIRAL  Cara Mengatasi iPhone Tidak Terhubung Ke Komputer Anda

Cara Tutup Paksa WhatsApp Di Android

Luncurkan menu Settings ponsel Anda dan klik Apps & notifications. Selanjutnya, pilih WhatsApp dari bagian aplikasi yang baru dibuka atau klik See All Apps dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi yang diinstal. Terakhir, ketuk ikon Paksa Berhenti atau Force Stop dan pilih OK pada prompt konfirmasi.

Cara Tutup Paksa WhatsApp di iOS

Klik dua kali tombol Home fisik (untuk iPhone 8 atau lebih lama & iPhone SE 2020) atau geser ke atas dari bagian bawah layar perangkat Anda dan lepaskan jari Anda saat kartu pratinjau aplikasi muncul di layar. Geser pratinjau WhatsApp ke atas untuk menutupnya secara paksa.

Luncurkan WhatsApp lagi dan periksa apakah Anda dapat mengunduh file media.

Mulai Ulang Perangkat Anda

Power-cycle ponsel Anda juga dapat membantu menyelesaikan masalah ini. Matikan perangkat Anda dan ketika kembali menyala, periksa apakah fungsi unduhan media WhatsApp telah dipulihkan.

Periksa Apakah WhatsApp Tidak Aktif

Masalahnya bisa dari pihak WhatsApp. Terkadang saat server WhatsApp mati, fitur dan fungsi aplikasi tertentu mungkin gagal berfungsi. Anda dapat menggunakan platform pihak ketiga tepercaya seperti DownDetector atau Outage.Report untuk memeriksa kemungkinan masalah dengan server WhatsApp.

Perbarui WhatsApp Ke Versi Saat Ini

Hal lain yang perlu diperiksa adalah Anda menjalankan WhatsApp versi terbaru di perangkat Anda. Versi lama aplikasi terkadang mengandung bug yang menyebabkan beberapa fitur gagal. Versi baru hadir dengan perbaikan bug yang mengembalikan aplikasi ke keadaan normal. Klik tautan di bawah untuk memperbarui WhatsApp di perangkat Anda.

Aktifkan “Save To Camera Roll” (Untuk IPhone)

Jika Anda melihat bahwa foto dan video yang Anda terima melalui WhatsApp tidak lagi disimpan secara otomatis ke iPhone Anda, pastikan Save to Camera Roll diaktifkan. Luncurkan WhatsApp dan buka Settings > Chats dan alihkan opsi Save to Camera Roll.

Anda juga dapat mengkonfigurasi WhatsApp Anda untuk secara otomatis menyimpan file media dari pesan individu atau grup. Cukup buka obrolan dan buka halaman info kontak / grup. Pilih Save to Camera Roll dan pilih Always dari opsi.

Atur Ulang Pengaturan Jaringan Anda

Jika masalah tetap ada setelah mencoba semua solusi di atas, coba setel ulang pengaturan jaringan perangkat Anda. Apalagi jika Anda mengalami masalah saat menggunakan Wi-Fi atau data seluler. Jika Anda menggunakan perangkat Android, buka Settings > System > Advanced > Reset options dan pilih Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth.

Anda akan diminta untuk mengotentikasi pengaturan ulang jaringan dengan memasukkan kata sandi / PIN ponsel Anda.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Terbaik Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental Anda

Untuk mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone atau iPad Anda, buka Settings > General > Reset Network Settings. Masukkan kode sandi iPhone Anda dan klik Reset Network Settings pada prompt untuk melanjutkan.

Catatan: Menyetel ulang pengaturan jaringan perangkat Anda akan menghapus semua jaringan Wi-Fi yang disimpan sebelumnya dan konfigurasi data seluler.

Jika Semua Gagal, Instal Ulang WhatsApp

Dengan melanjutkan melalui panduan pemecahan masalah di atas, Anda seharusnya telah memperbaiki masalah dan mengunduh file media dari WhatsApp sekali lagi. Namun, tidak ada yang dijamin dalam hidup.

Jika tidak ada langkah di atas yang berhasil, coba hapus WhatsApp dari perangkat Anda, lalu instal ulang dari awal. Opsi nuklir ini harus memperbaiki masalah ketika semuanya gagal.

Ingatlah untuk mencadangkan pesan Anda sebelum mencopot pemasangan WhatsApp sehingga Anda tidak kehilangan percakapan dan file penting.