Apa Itu Direktori Windows System32 dan Mengapa Anda Tidak Dapat Menghapusnya


Luangkan waktu di internet, dan Anda mungkin akan menemukan seorang pelawak yang memberitahu Anda untuk menghapus folder Windows System32 di komputer Anda. Tapi apa folder Windows yang misterius ini, dan mengapa seseorang memberitahu Anda untuk menghapusnya?

Dan apa yang akan terjadi jika Anda benar-benar menghapus System32? Inilah faktanya.

Apa itu System32 

System32 adalah folder yang disertakan dalam setiap versi Windows sejak Windows 2000. Itu terletak di C: Windows System32 dan mencakup semua jenis file dan folder yang penting untuk menjaga Windows berfungsi dengan baik.

Ada terlalu banyak file di System32 untuk didiskusikan satu per satu, meskipun pengguna di forum Symantec telah menjelaskan banyak dari mereka jika Anda tertarik. Secara umum, Anda dapat memecah sebagian besar konten System32 menjadi dua kelompok:

  • File DLL (Dynamic Link Library) memungkinkan program untuk mengakses bagian Windows dan melakukan tugas standar. Misalnya, satu file DLL mungkin memungkinkan komputer untuk memutar audio, sementara yang lain dapat mengaktifkan Pembaruan Windows otomatis. Banyak DLL memulai segera setelah Anda mem-boot komputer Anda. Windows tidak dapat memulai tanpa mereka, itulah sebabnya memperbaiki kesalahan DLL sangat merepotkan.
  • File EXE (Executable) adalah aplikasi dan utilitas perangkat lunak. Anda mulai dapat dieksekusi setiap kali Anda membuka perangkat lunak seperti Word atau Chrome. Tetapi file EXE di System32 lebih penting: selain dari utilitas Windows seperti Event Viewer (eventvwr.exe), ini termasuk executables untuk proses Task Manager yang vital seperti winlogon.exe. Tanpa ini, Anda bahkan tidak bisa masuk ke PC.
PALING VIRAL  6 Cara untuk Mengatasi Kesalahan Shell Infrastructure Host Has Stopped Working di Windows

Selain ini, System32 juga berisi folder driver (konten yang memungkinkan komputer Anda berinteraksi dengan berbagai perangkat keras), file bahasa, dan banyak lagi.

Cara Menghapus Folder System32 pada Windows 

Meskipun ada lelucon online, menghapus System32 bukan urusan satu-klik. Karena ini adalah folder sistem yang dilindungi, Windows akan menolak akses Anda jika Anda mencoba menghapusnya. Ini cukup untuk mencegah pengguna yang tidak berpengalaman dari menghapus folder secara tidak sengaja.

Namun, jika Anda gigih, Anda dapat melanjutkan sepanjang jalan kehancuran Anda. Mengambil kepemilikan folder memungkinkan Anda mencoba untuk menghapusnya, tetapi Windows memblokir ini lagi karena secara aktif menggunakan banyak file di dalam System32.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa mulai menghapus file individual di dalam System32, atau menggunakan Command Prompt untuk penghapusan yang lebih efisien. Jika Anda melakukan ini, Windows akan membiarkan Anda menghapus file yang saat ini tidak digunakan.

Apa yang Terjadi Ketika Anda Menghapus System32 

Jika Anda melanjutkan dengan menghapus file acak di System32, komputer Anda akan mulai runtuh secara lambat. Fungsi dasar, seperti meluncurkan program, mencari melalui Start Menu, dan membuka utilitas Windows tidak akan berfungsi lagi karena Anda menghapus file yang mereka andalkan. Tidak ada satu momen yang mengasyikkan di mana System32 “meledak” itu malah hancur dalam waktu singkat.

PALING VIRAL  √ Cara Riset Kata Kunci YouTube Dengan Mudah dan Cepat

Bergantung pada apa yang Anda hapus, Anda bahkan mungkin tidak dapat mematikan komputer secara normal. Setelah Anda melakukan shutdown dan reboot keras, Anda mungkin akan menemukan bahwa Windows tidak akan boot tanpa DLL yang kritis itu. Jelas, instalasi Windows Anda terpanggang pada titik ini.
Baca Juga

Jika Anda melangkah sejauh ini, Anda harus menginstal ulang Windows agar semuanya berfungsi dengan baik lagi. Fungsi seperti Pemulihan Sistem kemungkinan akan hancur oleh tindakan Anda, jadi Anda harus menginstal ulang dari awal.

Melihat semua ini, jelas bahwa Windows melindungi folder ini karena suatu alasan. Jika tidak dilindungi dan seseorang tidak tahu lebih baik, mereka mungkin mencoba menghapus folder untuk menghemat ruang dan berakhir dengan kejutan yang tidak menyenangkan.


System32 vs SysWOW64: Apa Perbedaannya 

Pada Windows versi 64-bit, Anda akan melihat beberapa perbedaan folder, seperti direktori Program Files (x86) yang terpisah. Sesuatu yang serupa terjadi dengan System32. Di folder C: Windows pada sistem 64-bit, Anda akan menemukan folder bernama SysWOW64 di samping System32.

Lihatlah, dan Anda akan melihat bahwa dua folder berisi banyak file dengan nama yang identik. Seperti File Program (x86), Windows menyertakan dua direktori terpisah ini untuk kompatibilitas dengan program 32-bit. Jika program 32-bit mencoba memuat DLL 64-bit, itu akan macet.

Tetapi yang aneh adalah bahwa pada sistem 64-bit, System32 memiliki file 64-bit, sementara SysWOW64 berisi file 32-bit. Ternyata, WoW64 adalah singkatan dari Windows 32-bit pada Windows 64-bit. Ini adalah layanan yang memungkinkan OS untuk menjalankan program 32-bit dengan benar, bahkan pada sistem 64-bit.

PALING VIRAL  √ Inilah 5 HP Oppo yang Sudah Turun Harga, Wajib Dicoba

Bagian dari cara mencapai ini adalah dengan secara otomatis mengarahkan proses 32-bit untuk menggunakan folder yang tepat. Program 32-bit, bahkan tanpa mengetahui bahwa perangkat lunak 64-bit ada, secara alami akan mencoba mengakses folder System32. Tapi WoW mengarahkannya untuk menggunakan SysWOW64 sebagai gantinya. Hal yang sama terjadi dengan Program Files.

Karena banyak program 32-bit lama dikodekan untuk mengakses System32 dan Program Files, metode pengalihan ini memungkinkan program 32-bit dan 64-bit untuk keduanya bekerja pada satu sistem dengan mudah. Agak membingungkan, tetapi sekarang Anda tahu alasannya.

Bagaimana Dengan Virus System32 

Mungkin saja virus atau infeksi malware lain bisa bersembunyi di System32. Rootkit dapat mencoba menginvasi folder dan menyamarkan dirinya sebagai proses yang sah, yang mungkin Anda perhatikan karena penggunaan CPU yang luar biasa tinggi.

Jika Anda curiga Anda memiliki virus System32, Anda tidak boleh mencoba untuk menghapus atau memodifikasi file yang terpengaruh. Anda memiliki peluang lebih besar untuk secara tidak sengaja merusak sistem Anda daripada membersihkan infeksi dengan cara itu.

Sebagai gantinya, Anda harus memindai dengan program antivirus tepercaya, kemudian menindaklanjutinya dengan pemindai anti-malware seperti Malwarebytes.