Apakah Alat Snipping Anda Tidak Berfungsi? Inilah Cara Memperbaikinya

Snipping Tool adalah cara praktis untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot, tetapi terkadang alat ini tidak mau bekerja dengan Anda. Berikut cara memperbaikinya.

Snipping Tool adalah fitur penting dari semua sistem operasi Windows; itu memungkinkan pengguna untuk menangkap, mengedit, dan menyimpan tangkapan layar langsung ke PC mereka.

Namun, sejak Windows Vista, program ini belum menjadi yang paling stabil. Bahkan saat kami pindah ke Windows 10 dan 11, alat Snipping cenderung mengalami masalah aneh. Masalah seperti itu memicu kesalahan “Snipping tool not working” berulang kali, yang mungkin menghambat alur kerja Anda dan memperlambat Anda.

Kami telah melacak beberapa alasan mengapa Snipping Tool dapat berhenti bekerja dan cara mengatasinya dengan mudah. Mari kita lihat bagaimana mereka bisa ditangani.

Mulai ulang Windows File Explorer

Mari kita mulai dengan pergi ke akar masalahnya. Karena Snipping Tool adalah bagian dari layanan File Explorer, kemungkinan besar masalahnya berasal dari sana. Jika File Explorer menjadi tidak responsif, begitu juga Snipping Tool.

Dengan demikian, memulai ulang File Explorer dapat menghilangkan apa pun yang membuat Snipping Tool tidak berfungsi dengan benar. Untuk melakukannya, tekan Ctrl + Alt + Del, lalu pilih Task Manager. Atau, Anda dapat menekan CTRL + Shift + ESC untuk langsung masuk ke Task Manager.

PALING VIRAL  Html code Mengenal Descriptive list

Gulir ke bawah hingga Anda menemukan Windows Explorer dan klik kanan. Di menu tarik-turun yang muncul, pilih Restart.

Anda akan melihat desktop Anda akan mengalami beberapa perubahan aneh saat File Explorer dimulai ulang. Misalnya, bilah tugas akan hilang dan wallpaper desktop Anda akan menjadi hitam pekat. Namun, ini benar-benar normal, karena semua elemen ini bergantung pada File Explorer. Saat Anda memulai ulang layanan, itu memaksa semua elemen ini untuk memulai ulang juga.

Setelah semuanya terlihat baik-baik saja lagi, coba buka Snipping Tool dan gunakan.

Jalankan Pemecah Masalah Pembaruan Windows

Memulai ulang Windows File Explorer seharusnya menyelesaikan masalah untuk 90% orang. Jika tidak, coba jalankan Pemecah Masalah Pembaruan Windows. Anda dapat menjalankannya dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I.
  • Pilih Update and Security.
  • Dari panel di sisi kiri, buka Troubleshoot > Additional Troubleshooters.
  • Kemudian, pilih Troubleshooter Windows Update.
PALING VIRAL  6 Cara Mengetik Simbol Cina dan Karakter Asing Lainnya di Windows

Cari Perangkat Lunak Pihak Ketiga Yang Mengganggu

Terkadang, program yang baru saja Anda unduh dapat mengganggu kelancaran Snipping Tool. Jika Anda ingin mencapai dasar dari semua misteri ini, salah satu cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Ketik ‘System configuration‘ adalah bilah pencarian Windows dan buka panel System Configuration.
  • Beralih ke tab Services di bagian atas, lalu pilih opsi untuk hide all the Microsoft services di bagian bawah.
  • Nonaktifkan layanan apa pun yang menurut Anda mungkin mengganggu Snipping Tool.
  • Setelah Anda menonaktifkannya, coba jalankan Snipping Tool sekali lagi. Jika berfungsi dengan baik, itu berarti aplikasi tersebut bertentangan dengan Snipping Tool. Itu harus tetap dinonaktifkan agar Snipping Tool di Windows Anda berfungsi dengan baik.

Jalankan Alat Scannow

Jika semuanya gagal, Anda masih dapat menggunakan perintah scannow untuk memperbaiki dan memulihkan file yang rusak yang menyebabkan Snipping Tool tidak berfungsi. Anda dapat mencapai ini dengan bantuan fitur Command Prompt. Inilah cara Anda dapat melakukannya:

  • Ketik “Command Prompt” di bilah Pencarian Windows dan jalankan sebagai administrator. Untuk melakukan ini, klik Jalankan sebagai Administrator di panel kanan, atau klik kanan hasil pencarian dan klik Jalankan sebagai Administrator.
  • Setelah di dalam Command Prompt, ketik: sfc /scannow dan tekan Enter
  • Setelah selesai, ketik: snippingtool.exe tekan Enter
  • Luncurkan Snipping Tool secara manual. Periksa untuk melihat apakah kesalahan masih berlanjut.
PALING VIRAL  Cara Mengatur Miracast Untuk Diputar Dari Android ke TV Anda

Snipping Tool

Karena Snipping Tool dikaitkan dengan pengambilan tangkapan layar, kepentingannya tidak dapat diremehkan. Tangkapan layar adalah cara mudah untuk mengomunikasikan data dan tidak dapat menggunakan fungsi ini dapat membuat Anda kesulitan.

Tidak ada keraguan tentang Snipping Tool menjadi bagian integral dari OS Windows, oleh karena itu, penting juga untuk memanfaatkan sepenuhnya fungsi ini. Mengetahui semua tip dan trik yang berguna, pintasan, dan cara membuat hotkey Anda sendiri akan membuatnya lebih mudah untuk menangkap, mengedit, dan menyimpan tangkapan layar di PC Windows Anda.