Apakah Aplikasi Pemancar/Transmitter FM Berfungsi? Cara Mengirim Radio dari Ponsel Anda

Siapa yang mengira bahwa suatu hari tantangan luas akan membuat audio disimpan di satu perangkat untuk diputar di perangkat lain? Untuk sebagian besar, kami telah menetap di Bluetooth. Tetapi Bluetooth tidak selalu tersedia, dan membeli peralatan yang diperlukan bisa menjadi mahal.

Bukankah lebih bagus jika kita bisa mengalirkan musik dan podcast melalui gelombang radio FM saja? Mobil dan boombox sudah memiliki radio FM bawaan. Anda juga dapat mengatur radio di sekitar rumah.

Apakah ide ini hanya mimpi, atau apakah teknologi sudah ada untuk mewujudkannya? Inilah cara Anda dapat mulai mentransmisikan radio FM dari ponsel Anda.

Apa itu Transmitter Radio FM

Radio terestrial tergantung pada dua peralatan utama: pemancar dan penerima. Biasanya, pemancar adalah menara radio, dan stereo mobil atau radio genggam Anda adalah penerima.

Dalam konteks telepon pintar, transmisi radio berarti streaming audio keluar melalui gelombang radio daripada masuk. Secara teoritis, Anda dapat melakukan ini tanpa membeli apa pun tambahan, selama ponsel Anda memiliki fungsi radio FM. Secara teknis, sebagian besar smartphone melakukannya, tetapi sebagian besar produsen menonaktifkan fitur ini.

Menurut National Public Radio, perusahaan memblokir fungsi radio FM sebagai cara untuk membuat pelanggan menggunakan dan membeli lebih banyak data. Beberapa tidak ingin berurusan dengan mendukung modem yang berbeda di daerah yang berbeda. Tetapi pada 2018, Samsung adalah salah satu produsen yang sekarang mengaktifkan radio FM di perangkatnya. Anda juga dapat melihat daftar telepon radio FM yang didukung NextRadio.

Mungkin Anda memperhatikan bahwa saya berkata secara teoritis. Itu karena meskipun telepon Anda memang memiliki pemutaran radio FM diaktifkan, itu tidak berarti Anda senang melakukannya. Meskipun ada beberapa aplikasi pemancar FM di Play Store, mereka tampaknya tidak berfungsi. Kemungkinan besar, terutama jika Anda tinggal di AS, Anda harus membeli perangkat keras tambahan.

PALING VIRAL  3 Cara Untuk Memulihkan Foto Yang Dihapus di Perangkat Android

Apa itu Transmitter dan Modulator Radio FM

Transmitter radio FM adalah perangkat yang mentransmisikan audio dari telepon Anda dalam bentuk frekuensi FM. Banyak pemancar FM memiliki jangkauan hanya beberapa yard, cukup untuk menjangkau dari satu ujung rumah atau halaman belakang.

Sinyal radio FM mungkin mengalami gangguan statis karena berbagai sebab, seperti cuaca dan geografi, dinding, atau lokasi antena stereo Anda. Rentang tidak akan memengaruhi performa perangkat di mobil Anda, tetapi cuaca dan kemacetan radio mungkin terjadi.

Modulator FM terhubung langsung ke perangkat penerima, seperti boombox atau antena mobil Anda. Mereka menggunakan frekuensi yang diatur khusus untuk ponsel cerdas Anda, sehingga dapat menghilangkan statis.

Modulator FM lebih sulit dipasang. Untuk solusi plug-and-play yang lebih banyak, kami akan tetap fokus pada Transmitter FM.

Berbagai Jenis Transmitter FM

Pemancar FM datang dalam gaya yang berbeda. Sebagian besar opsi konsumen adalah untuk penggunaan mobil. Tetapi jika Anda benar-benar berinvestasi, Anda dapat membawanya ke tingkat berikutnya.

Monster Cable RadioPlay 300 FM Transmitter

Banyak pemancar FM yang Anda temukan di Amazon atau eBay, seperti Monster Cable RadioPlay 300 FM Transmitter, datang dengan tiga bagian utama: jack headphone 3,5mm, adaptor daya untuk dihubungkan ke port 12V mobil Anda, dan unit kontrol yang menampilkan frekuensi radio. Mereka menghilangkan kebutuhan mobil Anda untuk memiliki Bluetooth atau port aux.

PALING VIRAL  Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang XBOX Game Pass

BENEO Bluetooth FM Transmitter

Beberapa model terhubung melalui Bluetooth alih-alih jack headphone. BENEO Bluetooth FM Transmitter adalah salah satu contohnya. Jenis produk ini berguna dalam kasus-kasus di mana ponsel Anda memiliki Bluetooth tetapi mobil Anda tidak, karena itu satu kabel yang lebih sedikit untuk diganggu. Anda juga dapat memperoleh kemampuan untuk mendengar panggilan melalui speaker mobil Anda.

TuneLink Auto Bluetooth in Car Stereo Wireless Adapter

Beberapa pemancar FM adalah perangkat yang membutuhkan aplikasi Android tertentu agar berfungsi. Ini menawarkan potensi pengalaman yang lebih dapat diandalkan, tetapi memiliki beberapa risiko. Mereka hanya bekerja pada perangkat yang mendukung aplikasi, dan begitu pengembang berhenti memberikan pembaruan, Anda kurang beruntung.

Aplikasi TuneLink Auto, misalnya, belum menerima pembaruan sejak 2012 (meskipun setidaknya masih tersedia). Itu bisa dimengerti membuat Anda gugup untuk mengambil adaptor nirkabel TuneLink pada tahun 2018.

Whole House FM Transmitter

Untuk solusi di rumah, Anda dapat berinvestasi dalam pemancar FM mandiri. Ini mungkin unit portabel atau lebih berat yang duduk di rak di suatu tempat dengan catu daya dan antena khusus mereka sendiri. Anda dapat menghubungkan ponsel Anda ke satu, seperti Whole House FM Transmitter yang bernama tepat, menggunakan kabel aux 3,5mm.

PALING VIRAL  7 Alternatif HQ Trivia Untuk Penggemar Kuis

Bahkan pada pengaturan rendah, pemancar FM mandiri dapat menghasilkan sinyal yang cukup kuat untuk menyebar tidak hanya di seluruh rumah dan halaman Anda, tetapi juga beberapa tetangga. Beberapa mengirim sinyal keluar dalam jarak yang lebih baik diukur dengan mil daripada kaki. Pada rentang itu, mereka ilegal untuk digunakan kecuali Anda memiliki lisensi, jadi pastikan untuk memeriksa aturan di wilayah Anda.

Bagaimana Dengan Aplikasi Pemancar FM

Saya mencari aplikasi pemancar FM di Play Store, dan saya tidak melihat apa pun yang tidak diselimuti ulasan 1 bintang. Ini biasanya disertai dengan ulasan yang memperingatkan bahwa aplikasi tidak berfungsi dan / atau palsu.

Aplikasi TuneLink Auto terus ada, tetapi belum melihat pembaruan dalam setengah dekade. Sebagai seseorang yang tidak memiliki perangkat keras yang diperlukan, saya tidak dapat memberi tahu Anda jika masih berfungsi.

Singkatnya, saya akan merekomendasikan membeli pemancar atau modulator radio FM jika Anda serius mendengarkan musik dengan cara ini. Melakukan hal itu juga akan menyelamatkan Anda dari ketergantungan pada satu aplikasi dan pembaruan yang sedang berlangsung. Jangan lupa tentang cara lain untuk memutar musik ke stereo mobil Anda dangan melihat artikel kami tentang Adapter Mobil Bluetooth Terbaik Untuk Menghubungkan Smartphone Anda.