Apakah Baterai Android Anda Sehat? Cara Memeriksanya Dengan Gratis

Seiring waktu, sebagian besar pengguna ponsel cerdas mengalami beberapa tingkat masalah dengan baterai perangkat mereka. Karena baterai dapat habis, mereka menurunkan kinerja seiring waktu. Setelah beberapa tahun, mereka tidak lagi sekuat yang mereka lakukan ketika mereka masih baru.

Mengetahui hal ini, Anda mungkin ingin menjaga kesehatan baterai ponsel Anda sebanyak mungkin. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memantau kesehatan baterai Android untuk menjaga perangkat Anda berjalan lancar selama mungkin.

Bisakah Anda Memeriksa Kesehatan Baterai di Android secara Asli

Sayangnya, Android tidak menyediakan cara bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai Anda. Jika Anda tidak sadar, Android memang memberikan beberapa informasi baterai dasar dalam pengaturannya.

Kunjungi Settings > Battery dan ketuk opsi Battery usage di menu tiga titik di kanan atas. Pada layar Battery usage yang dihasilkan, Anda akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai di perangkat Anda sejak pengisian penuh terakhir. Ketuk tombol menu tiga titik dan pilih Show full device usage untuk memasukkan penggunaan dari proses sistem seperti layar dan OS itu sendiri.

Meskipun ini tidak memungkinkan Anda mengelola kesehatan baterai, Anda setidaknya dapat mengidentifikasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai dan membatasi penggunaannya. Pada gilirannya, ini akan membuat baterai Anda pada kapasitas yang kuat lebih lama. 

Tinjau Kesehatan Baterai Melalui Kode Dialer

Android memiliki beberapa kode tersembunyi yang dapat Anda masukkan ke dalam aplikasi Telepon untuk mengakses menu pengujian. Salah satunya menampilkan beragam info tentang perangkat Anda, termasuk kesehatan baterai.

Sayangnya, dalam pengujian kami pada Pixel 4 yang menjalankan Android 10, menu ini tidak menyertakan data baterai apa pun. Namun, Anda mungkin memiliki hasil yang lebih baik di perangkat Anda.

Ini hampir semua data baterai yang disediakan Android sendiri. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan baterai yang benar, Anda harus beralih ke solusi pihak ketiga.

PALING VIRAL  10 Situs Web Pendidikan Luar Biasa Untuk Anak-Anak yang Layak Di Kunjungi

Cara Memeriksa Kesehatan Baterai di Android Dengan AccuBattery

AccuBattery adalah salah satu aplikasi dengan peringkat terbaik untuk mendapatkan informasi tambahan tentang baterai perangkat Android Anda. Meskipun tidak dapat memberikan data sebanyak yang dapat dilakukan oleh aplikasi root saja, ini adalah pemeriksa kesehatan baterai terbaik untuk pengguna Android yang belum di-root.

Unduh: AccuBattery untuk Android (Gratis, tersedia versi premium)

Bagaimana AccuBattery Memeriksa Kesehatan Baterai

Setelah Anda menginstalnya, Anda akan melihat layar pengantar dengan beberapa informasi tentang cara kerja AccuBattery.

Ide dasar di balik aplikasi ini adalah baterai ponsel Anda memiliki jumlah siklus pengisian terbatas sebelum kinerjanya berkurang secara signifikan. Siklus penuh terjadi setiap kali baterai menyelesaikan debit penuh dari 100 hingga nol persen. Namun, ini tidak harus sekaligus.

Sebagai contoh, misalkan ponsel Anda terkuras dari 100 hingga 50 persen. Jika Anda kemudian menagihnya kembali ke 100 persen dan membiarkannya turun menjadi 50 persen lagi, itu setara dengan siklus penuh.

AccuBattery menyatakan bahwa dengan hanya mengisi daya perangkat Anda hingga 80 persen, bukan 100 persen penuh, Anda akan menggunakan lebih sedikit siklus dan dengan demikian memperpanjang umur baterai Anda. Ini memberi Anda beberapa alat untuk membantu Anda tetap pada tujuan ini.

Menggunakan AccuBattery

Setelah penyiapan awal, Anda dapat menelusuri melalui tab AccuBattery, tetapi tab tersebut tidak memiliki banyak informasi di dalamnya. Karena sifat aplikasinya, Anda harus membiarkannya tetap terpasang dan menggunakan ponsel Anda seperti biasanya selama beberapa saat sebelum Anda mulai mendapatkan info yang berguna.

PALING VIRAL  Cara Menambahkan Musik ke Video YouTube

Jadi untuk memulainya, Anda harus berusaha mencabut kabel telepon Anda saat sudah mencapai 80 persen. AccuBattery menyertakan alarm yang akan mengingatkan Anda pada tingkat pengisian daya ini. Jika Anda ingin menyesuaikannya, kunjungi tab Charging dan seret slider biru ke level yang berbeda.

Ketika ponsel Anda terhubung, tab ini juga akan menampilkan informasi tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya. Seiring waktu karena menjadi lebih akurat, ini akan membantu Anda memperkirakan berapa lama ponsel Anda akan perlu untuk duduk di pengisi daya.

Memantau Aplikasi Yang Menggunakan Baterai

Pada tab Discharging, Anda akan menemukan informasi yang terkait dengan bagaimana ponsel Anda menggunakan daya. Ini menunjukkan berapa banyak baterai yang digunakan saat layar Anda hidup dan mati, serta dalam tidur nyenyak (lihat lebih lanjut tentang mode Doze Android jika Anda tertarik).

Di bawah App usage access, pastikan untuk  Grant permission aplikasi untuk mengakses data penggunaan. Ini memberi Anda lebih banyak wawasan tentang aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai Anda.

Saat aplikasi mempelajari cara Anda menggunakan ponsel, Anda akan melihat perkiraan waktu untuk berapa lama baterai akan bertahan pada tingkat pengisian daya saat ini. Perhatikan bahwa ini berbeda dari kalibrasi baterai Anda, yang tidak perlu.

Data Kesehatan Baterai AccuBattery

Tentu saja, semua ini terkait dengan cara memeriksa kesehatan baterai ponsel Anda. Tab Health menunjukkan kesehatan baterai Anda dengan membandingkan perkiraan kapasitas dengan kapasitas yang dirancang dari pabrik. Ini memungkinkan Anda untuk melihat berapa banyak energi yang dimiliki baterai Anda pada pengisian penuh, dibandingkan dengan bagaimana baterai itu dalam keadaan baru.

Untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut, Anda dapat memeriksa bagan Battery wear di bawah ini. Ini menunjukkan seberapa banyak ketegangan yang Anda lakukan pada baterai per hari sehingga Anda dapat membuat perubahan di mana diperlukan.

Lihatlah tab History jika Anda ingin melihat statistik dari hari-hari sebelumnya.

PALING VIRAL  Cara Menonaktifkan Iklan Di Realme ColorOS Cepat dan Mudah

Opsi AccuBattery dan Peningkatan Pro

Hanya itu yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan AccuBattery. Sebelum Anda selesai memulai, Anda harus memeriksa beberapa preferensi untuk memastikannya mengatur apa yang Anda inginkan. Ketuk tombol Menu tiga titik di kanan atas dan pilih Settings untuk melihatnya.

Opsi memungkinkan Anda mengubah unit suhu, mengatur Jangan Ganggu waktu untuk alarm pengisian daya, dan mengubah opsi pemberitahuan aplikasi. Secara default, AccuBattery menampilkan pemberitahuan terus-menerus dengan beberapa informasi baterai. Anda dapat menonaktifkan ini jika Anda merasa terganggu.

Jika Anda menyukai aplikasi ini, Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli AccuBattery Pro melalui pembelian dalam aplikasi. Untuk beberapa dolar, Anda dapat menghapus iklan dan mendapatkan akses ke tema-tema gelap, plus melihat lebih banyak statistik historis dan menambahkan info baterai tambahan dalam pemberitahuan.

Periksa Kesehatan Baterai Ponsel Anda dengan Mudah

AccuBattery membuatnya hanya untuk melihat seberapa sehat baterai Android Anda. Meskipun tidak memberikan informasi lengkap, itu jauh lebih dari apa yang ditawarkan Android sendiri. Berikan satu atau dua minggu setelah menginstal dan Anda akan memiliki data yang dapat ditindaklanjuti untuk diterapkan.

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu terlalu menekankan kesehatan baterai Anda. Kecuali Anda terus-menerus menghabiskan baterai, sebagian besar baterai ponsel cukup solid untuk bertahan selama beberapa tahun penggunaan normal. Ini bukan ide yang buruk untuk menjaga kesehatan baterai sebanyak yang Anda bisa, tetapi Anda tidak harus terobsesi dengannya.