Cara Buat USB Bootable di Android Tanpa PC Untuk Memulihkan PC Anda

Sistem operasi PC Anda macet, dan satu-satunya peluang pemulihan adalah file ISO yang di-flash ke stik USB.

Tetapi jika Anda tidak memiliki PC cadangan untuk membuat media instalasi, jangan khawatir. Android sudah mendukung hal ini. Inilah cara memulihkan sistem Anda dengan membuat USB yang dapat di-boot dari Android tanpa PC.

PC Anda tidak dapat memuat. Mungkin virus telah mengganggu sistem operasi, atau hard disk gagal dan perlu diganti. Ada data yang perlu Anda pulihkan, tetapi Anda tidak punya cara untuk membuat disk pemulihan.

Anda mungkin berpikir PC Anda adalah satu-satunya perangkat yang Anda miliki yang dapat mengunduh dan membakar file ISO. 

Jika Anda memiliki ponsel atau tablet Android yang menjalankan Android 3.1 atau lebih baru, perangkat mungkin memiliki dukungan USB On-The-Go (OTG). Ini berarti Anda dapat memasang perangkat USB ke ponsel atau tablet Anda, seperti mouse, keyboard, atau bahkan perangkat penyimpanan USB.

Ini adalah jalur yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan PC Anda. Unduh file ISO disk pemulihan, sambungkan perangkat USB ke tablet atau ponsel Anda, dan bakar file ISO menggunakan aplikasi khusus.

Menggunakan Android Seperti PC

Jika Anda memiliki ponsel atau tablet Android yang dukungan OTG, ada kemungkinan Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki PC Anda.

Tapi tunggu: sudahkah Anda mendiagnosis masalahnya? Sebelum melanjutkan dengan pemulihan, cari tahu melalui online untuk memeriksa apa masalah boot. Pikirkan gejalanya, apa yang PC Anda lakukan sebelum crash, dan berapa lama Anda mengalami masalah. Mengambil pendekatan ini akan membantu Anda memutuskan jalan mana yang akan diambil nanti ketika membakar ISO.

Misalnya, Anda mungkin memerlukan disk pemulihan khusus, atau versi baru dari sistem operasi pilihan Anda. Namun, jika Anda tidak yakin, pilihlah disk pemulihan. Jika perangkat Android Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup, cari file ISO image disk yang sesuai dan unduh. Jika Anda kekurangan ruang, coba Distro Linux kecil ini.

Pastikan untuk menggunakan koneksi jaringan rumah Anda untuk ini, daripada internet seluler. Mengunduh sistem operasi akan menggunakan beberapa gigabyte data, yang dapat menghabiskan seluruh tunjangan seluler Anda.

PALING VIRAL  10 Podcast Terbaik Untuk Anak-anak

Buat USB Bootable di Android Tanpa PC

Setelah mengunduh ISO yang Anda inginkan, Anda memerlukan alat untuk membakarnya. Di Windows, Anda mungkin akan memilih Rufus, tetapi ini tidak tersedia untuk Android. Namun, beberapa alternatif seperti Rufus tersedia.

Dari jumlah tersebut, yang paling dapat diandalkan adalah ISO 2 USB Android utility. Ini pada dasarnya melakukan pekerjaan yang sama dengan Rufus, mengubah sebagian penyimpanan ponsel Anda menjadi disk yang dapat di-boot.

Dengan ini, Anda dapat menjalankan pemulihan, atau cukup menginstal sistem operasi baru.

Unduh: ISO 2 USB untuk Android (Gratis)

Buat Media ISO Bootable

Namun, untuk menggunakan ini, Anda juga memerlukan adaptor OTG. Ini adalah kabel yang terjangkau yang dapat Anda beli dari pengecer ponsel atau online. Tersedia dua jenis: satu untuk ponsel dengan port USB-C, dan yang lain untuk port micro-USB.

Setelah terhubung ke ponsel Anda, cukup colokkan USB flash drive ke adaptor OTG. Anda dapat menulis ISO yang Anda unduh ke tujuan ini.

Mulailah dengan menghubungkan drive USB melalui kabel OTG, lalu mengetuk tombol Pick pertama. Pilih drive USB Anda, kemudian lanjutkan ke tombol Pick kedua untuk memilih file ISO.

Pastikan untuk menerima permintaan izin Android di seluruh; aplikasi akan meminta akses ke file media Anda, serta drive USB. Dengan keduanya dipilih, Anda dapat mengetuk Start untuk mulai menulis data.

Tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya; setelah selesai, lepaskan perangkat USB, masukkan ke PC Anda, dan mulai pemulihan. Ingatlah untuk mengubah urutan boot di BIOS komputer Anda untuk mengaktifkan booting dari USB.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Windows Update Error 0x8007001F Di Windows 10

Mengubah Ponsel Android Menjadi Lingkungan Linux yang Dapat Di-boot

Tidak punya USB flash drive atau kabel USB ke OTG? Jika perangkat Android Anda di-root, Anda dapat mencoba pendekatan alternatif.

DriveDroid adalah utilitas berguna yang memungkinkan Anda mem-boot PC Anda langsung melalui kabel USB menggunakan file ISO atau IMG yang tersimpan di ponsel Anda. Anda hanya perlu ponsel cerdas atau tablet Android dan kabel yang sesuai tidak perlu flash drive.

Penting untuk dicatat bahwa ini hanya opsi untuk perangkat yang di-rooting. Meskipun begitu, beberapa telepon mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena kebiasaan kernel.

Perhatikan juga bahwa solusi ini memerlukan dukungan untuk Penyimpanan Massal USB pada perangkat Anda. Sementara versi modern Android tidak mendukung USB Mass Storage, situs web DriveDroid mencatat bahwa “DriveDroid memiliki berbagai metode untuk mengaktifkan Mass Storage.”

Cara Memulihkan PC Menggunakan DriveDroid

Jalankan izin DriveDroid dan Grant root. Selanjutnya, klik tombol Download, dan pilih OS untuk diunduh ke ponsel Anda. Tersedia banyak pilihan, dari Ubuntu hingga ZorinOS, Tiny Linux, Gentoo, Arch Linux, dan distro Linux top lainnya.

Namun, jika Anda mencoba memulihkan PC Anda, opsi terbaik adalah boot-repair-disk, atau CloneZilla jika Anda perlu mengkloning konten HDD Anda yang sedang sekarat.

Perhatikan bahwa ketika Anda memilih OS, Anda diberikan pilihan versi. Ini biasanya adalah build terbaru, dalam rasa 32-bit atau 64-bit. Pastikan untuk memilih OS yang sesuai dengan versi PC yang Anda coba pulihkan.

PALING VIRAL  Cara Menghentikan Pembaruan/Update Otomatis di Windows 11

Dengan pemilihan OS yang dibuat, tunggu sementara itu mengunduh ke perangkat Android Anda. File ISO akan disimpan di folder Downloads tetapi juga akan muncul di layar DriveDroid utama. Pilih ISO, lalu tunggu sementara opsi ditampilkan. Pilih standard USB storage, read-only USB storage, atau CD-ROM. Ini akan menentukan bagaimana perilaku ISO ketika Anda me-reboot komputer Anda.

Anda kemudian dapat menghubungkan perangkat Android ke PC Anda dan reboot. Jika pesanan booting komputer Anda dikonfigurasi untuk mem-boot perangkat USB, sistem operasi yang diunduh akan mem-boot dari ponsel Anda. Anda kemudian dapat menggunakan ini untuk memulihkan PC Anda, atau bahkan menginstal OS baru.

Cara Memasang Windows 10 Dari Ponsel Android ke PC

Ada manfaat lain menggunakan aplikasi DriveDroid daripada ISO 2 USB. DriveDroid menambahkan kemampuan untuk menginstal Windows 10 dari ponsel atau tablet Android.

Jadi, jika Linux tidak ideal untuk Anda, dan alat pemulihan tidak memperbaiki partisi Windows Anda, Anda dapat menginstal ulang Windows 10 di PC menggunakan ponsel Android Anda dalam waktu kurang dari satu jam.

Itu tidak buruk untuk aplikasi Android.

Dua Opsi untuk Memulihkan PC Anda Dengan Android

Jika PC Anda tidak berfungsi, Anda dapat menginstal sistem operasi baru atau menjalankan lingkungan pemulihan berkat Android. Tersedia dua opsi:

  • ISO 2 USB: Memungkinkan Anda membakar file ISO langsung ke USB flash drive melalui USB-OTG.
  • DriveDroid: Memungkinkan Anda untuk menyimpan file ISO yang dapat di-boot di Android. Dengan versi berbayar, dukungan untuk gambar instalasi Windows 10 ditambahkan.

Sekarang Anda seharusnya sudah memiliki stik USB atau perangkat Android untuk boot PC Anda.