Cara Hapus Ambient Noise Dari File Audio Menggunakan Audacity

Pernahkah Anda mengerjakan proyek audio dan menemukan sesuatu yang salah, Mungkin itu desisan, ketukan rutin, atau jam berdetak, Mungkin burung berkotek, atau hanya suara ambien umum.

Anda benar-benar harus menyingkirkan ini, jika proyek audio Anda tidak akan terdengar profesional. Untungnya, mudah untuk menghapus kebisingan latar belakang dari audio jika Anda memiliki alat yang tepat.

Berikut ini cara menghapus kebisingan latar belakang menggunakan Audacity.


Mengapa Anda Harus Menggunakan Audacity 

Jika Anda belum menggunakan Audacity (tersedia dari audacity.sourceforge.net) Anda dapat menggunakannya untuk menghapus kebisingan sekitar dari audio Anda. Lebih baik lagi, tidak masalah apakah audio direkam dengan perangkat lunak atau tidak. 

Jika Anda belum pernah mendengar tentang Audacity, Ini adalah stasiun kerja digital audio gratis dan sumber terbuka (DAW) sumber terbuka terpopuler, yang mencakup semua fitur dan opsi yang Anda perlukan. Audacity dapat membantu Anda merampingkan produksi podcast Anda serta membuat efek suara yang hebat, dan banyak lagi selain itu.

Sementara itu, Anda dapat membuka audio dalam Audacity dengan membuka menu File> Impor dan menelusuri file yang dimaksud.

Mengapa Mengisolasi Suara Dari Noise Latar Belakang 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin senang menyimpan audio latar belakang. Anda mungkin bahkan tidak menyadari bahwa kebisingan sekitar adalah masalah. Jadi, kapan Anda harus menyingkirkannya

PALING VIRAL  Cara Menyesuaikan Start Menu di Windows 11 Sesuai Keinginan Anda

Ada aturan praktis sederhana di sini. Jika suara ambient mengurangi musik atau berbicara yang merupakan fitur utama dari rekaman, maka itu perlu pergi. Paling tidak, itu perlu dikurangi.

Podcast, lagu, dan rekaman dramatis apa pun yang membutuhkan produksi yang dipoles — harus menghilangkan kebisingan sekitar. Segala sesuatu yang lain, seperti catatan pribadi, atau rekaman wawancara, harus baik-baik saja dengan audio latar belakang sekitar dibiarkan utuh.

Cara Hapus Noise Latar Belakang Dari File Audio
Untuk memfilter suara latar sekitar, Anda perlu menemukan bagian audio yang dapat diisolasi. Ini mungkin melibatkan pemisahan trek stereo menjadi dua trek mono. Anda dapat melakukan ini melalui panah bawah di Track Control Panel dengan memilih Split Stereo Track.

Setelah Anda menemukan audio yang Audacity akan gunakan sebagai contoh Anda harus memilihnya dengan mouse. Pastikan alat Seleksi dipilih, lalu klik kiri dan seret bagian latar belakang, audio sekitar. 

PALING VIRAL  6 Aplikasi Manhwa dan Webtoons Terbaik untuk Android dan iPhone

Baca Juga

Pilihan audio ini akan digunakan oleh fitur Noise Reduction untuk menemukan latar belakang yang mirip dan menghapusnya. Tidak hanya sepintar itu, hasil akhirnya hampir selalu luar biasa.

Cara Menggunakan Pengurangan Noise dalam Audacity 

Dengan audio yang dipilih (akan disorot dengan warna biru), buka fitur  Effects > Noise Reduction. Anda akan melihat kotak dialog dengan alat dua langkah. Pertama, pergi ke Langkah 1 dan klik tombol Get Noise Profile. Anda sudah memilih profil Anda, jadi klik tombol ini. 

Pada titik ini, kotak Pengurangan Noise akan ditutup. Jangan biarkan ini membingungkan Anda. Sebagai gantinya, pilih bagian audio yang ingin Anda hapus suara ambient. Jika ini adalah seluruh trek, cukup klik kiri header trek untuk memilih semuanya. Jika tidak, pilih bagian trek yang lebih besar. 

Sekarang, kembali ke  Effects > Noise Reduction, dan lihat Langkah 2. Dalam kebanyakan kasus, pengaturan Noise Reduction, Sensitivity, dan Frequency Smoothing default akan berfungsi. Silakan dan klik OK untuk menerima ini. Mungkin perlu beberapa saat agar pengurangan noise diterapkan, tergantung pada durasi trek. 

Tentu saja, Anda bebas mengubah pengaturan Noise Reduction, Sensitivity, dan Frequency Smoothing. Jika Anda punya waktu untuk menyesuaikannya, ada baiknya Anda untuk mencapai hasil yang unggul. Perhatikan bahwa dengan trek yang lebih panjang, waktu pemrosesan akan meningkat.

PALING VIRAL  √ 5 Cara Investasi Emas yang Pasti Untung Besar

Setelah ini selesai, pratinjau hasilnya. Jika Anda senang dengan mereka, tekan File> Save untuk menyimpan perubahan.

Cara Mengekstrak Suara Yang Jelas Dari Audio Noise

Ini bukan hanya tentang merapikan desis latar belakang dari file audio Anda. Dengan Audacity, Anda memiliki alat yang Anda butuhkan untuk semua jenis manipulasi audio. Misalnya, Anda mungkin memiliki trek, mungkin seseorang berbicara di depan audiens, yang sulit didengar. Apa solusinya?

Nah, menggunakan Audacity, Anda dapat menyimpan suara, dan menghapus kebisingan latar belakang dan musik. Sekali lagi, ini mengharuskan Anda memiliki cukup audio dari kebisingan latar belakang tanpa audio yang ingin Anda simpan.

Setelah Anda mendapatkannya, ikuti langkah-langkah di atas untuk mengekstrak suara yang relatif jernih dari file audio yang berisik. Dalam kebanyakan kasus, hasilnya harus memadai. Jika tidak, Anda mungkin perlu mencari solusi yang lebih terspesialisasi.

Baca Juga