Cara Main Saham Online untuk Pemula, Nih! Dijamin Profit.

Data Bursa Efek Indonesia menunjukkan jumlah investor saham aktif di bursa hanya 97.688, sangat sedikit ketimbang jumlah penduduk di Indonesia. Padahal, profit main saham ada banyak, yaitu  dividen, capital gain, punya hak ikut RUPS karena jadi bagian pemilik perusahaan, fleksibel dalam berinvestasi, pajak yang kecil, serta aman dan transparan.

Sebenarnya main saham tidak ada yang bisa memastikan 100% profit dengan satu cara, tapi ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya tidak alami kerugian besar:

  • Pilih sekuritas anggota bursa
  • Gunakan uangmu dengan bijak
  • Pilih saham di indeks LQ45 atau IDX30
  • Pertimbangkan saham perbankan dan Consumer Goods
  • Disiplin dalam stop loss
  • Pilih jadi trader atau investor
  • Jangan lupa diversifikasi saham

Bagi yang berpengalaman dalam investasi saham, mereka bisa menghasilkan keuntungan sekitar 15% hingga 20% per tahun. Hal ini berarti keuntungan per bulan rata-rata antara 1,2—1,7%. Bahkan, trader yang sudah ahli bisa menghasilkan profit main saham per bulan hingga 3%.

Main Saham Online

Dahulu, jual beli saham dilakukan secara manual melalui telepon atau datang langsung ke galeri broker. Namun sekarang, jual beli saham bisa dilakukan secara online melalui desktop atau laptop. Beli saham online pun paling mudah dilakukan untuk investasi saham bagi pemula. Dengan main saham online, waktu kamu jadi tidak terbuang percuma, serta lebih murah dan cepat pula dalam melakukan transaksi saham. Adanya kemajuan teknologi dalam industri finansial yang dikenal sebagai Fintech, telah membawa perubahan dalam hal main saham.

Berikut ini cara main saham online trading yang direkomendasikan bagi pemula:

1. Pilih broker saham

PALING VIRAL  Yang Sebaiknya Dihindari Pemula Ketika Trading Saham

Pada dasarnya, semua broker yang tercatat di BEI mumpuni secara keuangan karena memenuhi modal minimum sesuai ketentuan OJK. Namun, kamu wajib memilih broker yang punya aplikasi saham online yang bagus dan bisa diandalkan. Beberapa broker bahkan menyediakan dummy trade yang bisa kamu coba untuk mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker itu bagus atau tidak.

2. Buka rekening saham

Setelah memilih broker, bukalah rekening saham karena sifatnya wajib untuk melakukan transaksi saham. Broker yang baik pasti memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online sehingga kamu cukup mengisi formulir pembukaan rekeningnya secara online lalu mengirimkan dokumen tersebut setelah ditandatangani.

3. Buka rekening dana nasabah

Selain membuka rekening saham di broker, kamu juga ahrus membuka rekening dana nasabah (RDN). RDN sendiri adalah rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham pun disimpan di RDN. Rekening saham dan RDN harus dibuka berbarengan agar transaksi bisa dilakukan.

4. Setor Modal

Setelah rekening dibuka, kamu perlu menyetor dana untuk transaksi saham. Jumlah setoran tergantung pada jumlah transaksi saham yang akan dilakukan.

5. Transaksi beli saham online

Setelah dana disetor dan efektif di RDN, kamu pun bisa transaksi beli saham. Setelah transaksi berhasil, kamu bisa mengeceknya di halaman Portfolio yang menunjukkan kepemilikan sahammu saat ini.

6. Transaksi jual saham online

Saham yang kamu punya bisa dijual melalui aplikasi saham online di broker. Penentuan harga jual memngearuhi seberapa cepat transaksi bisa dilakukan.

PALING VIRAL  5 Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi Online Terpercaya Terdaftar OJK

7. Ubah order saham online

Ketika lakukan perdagangan saham, kamu bisa mengubah atau amend harga beli atau harga jual. Fitur ini bisa ditemukan di aplikasi saham online. Kamu juga bisa melihat posisi harga jual dan beli yang tersedia saat itu dan melakukan perubahan harga sesuai dengan kondisi pasar tersebut.

8. Penyelesaian transaksi

Berbeda dengan jual beli biasanya, penyelesaian transaksi di bursa saham dilakukan dalam waktu dua hari perdagangan sejak transaksi dilakukan.

9. Biaya transaksi saham

Dalam perdagangan saham, kamu harus bayar atas transaksi perdagangan itu ke broker yang mengeksekusi order transaksi. Komponen biaya transaksi, antara lain: brokerage fee 0.15% dari nilai transaksi, pajak atas biaya transaksi 10%, biaya BEI, biaya KPEI. Penting bagimu untuk memperhatikan jumlah transaksi saha, jika transaksi dilakukan berulang-ulang tentu saja akan menghabiskan profitmu.

10. Analisis fundamental

Analisis fundamental adalah metode menentukan nilai atau harga saham. Meode ini berbasis laporan keuangan untuk menentukan dan menghitung harga saham secara  wajar. Banyak broker yang menyediakan data laporan keuangan dan perhitungan rasio keuangan secara online, sehingga kamu tinggal menganalisisnya.

11. Stock screener

Karena tidak mudah mengingat banyaknya saham di bursa, fitur ini pun digunakan untuk menyaring saham berdasarkan kriteria yang kamu pilih. Fitur ini pun tersedia secara gratis di broker.

12. Diversifikasi

Cara mengelola risiko dalam main saham adalah tidak menempatkan investasi dalam satu atau dua saham, tapi membagi atau mendiversifikasikan ke banyak saham. Tujuannya adalah ketika harga saham anjlok, kamu masih punya stamina untuk bertahan karena tidak semua sahammu anjlok.

PALING VIRAL  Mau Mulai Tapi Bingung? Perhatikan 5 Cara Membeli Saham Syariah

Salah satu strategi diversifikasi yang populer adalah membeli index fund, yaitu membeli semua saham sesuai bobot di dalam indeks sehingga profit mengikuti profit indeks. Index fund ini bisa kamu beli di BEI dengan membeli ETF (Exchange Traded Fund).

Exchange Traded Fund (ETF) adalah salah satu saham yang diperdagangkan di BEI tapi punya keunikan, karena tidak seperti layaknya saham yang dikeluarkan perusahaan. Meski ETF pada dasarnya adalah reksa dana, produk ini diperdagangkan seperti saham-saham yang ada di bursa efek.

13. Aplikasi jual beli saham online

Aplikasi jual beli saham digunakan untuk melakukan jual beli secara online, sehingga kamu tidak perlu hadir di kantor cabang broker. Kamu bisa memanfaatkan fitur analisis saham dan komunitas yang ada di dalamnya, yang membantumu bertransaksi jual beli saham.

Berikut ini aplikasi main saham online bagi pemula:

  • Stockbit
  • IPOUltima dari Indopremier
  • MOST dari Mandiri Sekuritas
  • BNI Sekuritas
  • Mirae Sekuritas

Aplikasi ini memberimu kesempatan cara main saham online gratis dengan simulasi dan trial. Kamu baru akan membayar saat melakukan jual beli saham di BEI.

Penjabaran di atas diharapkan bisa membuatmu lebih paham soal investasi apalagi saham. Main saham pun kini lebih mudah dengan adanya aplikasi online, fasilitas broker, dan informasi lain terkini yang bisa kamu dapatkan serbaonline, tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu dalam pencarian.

Leave a Reply