Cara Melihat Suhu CPU dan Kecepatan Kipas di Mac

Aplikasi Mac gratis yang memantau suhu CPU dan kecepatan kipas sulit ditemukan, tetapi beberapa aplikasi dapat melakukan keduanya dengan baik.

Meskipun Anda tidak perlu sering melakukan ini, terkadang Anda ingin melihat suhu dan kecepatan kipas Mac Anda. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin melakukan ini. Mungkin Anda mencoba mendiagnosis masalah, atau mungkin Anda hanya ingin tahu dan ingin mengetahui seberapa dingin atau panas CPU Anda.

Terlepas dari itu, ada banyak aplikasi pemantauan sistem untuk macOS yang memungkinkan Anda melakukannya. Anda dapat mengambil aplikasi ini dari situs web mereka atau App Store resmi. Setelah dipasang, aplikasi ini menjalankan pemindaian dan memberi Anda data waktu nyata dari suhu CPU dan kecepatan kipas Anda.

PALING VIRAL  6 Printer Foto Portable Terbaik Mudah Dibawah Kemana-mana

Kami menemukan dua aplikasi semacam itu untuk memantau suhu Mac dan kecepatan kipas Anda.

Cara Memeriksa Kecepatan Kipas Dan Suhu CPU Di Mac Menggunakan Fanny

Fanny adalah aplikasi gratis dan sumber terbuka yang ada di Pusat Pemberitahuan dan bilah menu Mac Anda. Anda mengklik ikon di salah satu lokasi dan itu akan menunjukkan kecepatan kipas Anda serta suhu CPU.

Anda bahkan tidak perlu menginstal aplikasi sepenuhnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik dua kali file yang diunduh dan aplikasi akan langsung menuju ke bilah menu Anda. Klik ikon di sana dan Anda akan melihat kecepatan kipas dan suhu CPU dan GPU saat ini di Mac Anda.

Anda dapat menambahkan widget untuk aplikasi ini di Pusat Pemberitahuan, menggunakan langkah-langkah berikut:

  • Buka Notification Center di Mac Anda.
  • Klik Edit di bagian bawah untuk mengedit daftar widget Anda.
  • Anda akan menemukan Fanny dalam daftar. Klik tanda Add (+) di sebelah Fanny untuk menambahkannya ke Pusat Pemberitahuan Anda.
PALING VIRAL  Tutorial Android Cara Menampilkan Logo pembuka Welcome pada Aplikasi Kita

Fanny memiliki menu preferensi tempat Anda dapat mengubah beberapa opsinya, seperti unit untuk suhu, interval penyegaran, dan opsi lainnya.

Cara Memeriksa Kecepatan Kipas Mac dan Suhu CPU Menggunakan Macs Fan Control

Tidak seperti Fanny, Macs Fan Control (gratis, dengan versi Pro opsional tersedia) tidak memungkinkan Anda melihat informasi apa pun dari bilah menu. Anda perlu membuka aplikasi seperti yang Anda lakukan pada aplikasi lain, lalu mencari dan melihat informasi yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah menginstal aplikasi, klik ikonnya di bilah menu dan pilih Show Macs Fan Control. Aplikasi akan terbuka dan Anda dapat melihat kecepatan kipas Anda di sebelah kiri dan suhu CPU Anda di sebelah kanan.

Perhatikan baik-baik dan Anda akan melihat bahwa sebenarnya ada lebih banyak informasi di sini daripada di Fanny. Anda dapat melihat suhu setiap inti CPU Anda, serta suhu untuk HDD atau drive SSD Anda.

PALING VIRAL  Mukadimah Tutorial Imacros | Belajar Online tutorial css html php seo marketing imacros Autohotkey

Anda dapat mengubah berbagai opsi dengan mengklik tombol Preferences di bagian bawah. Anda akan melihat tiga tab berbeda untuk menyesuaikan pengaturan Anda. Pengaturan ini termasuk mengubah unit suhu yang ditampilkan, mengaktifkan dan menonaktifkan pemeriksaan suhu untuk berbagai item, dan menyesuaikan tampilan alat di bilah menu Anda.

Memantau Kecepatan Kipas Mac dan Suhu CPU Anda

Jika Anda menemukan Mac Anda menjadi terlalu panas atau kipas angin bertiup terlalu cepat, ada baiknya untuk memasang salah satu aplikasi yang disebutkan di atas dan memeriksa sendiri apa yang terjadi di mana. Ini bisa menjadi langkah pertama Anda untuk memecahkan masalah yang bisa berubah menjadi mimpi buruk jika tidak diperbaiki tepat waktu.

Masalah panas cukup umum terjadi di macOS, dan ada cara untuk mengatasinya. Anda harus melihat masalah ini segera setelah terjadi untuk memastikan sudah diperbaiki sebelum berubah menjadi sesuatu yang lebih besar dan menjadi rumit.