Cara Mematikan Waktu Layar/Screen Time di iPhone dan Mac

Waktu Layar Screen Time Apple dapat menjadi alat yang berguna, tetapi Anda tidak selalu menginginkan atau membutuhkannya. Kami akan menunjukkan cara mematikannya.

Durasi Layar adalah fitur yang membantu Anda memantau jumlah waktu yang Anda habiskan menggunakan perangkat Apple. 

Ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur batasan pada aplikasi dan membatasi konten yang tidak diinginkan, tetapi mungkin ada saatnya Anda ingin menonaktifkannya.

Baca terus untuk mengetahui cara mematikan fitur bawaan ini di iPhone dan Mac Anda.

Cara Menonaktifkan Waktu Layar di iPhone Anda

Untuk berhenti menggunakan Durasi Layar di perangkat iOS Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Settings di iPhone Anda.
  • Ketuk Screen Time dari daftar pengaturan.
  • Gulir ke bagian bawah halaman, cari Turn Off Screen Time, dan ketuk.
  • Sebuah popup akan muncul di bagian bawah layar Anda yang mengatakan bahwa semua pengaturan dan batasan yang Anda buat menggunakan fitur ini akan dinonaktifkan juga. Konfirmasikan keputusan Anda dengan mengetuk Turn Off Screen Time.

Jika Anda menikmati menggunakan fitur ini di ponsel Anda tetapi hanya ingin mematikan notifikasi, buka Settings > Notifications > Screen Time dan matikan Allow Notifications. Setelah Anda mematikan notifikasi, Anda masih dapat memeriksa data Durasi Layar Anda, dan fitur tersebut akan terus bekerja seperti biasa.

Jika Anda ingin terus menggunakan fitur ini tetapi menonaktifkan beberapa batasan atau batasan yang Anda tambahkan, buka Settings > Screen Time. Di sini Anda dapat mematikan Waktu Henti, menonaktifkan Batas Aplikasi, menghapus Pembatasan Konten & Privasi. Untuk melakukan ini, cukup pilih pengaturan Waktu Layar yang tidak ingin Anda gunakan lagi dan matikan. 

PALING VIRAL  √ Inilah 5 Bisnis yang Bisa Menghasilkan 1 Juta per Minggu

Namun perlu diingat bahwa Anda hanya dapat membuat perubahan jika Anda mengetahui PIN yang digunakan saat mengatur Durasi Layar.

Cara Menonaktifkan Waktu Layar di Mac Anda

Berikut cara mematikan fitur Durasi Layar di macOS:

  • Luncurkan System Preferences dari dok.
  • Klik pada Screen Time.
  • Di pojok kiri bawah, klik Options lalu Turn Off.

Jika Anda masih ingin menerima statistik penggunaan aplikasi tetapi ingin menonaktifkan beberapa pengaturan Waktu Layar, buka System Preferences > Screen Time dan pilih pengaturan yang ingin Anda matikan. 

PALING VIRAL  10 Situs Web Pendidikan Luar Biasa Untuk Anak-Anak yang Layak Di Kunjungi

Di sini Anda dapat menonaktifkan Waktu Henti, Batas Aplikasi, dan Pembatasan Konten & Privasi.

Jika bukan Waktu Layar yang mengganggu Anda, tetapi notifikasi, Anda dapat mematikannya seperti yang Anda bisa di iPhone. Anda dapat mematikan pemberitahuan Durasi Layar dengan membuka System Preferences > Notifications

Dari daftar aplikasi, cari Screen Time, dan klik di atasnya. Kemudian matikan Allow Notifications from Screen Time. Di sini Anda juga dapat mengubah cara Anda menerima pemberitahuan Waktu Layar.

PALING VIRAL  Cara Terbaik Untuk Membersihkan Windows 10 Anda

Cara Menghapus Waktu Layar Tanpa PIN

Sayangnya, satu-satunya cara untuk menonaktifkan batasan Waktu Layar di iPhone atau Mac Anda tanpa mengetahui PIN yang digunakan untuk mengaturnya adalah dengan mengatur ulang perangkat Anda secara paksa. Anda benar-benar harus membenci Waktu Layar untuk menggunakan opsi ini karena semua data yang disimpan di perangkat Anda akan hilang.

Alihkan Waktu Layar Kembali Kapan Saja Dibutuhkan

Durasi Layar adalah fitur praktis untuk melacak berapa banyak waktu yang Anda atau anak-anak Anda habiskan menggunakan iPhone atau Mac. Namun terkadang Anda mungkin ingin berhenti dari fitur ini. Anda dapat dengan mudah mematikan dan menyalakannya kembali kapan pun Anda mau. Cukup buka Settings > Screen Time di iPhone Anda atau ke System Preferences > Screen Time di Mac Anda dan pilih opsi yang diperlukan.