Cara Membagi Satu PC Windows Antara Dua Orang Pengguna Dengan Multiseat

Jika Anda ingin dua orang menggunakan PC Windows secara bersamaan, multiseating memiliki jawaban yang Anda cari.

Katakanlah Anda memiliki PC yang layak di rumah. Anda ingin dua orang menggunakan PC secara bersamaan, jadi hanya membuat dua profil pengguna di PC yang sama tidak akan berhasil. Pada awalnya, tampaknya satu-satunya solusi adalah membeli PC kedua.

Tetapi bagaimana jika Anda dapat mengubah satu PC kelas atas menjadi dua komputer kelas menengah? Inilah cara Anda dapat menghemat uang dengan menggunakan perangkat lunak multiseat untuk memungkinkan dua orang menggunakan satu komputer secara bersamaan.

Apa itu Konfigurasi Multiseat

Kembali ketika komputer adalah penemuan baru, sangat mahal untuk mendapatkan hanya satu CPU. Mesin-mesin ini dulunya jauh lebih mahal daripada sebuah mobil; dengan demikian, perusahaan dan universitas perlu berbagi satu komputer di beberapa pengguna melalui konfigurasi multiseat.

Satu komputer dapat memiliki beberapa monitor, keyboard, mouse, dan speaker yang terpasang padanya. Aplikasi multiseat kemudian akan menetapkan masing-masing periferal ini ke pengguna unik, memungkinkan orang yang berbeda untuk menggunakan komputer secara bersamaan.

Namun, pengenalan komputer pribadi menyebabkan harga mereka menukik, membuatnya layak untuk membeli satu komputer untuk setiap pengguna. Namun demikian, komputer multiseat masih memiliki tempat di masyarakat modern.

Misalnya, jika Anda memerlukan beberapa terminal untuk tugas-tugas sederhana, seperti akses basis data atau penjelajahan internet untuk perpustakaan umum lebih hemat biaya untuk memiliki satu perangkat multikursi berdaya tinggi daripada beberapa CPU kelas bawah.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Layar Hitam (Black Screen) di Windows 10

Apa Persyaratan Perangkat Keras untuk Aplikasi Multiseat

Jika Anda berencana untuk menyiapkan komputer multi-kursi Anda sendiri, Anda harus memiliki setidaknya satu monitor, mouse, keyboard, dan output audio per pengguna. Anda dapat menghubungkan mouse, keyboard, dan speaker ke komputer Anda melalui USB, dan jika Anda membutuhkan lebih banyak port USB, Anda dapat menggunakan hub USB yang aktif untuk menghubungkan perangkat ini.

Namun, sebagian besar monitor modern memerlukan slot VGA, HDMI, atau Display Port khusus. Jika Anda menggunakan komputer dengan GPU terintegrasi, Anda harus memeriksa berapa banyak slot output monitor yang disediakan motherboard. Jika hanya memiliki satu port, Anda harus memasang kartu video khusus yang memungkinkan Anda mencolokkan lebih dari satu layar.

Selain itu, Anda tidak boleh menggunakan laptop untuk mengatur komputer multiseat. Itu karena faktor bentuknya yang kecil dan port yang terbatas dapat menyebabkan masalah koneksi dan masalah pendinginan. Selain itu, laptop biasanya tidak sekuat sepupu desktop dengan spesifikasi serupa.

Keuntungan Komputer Multiseat

Keuntungan utama yang Anda dapatkan dari CPU multiseat-configured adalah penghematan, terutama jika Anda sudah memiliki PC yang kuat. Jika Anda memiliki CPU desktop di rumah dan kedua anak Anda ingin memiliki perangkat mereka sendiri, Anda dapat membagi satu desktop itu menjadi dua komputer hanya dengan mengunduh aplikasi multiseat dan membeli keyboard, mouse, speaker, dan monitor yang murah.

Ini bahkan lebih terjangkau daripada membeli komputer desktop bekas karena Anda tidak perlu membeli CPU. Anda juga menghemat konsumsi listrik karena Anda hanya menyalakan satu prosesor. Dan jika hanya ada satu pengguna saat ini, mereka akan dapat menikmati kemampuan maksimal CPU.

PALING VIRAL  Cara Bermain Game Playstation (PS1) di PC

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat menghemat uang untuk upgrade karena Anda hanya memiliki satu komputer desktop. Anda juga dapat menghemat lisensi perangkat lunak untuk beberapa aplikasi, karena Anda tidak perlu membeli beberapa lisensi karena aplikasi diinstal pada komputer yang sama.

Ketika Anda Harus Membeli Komputer Lain Sebagai gantinya

Meskipun konfigurasi multiseat memiliki beberapa kelebihan, konfigurasi ini juga memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, jika komputer pusat tidak berfungsi, semua pengguna tidak akan dapat menggunakan komputer mana pun. Jadi, jika Anda mengatur ini untuk pekerjaan kantor yang penting, atau jika anak-anak Anda berada di sekolah menengah dan perlu memiliki akses ke pekerjaan sekolah mereka setiap saat, Anda harus mempertimbangkan kembali.

Dan jika calon pengguna membutuhkan mobilitas melebihi daya komputasi, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan beberapa Chromebook sebagai gantinya.

Cara Membuat PC Multiseat

Setelah Anda menambahkan periferal yang Anda butuhkan untuk semua pengguna, hal berikutnya yang Anda perlukan adalah menginstal aplikasi multiseat. Anda dapat menggunakan aplikasi multiseat khusus seperti ibik ASTER atau mesin virtualisasi seperti VMWare Workstation Player.

Aplikasi multiseat umumnya lebih mudah diatur dan digunakan. Setelah diinstal, secara otomatis akan mendeteksi setiap monitor yang terhubung ke komputer Anda, dan kemudian akan membuat desktop individual untuk ditampilkan. Saat Anda menyalakan komputer, komputer akan diluncurkan secara otomatis, sehingga pengguna dapat mulai menggunakan komputer yang ditetapkan tanpa penyiapan tambahan.

Kerugian utama dari opsi ini adalah tidak tersedia secara gratis untuk penggunaan pribadi. Anda dapat menguji aplikasi ASTER selama satu bulan, tetapi Anda harus membayarnya setelah itu.

Di sisi lain, VMWare Workstation Player tidak mudah diatur dan memerlukan lisensi tambahan untuk setiap perangkat lunak yang Anda instal per pengguna. Ini juga mengkonsumsi lebih banyak daya komputasi dibandingkan dengan aplikasi multiseat khusus.

Namun, ini gratis untuk penggunaan pribadi, jadi Anda tidak perlu merogoh kocek hanya untuk menjalankannya. Ini juga berguna untuk aplikasi lain, seperti menjalankan beberapa sistem operasi pada satu komputer. Jadi jika salah satu pengguna membutuhkan Linux sementara pengguna lain membutuhkan Windows, Anda dapat memilih solusi ini sebagai gantinya.

Dua Komputer Dengan Harga Satu

Jika Anda sudah memiliki komputer yang cukup kuat dan membutuhkan dua perangkat untuk penggunaan umum, seperti browsing internet dan produktivitas umum, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk komputer baru.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Kesalahan Task Manager Has Been Disabled By Your Administrator Di Windows 10

Sebagai gantinya, dapatkan monitor bekas, kombo keyboard dan mouse murah, dan speaker USB, lalu instal aplikasi multiseat. Dengan itu, Anda dapat membiarkan dua pengguna (seperti anak-anak Anda, atau mungkin ibu dan ayah Anda yang sudah pensiun) menggunakan komputer secara bersamaan.

Dan jika Anda khawatir bahwa dua orang akan kehilangan data mereka jika komputer mereka rusak, Anda dapat mendaftar ke penyimpanan cloud, sehingga Anda akan memiliki cadangan online. Selain itu, sebagian besar komputer modern cukup tangguh untuk digunakan selama bertahun-tahun tanpa rusak.

Tetapi jika Anda berencana menggunakan pengaturan ini untuk produktivitas, seperti tugas kantor yang penting atau tenggat waktu yang sensitif, maka Anda lebih baik mendapatkan komputer kedua yang terjangkau. Lagi pula, penghematan yang Anda lakukan dengan komputer multiseat tidak sebanding dengan kerumitan ketika Anda memiliki dua rekan kerja yang tidak produktif karena satu CPU rusak.