Cara Memperbaiki Error Code 0xc00000e di Windows 10

Kode kesalahan 0xc00000e adalah kesalahan BSOD Windows 10 yang muncul selama startup. Mari kita pecahkan masalah dengan solusi ini.

Banyak orang menjadi frustrasi ketika mereka mengalami kesalahan ini karena Windows tidak menentukan dalam kode kesalahan mereka masalah apa yang terjadi dan apa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaikinya. Biasanya, kesalahan ini terjadi ketika komponen perangkat keras tidak terdeteksi atau file sistem yang rusak memblokir Windows 10 dari boot.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara memecahkan masalah dan memperbaiki kode kesalahan 0xc00000e Windows 10 tanpa kehilangan data Anda.

Apa Itu Kode Kesalahan 0xc00000e Di Windows 10

Kode kesalahan 0xc00000e adalah kesalahan BSOD Windows 10 yang muncul selama startup.

Seperti Inilah yang biasanya tertulis di layar:

Dengan kata yang lebih sederhana, kesalahan BSOD ini berarti bahwa perangkat keras penting tidak terdeteksi oleh Windows 10.

Ini mungkin beberapa masalah dengan SSD atau hard drive tempat file sistem biasanya disimpan. Kesalahan juga dapat dipicu oleh file sistem yang rusak, yang dapat menghentikan Windows 10 untuk memulai dengan benar.

Singkatnya, setiap kegagalan perangkat keras atau file sistem yang menghentikan Windows 10 untuk menemukan winload.exe (salah satu file di Windows Boot Manager) dan boot dapat menyebabkan kesalahan ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kode Kesalahan 0xc00000e

Karena kesalahan tidak mengarahkan Anda ke perangkat keras sebenarnya atau file sistem yang hilang, Anda perlu melakukan satu atau semua langkah pemecahan masalah untuk memperbaiki masalah.

  • Gunakan Alat Perbaikan Otomatis Windows.
  • Bangun kembali file BCD dan Master Boot Record.
  • Setel ulang BIOS ke pengaturan default.
  • Periksa dan ganti baterai CMOS.
PALING VIRAL  Lingkungan Desktop Linux Terbaik LXDE, Xfce dan MATE

Mari kita mulai dengan perbaikan otomatis dulu.

Metode 1: Gunakan Alat Perbaikan Otomatis Windows 10

Anda dapat menggunakan alat Perbaikan Otomatis Windows asli untuk memperbaiki kesalahan sistem Windows seperti ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan alat dari disk instalasi yang dapat di-boot dan memperbaiki kesalahan:

Untuk masuk ke menu boot Windows 10, matikan komputer Anda dan nyalakan.

Setelah Anda masuk ke menu boot, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah opsi boot ke CD / DVD Rom. Anda juga dapat memilih boot dari USB jika Anda memiliki drive USB yang dapat di-boot.

Masukkan CD / DVD Windows 10 OS Anda. Restart komputer Anda dan sekarang komputer akan boot dari CD / DVD Rom. Sebuah pesan akan muncul di layar ‘Tekan sembarang tombol untuk boot dari CD atau DVD’. Ikuti instruksi tersebut dan tekan tombol apa saja pada keyboard Anda.

Ini akan mem-boot proses perbaikan / pemasangan Windows Anda. Untuk saat ini, kami hanya mementingkan perbaikan sistem. Pilih zona waktu, bahasa, dan metode masukan keyboard Anda. Di layar berikutnya, klik tautan Repair your computer yang akan Anda temukan di sudut kiri bawah. Next, klik Troubleshooting > Advanced options > Automatic repair.

Diperlukan beberapa menit untuk memperbaiki file Windows Anda yang rusak. Opsi perbaikan sistem biasanya memperbaiki file sistem yang rusak dan hilang. Namun, jika metode ini tidak menyelesaikan masalah Anda, lanjutkan ke metode selanjutnya.

Metode 2: Membangun kembali File Data Konfigurasi Boot di Windows 10

Boot Configuration Data atau BCD adalah file sistem yang memberi tahu Windows cara mem-boot sistem operasi Anda. File BCD yang rusak juga dapat menyebabkan kesalahan 0xc00000e di Windows 10.

PALING VIRAL  Tips dan motivasi belajar Html

Untuk membangun kembali BCD, Anda dapat melakukan boot ke Windows dengan CD instalasi Windows atau drive USB yang dapat di-boot. Begini caranya:

Boot dari Windows 10 DVD atau USB yang dapat di-boot seperti yang kami lakukan pada metode pertama. Pada halaman Pengaturan Windows, pilih bahasa yang akan diinstal, pilih zona waktu, metode masukan, lalu pilih tombol Next.

Klik Repair your computer (tautan yang terletak di kiri bawah)> Troubleshoot > pilih Advanced Options. Pilih Command Prompt.

Sekarang ketikkan perintah ini satu per satu. Setelah setiap perintah tekan tombol enter:

bootrec /scanos
bootrec /fixmbr
bootrect /fixboot
bootrec /rebuildbcd

Bootrec atau bootrec.exe adalah alat yang disediakan oleh Microsoft. Ini digunakan untuk memecahkan dan memperbaiki masalah boot di lingkungan pemulihan Windows.

bootrec /fixmbr: Anda dapat menggunakan perintah ini untuk memperbaiki masalah korupsi MBR (Master Boot Record). Ini menulis MBR yang kompatibel dengan Windows 10 ke partisi sistem.

bootrect /fixboot: Perintah ini akan menulis sektor boot baru ke partisi sistem.

bootrec /scanos: Ketika Anda menjalankan perintah ini, itu akan memindai semua partisi disk untuk instalasi Windows.

bootrec /rebuildbcd: Perintah ini akan memindai semua disk untuk instalasi yang kompatibel dengan OS Anda. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk memilih instalasi yang ingin Anda tambahkan ke BCD (Boot Configuration Data).

Sekarang restart komputer Anda dan periksa apakah masalah sudah diperbaiki. Jika tidak, ikuti metode selanjutnya.

Metode 3: Pengaturan Ulang Konfigurasi BIOS / UEFI

Kesalahan ini juga dapat terjadi karena kesalahan konfigurasi BIOS. Anda dapat mengatasinya dengan mengatur ulang konfigurasi BIOS.

Restart komputer Anda dan tunggu hingga logo pabrikan muncul, lalu untuk mengakses pengaturan BIOS, tekan salah satu tombol ini F2, F12, Esc, Del, mana saja yang berfungsi sesuai dengan pabrikan Anda. Jika Anda tidak yakin tombol mana yang harus Anda tekan untuk mengakses BIOS pada perangkat Anda, gunakan Google untuk melihat bagaimana Anda dapat mengakses BIOS pada merek PC tertentu Anda.

Gunakan tombol panah pada keyboard untuk menavigasi opsi di BIOS. Temukan default option dari pengaturan BIOS. Klik opsi ini dan tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk mengatur ulang konfigurasi BIOS.

PALING VIRAL  Cara Meningkatkan Kinerja SSD Pada Windows 11

Simpan dan keluar dari BIOS dengan menekan F10 atau gunakan tombol panah untuk keluar dari BIOS secara manual. Saat Anda keluar, perangkat Anda restart secara otomatis.

Metode 4: Ganti Baterai CMOS

Jika tanggal dan waktu BIOS Anda salah konfigurasi, Anda mungkin ingin mengganti baterai CMOS. CMOS adalah chip pada motherboard Anda yang menyimpan konfigurasi BIOS, tanggal, waktu, dan informasi lainnya. Informasi ini termasuk waktu dan tanggal sistem, dan beberapa pengaturan perangkat keras.

Baterai CMOS memberi daya pada firmware BIOS di perangkat Anda. BIOS selalu harus tetap beroperasi meskipun perangkat Anda tidak terhubung ke sumber daya. Ketika perangkat dicabut dari sumber listrik, BIOS mengandalkan baterai CMOS untuk daya.

Setelah Anda mengganti baterai CMOS maka Anda harus mengkonfigurasi ulang pengaturan BIOS dan mereboot PC Anda.

Jika Tidak Ada Yang Berfungsi, Instal Ulang Windows 10

Jika tidak ada metode di atas yang memperbaiki masalah Anda, maka Anda memiliki opsi terakhir yaitu menginstal ulang Windows 10. Instalasi Windows baru dapat menyelesaikan kesalahan seperti ini ketika Anda tidak dapat memecahkan masalah dengan cara lain.

Sebelum menginstal Windows di komputer Anda, Anda harus membuat cadangan semua informasi penting Anda sehingga Anda tidak kehilangannya secara tidak sengaja.