Cara Memperbaiki Error macOS Tidak Dapat Diinstal di Komputer Anda

Memperbarui Mac Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi cobaan itu menjadi lebih memakan waktu ketika pembaruan gagal dan pesan kesalahan mengatakan “macOS could not be installed on your computer” Pesan ini mengatakan macOS tidak dapat diinstal pada komputer Anda.

Jangan kehilangan harapan. Sebagian besar waktu, Anda dapat memperbaiki kesalahan ini menggunakan langkah pemecahan masalah di bawah ini. Tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya. Kami bahkan akan menjelaskan cara menghindari kesalahan macOS semacam ini di masa mendatang.

Mengapa macOS Tidak Dapat Diinstal di Komputer Anda

Ada banyak alasan berbeda mengapa instalasi macOS gagal. Mudah-mudahan, pesan kesalahan memberitahu Anda apa masalahnya. Dengan begitu, Anda tahu ke mana harus menargetkan upaya pemecahan masalah Anda.

Beberapa alasan paling umum macOS tidak dapat menyelesaikan instalasi meliputi:

  • Tidak cukup penyimpanan di Mac Anda
  • Korupsi dalam file pemasang macOS
  • Masalah dengan disk startup Mac Anda
  • Perangkat keras yang tidak kompatibel

Apa pun penyebab kesalahan instalasi macOS Anda, biasanya mudah untuk memperbaikinya sendiri. Ikuti tips di bawah ini untuk menyelesaikan masalah.

Sebelum Mengatasi Masalah Error Instalasi macOS Anda

Jika instalasi macOS Anda tidak dapat diselesaikan, Anda mungkin terjebak dalam lingkaran di mana installer dibuka kembali setiap kali Anda me-restart komputer Anda. Ikuti langkah-langkah cepat ini untuk keluar dari loop itu dan melindungi data Anda sebelum memecahkan kesalahan.

1. Boot Mac Anda Dalam Safe Mode

Safe Mode menghentikan berbagai program dari peluncuran pada saat startup, termasuk installer macOS. Mem-boot Mac Anda dalam Safe Mode membuat Anda terhindar dari loop startup apa pun dan menghentikan program yang bermasalah berjalan di latar belakang.

Untuk boot ke Safe Mode, restart Mac Anda dan tahan tombol Shift saat dihidupkan. Lepaskan kunci ketika Anda melihat logo Apple atau mendengar suara startup. Seharusnya mengatakan Safe Boot di bilah menu di layar masuk.

2. Buat Cadangan Baru Menggunakan Time Machine

Selalu penting untuk mencadangkan Mac Anda sebelum menginstal pembaruan macOS utama. Pembaruan ini mengedit file inti di sistem operasi Anda, jadi jika terjadi kesalahan, Anda mungkin perlu menghapus Mac sepenuhnya untuk memperbaikinya.

Sambungkan drive eksternal dan gunakan Time Machine untuk mencadangkan Mac Anda. Time Machine adalah cara paling sederhana untuk melindungi semua data Anda dalam cadangan tambahan. Ini memungkinkan Anda untuk memulihkan file dari tanggal tertentu alih-alih hanya menyimpan versi terbaru dari semuanya (Baca Cara Menggunakan Time Machine untuk Mencadangkan Mac Anda).

3. Periksa Kompatibilitas Mac Anda di App Store

Sebelum memulai dengan tips pemecahan masalah kami, luangkan waktu sejenak untuk memastikan versi terbaru macOS kompatibel dengan Mac Anda.

PALING VIRAL  7 Pemutar Musik Windows Terbaik Untuk Audio High Resolution

Buka App Store di Mac Anda dan cari versi macOS yang ingin Anda instal (misalnya, “macOS Catalina”). Klik aplikasi itu untuk melihat detailnya di App Store dan gulir ke bawah ke bagian Information.

Di bawah Kompatibilitas, App Store memberi tahu Anda apakah perangkat lunak itu berfungsi pada Mac ini atau tidak. Jika tidak kompatibel, Anda tidak dapat menginstal pemutakhiran versi macOS itu. Ini mungkin yang pertama dari banyak tanda bahwa sudah waktunya untuk mengganti Mac Anda.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Instalasi macOS Tidak Dapat Diselesaikan

Sekarang setelah Anda membuat cadangan Mac Anda dan memastikannya kompatibel dengan versi terbaru dari macOS, saatnya untuk mencoba memperbaiki kesalahan instalasi Anda dengan tips pemecahan masalah di bawah ini.

Karena ada begitu banyak kemungkinan penyebab kesalahan macOS ini, salah satu dari saran ini mungkin memperbaiki masalah. Kami akan mulai dengan kiat tercepat dan termudah untuk menghemat waktu sebanyak mungkin.

Nyalakan kembali Mac Anda dan Coba Lagi Instalasi

Terkadang, yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan macOS adalah memulai kembali Mac Anda dan coba lagi. Buka Apple menu di kiri atas layar Anda dan pilih Restart dari menu dropdown untuk melakukannya.

Jika Mac Anda tidak responsif, tekan dan tahan tombol Power untuk memaksanya mati. Namun, jangan lakukan ini saat instalasi sedang berlangsung, karena hal itu dapat merusak file di sistem operasi Anda.

PALING VIRAL  10 Situs Web Terbaik Untuk Mencari Magang

Atur Mac Anda ke Tanggal dan Waktu Yang Tepat

Mungkin saja tanggal atau waktu di Mac Anda salah. Ketika hal ini terjadi, hal itu dapat menyebabkan masalah koneksi dengan server Apple, yang mungkin menjadi alasan ada kesalahan dalam menginstal macOS.

Buka System Preferences dan buka Date & Time untuk memperbaikinya. Klik Padlock dan masukkan kata sandi administrator Anda, lalu pilih untuk Set date and time automatically.

Ciptakan Ruang Bebas Yang Cukup Untuk Menginstal macOS

Pemasang macOS tipikal memakan sekitar 4-5GB ruang pada Mac Anda. Tetapi untuk menyelesaikan instalasi macOS, komputer Anda sebenarnya membutuhkan sekitar 20GB penyimpanan gratis.

Ini karena penginstal macOS membutuhkan ruang ekstra untuk membongkar file dan folder. Tanpa ruang kosong tambahan itu, penginstal tidak memiliki ruang untuk bekerja dan tidak dapat menyelesaikan instalasi pada Mac Anda.

Unduh Salinan Baru Penginstal macOS

Pemasang macOS di Mac Anda mungkin entah bagaimana rusak. Sebaiknya pindahkan penginstal ke Sampah dan unduh yang baru untuk menggantinya.

Kami sarankan Anda mengunduh pemasang macOS Anda langsung dari situs web dukungan Apple. Dengan cara ini, Anda mendapatkan penginstal kombo lengkap, daripada versi yang lebih kecil tersedia melalui System Preferences atau App Store.

Setel Ulang PRAM dan NVRAM

PRAM dan NVRAM menyimpan berbagai pengaturan dan preferensi pada Mac Anda, seperti kecerahan layar Anda, volume suara, dan resolusi tampilan. Kesalahan pada PRAM atau NVRAM Anda mungkin menjelaskan mengapa macOS tidak dapat dipasang di komputer Anda.

Untungnya, mudah untuk mereset pengaturan ini tanpa menghapus data pribadi Anda. Untuk melakukannya, mulai ulang Mac Anda dan tahan Opsi + Cmd + P + R saat daya menyala.

Jalankan Pertolongan Pertama pada Disk Startup Anda

Masih melihat bahwa instalasi macOS tidak dapat diselesaikan? Mungkin ada izin disk atau kesalahan fragmentasi pada disk startup Anda. Sangat mudah untuk memperbaiki sebagian besar jenis kesalahan ini menggunakan aplikasi Disk Utility, yang telah diinstal sebelumnya pada macOS.

Buka Disk Utility dari folder Utilities di Applications. Pilih disk startup Mac Anda di bilah sisi biasanya disebut “Macintosh HD” kemudian klik First Aid. Ketika Anda Run Pertolongan Pertama, Disk Utility memindai disk Anda dari kesalahan dan memperbaiki apa pun yang ia bisa.

PALING VIRAL  Cara Mengatasi Perintah Suara Cortana Saat Berhenti Bekerja

Gunakan Mode Pemulihan untuk Menginstal Ulang macOS

Jika macOS masih tidak dapat menginstal dengan benar, Anda mungkin perlu menginstal ulang seluruh sistem operasi. Anda dapat melakukan ini menggunakan Mode Pemulihan di Mac Anda.

Nyalakan kembali Mac Anda dan tahan Option + Cmd + R saat dihidupkan. Lepaskan tombol ketika Anda melihat logo Apple atau mendengar suara startup, di mana titik jendela macOS Utilities muncul. Klik Reinstall macOS untuk menginstal versi terbaru macOS.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama, karena Mac Anda perlu mengunduh perangkat lunak baru terlebih dahulu.

Hapus Mac Anda dan Kembalikan Dari Cadangan

Solusi pemecahan masalah terakhir untuk setiap masalah yang terkait dengan perangkat lunak adalah menghapus disk startup Anda dan menginstal ulang macOS dari awal. Dengan versi baru macOS di komputer Anda, Anda kemudian dapat mengembalikan semua data Anda dari cadangan Time Machine.

Jika Anda tidak mencadangkan Mac Anda sebelum menghapus disk startup, Anda akan kehilangan semua data Anda: foto, musik, file, dan yang lainnya.

Gunakan Utilitas Mac Ini untuk Menghindari Kesalahan macOS di Masa Depan

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa alasan pesan kesalahan mungkin mengatakan macOS tidak dapat dipasang di komputer Anda. Kami telah menunjukkan kepada Anda cara memecahkan masalah ini, tetapi Anda memiliki peluang yang lebih baik untuk menghindarinya jika Anda menjaga Mac Anda selalu dalam kondisi prima.

Banyak aplikasi gratis yang mengklaim dapat membantu Anda melakukan ini. Mereka menawarkan untuk membebaskan lebih banyak penyimpanan atau menghapus malware, tetapi Anda tidak boleh terlalu cepat memercayainya. Lihatlah Daftar Utilitas Mac Gratis Terbaik yang dapat Anda percayai. Gunakan mereka untuk menemukan dan menyelesaikan masalah di masa depan sebelum mereka menjadi masalah.