Cara Memperbaiki Kesalahan/Error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows 10

Mengalami kesalahan atau error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL? Beginilah cara Anda memperbaikinya.

Windows 10 memiliki sejumlah besar pesan kesalahan, dan kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL adalah salah satunya.

Jika Anda menemukan kode berhenti ini, inilah yang harus dilakukan.

Apa Itu Kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL terkait dengan driver sistem Anda dan membawa kode stop 0x000000D1. Kesalahan menunjukkan “bahwa driver mode kernel berusaha mengakses memori yang dapat dihalaman sementara proses IRQL terlalu tinggi.”

Kesalahan tersebut berasal dari masalah komunikasi antara perangkat keras dan prosesor Anda.

Ketika perangkat keras Anda ingin memberi tahu CPU bahwa sesuatu akan terjadi, itu membuat interupsi. Jika terlalu banyak bit perangkat keras mencoba untuk berkomunikasi secara bersamaan, atau lebih tepatnya, ada konfigurasi yang salah di suatu tempat, interrupt request level (IRQL) naik.

Dalam hal ini, perangkat keras mencoba mengakses bagian memori sistem Anda yang tidak dapat diaksesnya karena CPU sedang memproses hal-hal lain. Driver membantu komunikasi perangkat keras, memungkinkan GPU Anda untuk berbicara dengan CPU, dan sebagainya. Jika driver mencoba mengakses alamat memori yang tidak memiliki akses yang tepat, itu dapat menyebabkan sistem Anda crash.

Salah satu driver paling umum yang terlibat dengan kesalahan 0x000000D1 adalah driver jaringan Anda, khususnya file sistem ndis.sys, yang mungkin Anda lihat di menyebutkan referensi kecelakaan di bluescreen.

Cara Memperbaiki Kesalahan/ Error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Karena kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL terkait dengan driver sistem Anda, ada beberapa perbaikan mudah yang tersedia.

Periksa Pembaruan

Tampaknya sudah jelas, tetapi Anda harus memeriksa pembaruan yang luar biasa. Mungkin ada perbaikan bug dalam pembaruan yang akan datang terkait dengan driver Anda yang salah, dan menginstal pembaruan mungkin membuat semuanya baik-baik saja.

Tekan Tombol Windows + I untuk membuka panel Pengaturan. Sekarang, buka Update & Security, lalu periksa di bawah Windows Update untuk pembaruan yang tertunda. Jika ada update, simpan file penting apa saja, lalu tekan Restart now. Sistem Anda akan reboot selama proses tersebut.

PALING VIRAL  Cara Menambahkan Taskbar Ekstra ke Windows 11

Perbarui Driver Sistem Anda

Windows 10 menangani pembaruan driver Anda, tetapi itu tidak berarti driver sesekali tidak menyelipkan jaring. Itu juga tidak menghentikan korupsi pengemudi, di mana pengemudi menjadi buggy atau korup seiring waktu. Kesalahan driver kurang umum pada Windows 10 dibandingkan dengan versi Windows yang lebih lama, tetapi itu benar-benar masih terjadi.

Jika Anda ingin melihat pembaruan driver terbaru, Tekan Tombol Windows + I untuk membuka panel Pengaturan, lalu pilih Update & Security > View update history. Anda dapat menemukan driver apa pun yang memerlukan pembaruan di sini.

Jika halaman riwayat pembaruan driver tidak mengungkapkan apa pun, sekarang saatnya untuk memeriksa Device Manager. Ketik device manager di bilah pencarian Start Menu dan pilih Best Match. Periksa daftar untuk setiap indikator kesalahan kuning. Jika tidak ada, kecil kemungkinannya adalah driver yang menjadi sumber masalah.

Namun, karena DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL sering berhubungan dengan file sistem ndis.sys, Anda harus melakukan pembaruan driver adaptor jaringan manual di sini.

Buka bagian Network adapter, klik kanan driver untuk Wi-Fi adapter atau Ethernet adapter (atau keduanya), dan pilih Update driver. Sekarang, pilih Search automatically for updated driver software, dan Windows akan mengotomatiskan prosesnya untuk Anda.

Bagian adaptor jaringan di Device Manager Anda mungkin tidak akan terlihat sibuk seperti milik saya, jadi akan relatif mudah untuk mengetahui adaptor mana yang harus dipilih.

Bersihkan Instal Driver Jaringan Anda

Jika memperbarui Windows 10 tidak berfungsi dan memperbarui driver Anda gagal, Anda selalu dapat memilih untuk menginstal driver yang bersih. Itu berarti Anda menghapus driver dari sistem Anda, kemudian menginstal versi terbaru tanpa bantuan dari Windows.

PALING VIRAL  10 Client Email Terbaik Untuk Linux

Karena ini berkaitan dengan adaptor jaringan Anda, Anda perlu mengunduh driver yang benar sebelumnya, karena setelah Anda menghapus driver adaptor jaringan Anda, koneksi internet Anda mungkin berhenti berfungsi.

Kembali ke Device Manager dan buka bagian Network adapter. Sekarang, salin dan tempel nama driver ke mesin pencari internet. Misalnya, saya akan melakukan pencarian untuk “Realtek pcie gbe family controller” untuk menemukan driver terbaru untuk adaptor Ethernet saya.

Jelajahi dan unduh versi terbaru adaptor jaringan yang tersedia untuk perangkat keras Anda. Sebagian besar driver dilengkapi dengan file instalasi otomatis bernama setup.exe, yang akan Anda temukan di suatu tempat di file driver yang diunduh.

Setelah Anda mengunduh driver adaptor jaringan yang benar, Anda dapat melanjutkan dan menghapus instalan driver adaptor jaringan yang ada. Di Device Manager, klik kanan driver adaptor jaringan Anda yang ada dan pilih Uninstall. Ikuti petunjuk di layar.

Setelah driver selesai menghapus instalan, cari driver adaptor jaringan baru dan jalankan program penginstalan, sekali lagi dengan mengikuti petunjuk di layar. Setelah penginstalan selesai, mulai ulang komputer Anda.

Jalankan SFC dan CHKDSK

Windows 10 menyertakan beberapa alat sistem terintegrasi yang akan memperbaiki sistem file yang rusak. Jika pembaruan dan penggantian driver tidak berfungsi, itu bisa menjadi file yang rusak di tempat lain di sistem Anda. Kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dapat berhubungan dengan file halaman Anda, yang merupakan jenis memori sistem virtual. Menjalankan SFC dan CHKDSK dapat memperbaiki kerusakan apa pun yang berkaitan dengan file halaman.

System File Check (SFC) memperbaiki kesalahan yang berkaitan dengan file sistem Windows, secara otomatis memindai dan memperbaiki kesalahan.

Sebelum menjalankan perintah SFC, penting untuk memeriksa apakah berfungsi dengan benar. Untuk melakukan ini, kami menggunakan alat Deployment Image Servicing and Management, atau DISM.

PALING VIRAL  8 Aplikasi iOS dan Android Untuk Membuat Cinemagraph

Seperti SFC, DISM adalah utilitas Windows terintegrasi dengan berbagai fungsi. Dalam hal ini, perintah DISM Restorehealth memastikan bahwa perbaikan kami selanjutnya akan berfungsi dengan baik.

Lakukan langkah-langkah berikut.

  • Ketik Command Prompt (Admin) di bilah pencarian menu Start, lalu klik kanan dan pilih Run as administrator untuk membuka Command Prompt yang ditinggikan.
  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter: DISM /online /cleanup-image /restorehealth
  • Tunggu sampai perintah selesai. Prosesnya dapat memakan waktu hingga 20 menit, tergantung pada kesehatan sistem Anda. Prosesnya tampaknya macet pada waktu-waktu tertentu, tetapi tunggu hingga selesai.
  • Saat proses selesai, ketik sfc /scannow dan tekan Enter.
CHKDSK adalah alat sistem Windows lain yang memeriksa struktur file Anda. Tidak seperti SFC, CHKDSK memindai seluruh drive Anda untuk mencari kesalahan, sedangkan SFC memindai file sistem Windows Anda secara khusus. Seperti SFC, jalankan pemindaian CHKDSK dari Command Prompt untuk memperbaiki mesin Anda.
  • Ketik command prompt di bilah pencarian menu Start Anda, lalu klik kanan yang paling cocok dan pilih Run as administrator. (Atau, tekan Tombol Windows + X, lalu pilih Command Prompt (Admin) dari menu.)
  • Selanjutnya, ketik chkdsk /r dan tekan Enter. Perintah tersebut akan memindai sistem Anda dari kesalahan dan memperbaiki masalah apa pun di sepanjang jalan.

Mengatasi Error 0x000000D1 di Windows 10

Salah satu perbaikan ini akan menyelesaikan kesalahan 0x000000D1. Meskipun kesalahan DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL membuat frustrasi, ini bukanlah masalah yang sangat sulit untuk dihapus dari sistem Anda. Lakukan langkah-langkah tersebut satu per satu, dan sistem Anda akan kembali aktif dan berjalan dengan baik dalam waktu singkat.

Hal penting untuk diingat adalah mengunduh driver adaptor jaringan baru sebelum menghapus yang lama. Jika Anda melakukannya dengan cara yang salah, misalnya, hapus driver terlebih dahulu, Anda mungkin kesulitan untuk mengunduh driver adaptor jaringan baru, terutama jika Anda tidak memiliki perangkat cadangan yang tersedia.