Cara Memperbaiki Unmountable Boot Volume Pada Windows 10

Unmountable Boot Volume adalah Kesalahan kode berhenti Windows sangat merepotkan. Karena biasanya membuat Anda tidak masuk ke Windows, Anda tidak dapat memecahkan masalah ini seperti kesalahan lain.

Namun, ada kemungkinan untuk memperbaiki kesalahan ini dengan metode yang tepat. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki kesalahan Unmountable Boot Volume dan kembali ke PC Anda.

Apa itu Kesalahan Unmountable Boot Volume

“Boot Volume” adalah partisi hard drive Anda yang menampung Windows. Kesalahan ini terjadi ketika komputer Anda tidak dapat memuat Windows dengan benar, mengakibatkan layar biru kematian.

“Stop code” adalah pesan kesalahan khusus yang mengidentifikasi masalah yang dialami Windows dalam hal ini, ini adalah kode berhenti Unmountable Boot Volume.

Ini biasanya terjadi karena sistem file yang rusak atau file Windows yang rusak. Seringkali, Anda akan melihatnya setelah menerapkan pembaruan Windows utama. Meskipun kesalahan ini juga dapat berasal dari BIOS yang tidak dikonfigurasi dengan benar, itu jarang terjadi kecuali Anda telah memodifikasi BIOS sendiri.

Untungnya, kesalahan ini tidak selalu berarti hard drive Anda sekarat. Meskipun mungkin itu masalahnya, kami akan berjalan melalui langkah pemecahan masalah lainnya terlebih dahulu.

Pertama, Nyalakan Ulang dan Lihat Jika Terjadi Lagi

Seperti kebanyakan pesan layar biru, kesalahan Unmountable Boot Volume tidak selalu mengkhawatirkan jika Anda hanya melihatnya sekali. Terkadang Windows mengalami gangguan sementara yang tidak pernah Anda alami lagi.

Jika Anda melihat layar biru kesalahan Unmountable Boot Volume saat bekerja, restart PC Anda dan coba masuk lagi. Anda harus jelas jika kesalahan tidak kembali untuk beberapa waktu.

Namun, biasanya, Anda akan melihat kesalahan Unmountable Boot Volume ketika Anda mencoba untuk boot ke PC Anda dan itu tidak akan membiarkan Anda memuat Windows sama sekali. Dalam hal ini, lanjutkan dengan pemecahan masalah yang lebih mendalam.

PALING VIRAL  Alat Perbaikan Windows 10 Gratis Terbaik Untuk Memperbaiki Masalah Apa Pun

Kedua, Buat Disk Instalasi Windows 10

Karena Anda tidak dapat boot Windows secara normal, Anda harus membuat installer Windows pada drive USB atau DVD menggunakan mesin lain. Ini akan memungkinkan Anda mengakses alat pemecahan masalah Windows dengan mem-boot dari perangkat yang berbeda.

Ketiga, Gunakan Perbaikan Otomatis Windows

Biarkan Windows mulai dari USB Anda hingga memuat, lalu klik tombol Next. Anda akan melihat layar Install now. Tetapi Anda tidak tertarik menginstal ulang Windows; klik Repair your computer di bagian kiri bawah.

Pada layar berikut, pilih Troubleshoot untuk mendapatkan daftar Advanced Options. Pilih Startup Repair dan pilih OS target: Windows 10 (atau versi Anda saat ini).

Dari sini, Windows akan menjalankan perbaikan otomatis yang diharapkan akan mengatasi masalah Anda. Setelah selesai, keluar dari penginstal dan coba boot komputer Anda secara normal.

Jika Windows masih menampilkan kesalahan Unmountable Boot Volume setelah ini, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Keempat, Perbaiki Master Boot Record

Master Boot Record (MBR) berisi informasi tentang di mana Windows hidup di hard drive Anda dan membantunya memuat dengan benar ketika Anda menyalakan komputer. Jika ini menjadi rusak, itu dapat menyebabkan pesan Unmountable Boot Volume.

Untuk memperbaiki MBR, boot lagi dari media instalasi Windows 10 Anda dan pilih Repair your computer> Troubleshoot. Kali ini, pada layar Advanced Options, pilih Command Prompt.

Baca Juga

Di Command Prompt, ketikkan perintah berikut untuk menjalankan perbaikan MBR:

bootrec /fixmbr

Tunggu sampai selesai, lalu jalankan perintah berikut satu per satu untuk mencoba perbaikan tambahan:

bootrec /fixboot
bootrec /rebuildbcd

Masukkan exit untuk meninggalkan Command Prompt setelah ini selesai berjalan. Kemudian reboot lagi dan lihat apakah kesalahan terus muncul.

PALING VIRAL  Cara Menghapus Backup Yang Lama di Time Machine Mac Anda

Kelima, Jalankan Perintah Ckhdsk

Jika perbaikan otomatis dan perbaikan MBR tidak menyelesaikan masalah Anda, Anda harus mencoba Chkdsk. Alat Prompt Perintah yang penting ini memungkinkan Anda memeriksa kesalahan pada hard drive, yang dapat menyebabkan pesan Unmountable Boot Volume.

Ikuti langkah-langkah di atas lagi untuk membuka Command Prompt dari menu pemulihan, lalu masukkan perintah berikut:

chkdsk /r c:

Flag / r menemukan sektor buruk pada disk Anda dan memperbaiki kesalahan tersebut. Jika Anda tidak memasukkan ini, Chkdsk hanya akan melaporkan kesalahan yang ditemukannya. Anda perlu memasukkan c: sehingga operasi memindai partisi Windows Anda (lokasi paling umum untuk itu). Ganti c: dengan d: atau yang lain jika Anda memindahkan milik Anda di tempat lain.

Chkdsk mungkin meminta Anda untuk menjalankan waktu berikutnya sistem restart. Jika ya, masukkan Y untuk Yes dan mulai ulang untuk memulainya.

Ini bisa memakan waktu, jadi Anda mungkin harus menunggu sedikit. Setelah selesai, reboot lagi dan lihat apakah masalah telah teratasi.

Keenam, Coba Pindai SFC

Untuk solusi Command Prompt terakhir, Anda dapat mencoba utilitas penting lainnya. SFC, atau Pemeriksa Berkas Sistem, mencari file sistem Windows yang rusak dan berupaya memperbaikinya. Jika belum ada yang memperbaiki masalah Anda, ini patut dicoba.

Buka Command Prompt di drive pemulihan Anda lagi, dan masukkan perintah berikut:

sfc /scannow

Tunggu sampai proses selesai. Ini akan memberi tahu Anda jika itu memperbaiki apa pun. Seperti perintah lain, setelah selesai Anda harus reboot dan mencoba memuat ke Windows lagi.

PALING VIRAL  8 Aplikasi Vegan Gratis Untuk Gaya Hidup Berbasis Tanaman

Masih juga muncul pesan itu? Uji Perangkat Keras dan Instal Ulang

Jika Anda telah menyelesaikan semua hal di atas dan terus melihat kesalahan Unmountable Boot Volume setiap kali Anda mem-boot, masalah Anda lebih dalam. Anda memiliki dua opsi untuk solusi lebih lanjut.

Pertama, Anda mungkin memiliki masalah perangkat keras. Drive penyimpanan Anda dapat rusak, sekarat, atau memiliki koneksi yang salah. Jika Anda yakin, buka komputer Anda (yang lebih mudah di desktop daripada laptop) dan periksa untuk memastikan kabel hard drive terhubung dengan aman. Terkadang RAM yang salah juga dapat menyebabkan masalah ini, jadi pastikan RAM sudah terpasang dengan benar.

Jika Anda memeriksa koneksi dan semuanya terlihat OK, Anda harus menjalankan beberapa tes diagnostik untuk menentukan apakah suatu komponen sedang sekarat lihatlah Alat Diagnostik Windows untuk Memeriksa Kesehatan PC Anda. Menggantinya harus memperbaiki masalah Anda, tetapi Anda harus berbicara dengan teknisi komputer yang berpengalaman jika Anda tidak dapat menukar komponen sendiri.
Setelah mengesampingkan perangkat keras, instalasi Windows Anda mungkin rusak dengan cara yang tidak dapat diperbaiki oleh utilitas di atas. Dalam hal ini, satu-satunya pilihan Anda adalah menginstal ulang Windows. Ini menyakitkan dan membutuhkan waktu, tetapi tidak seburuk jika Anda memiliki cadangan.

Selesaikan Kesalahan Unmountable Boot Volume untuk yang Baik

Kami telah melihat beberapa langkah untuk menyelesaikan kesalahan kode berhenti Unmountable Boot Volume pada Windows 10. Karena ini biasanya disebabkan oleh korupsi file, menjalankan pemindaian di atas dari disk pemulihan Windows harus memperbaikinya sebagian besar waktu. Tetapi dalam kasus terburuk, Anda harus mendiagnosis perangkat keras Anda atau bahkan menginstal ulang Windows.