Cara Memutar Video Untuk di Tonton di Windows Media Player

Cara Memutar Video di Windows Media Player

Video yang terbalik dapat membuat leher Anda sakit secara harfiah! Video yang direkam dalam mode lansekap sering terlihat seolah-olah dibuat dengan ponsel dalam mode potret. Hasilnya adalah video yang perlu diputar sebelum dapat dilihat.

Meskipun beberapa aplikasi seluler tidak dapat memutar video, bagaimana jika video sudah disinkronkan ke PC Anda? Atau, itu mungkin telah dibagikan dengan Anda tanpa pengirim menyadari itu tidak akan berhasil.

Jadi, bagaimana Anda bisa memutar video di Windows Media Player?

Windows Media Player

Pertama kali diperkenalkan di Windows 3.0, Windows Media Player telah menjadi perlengkapan sistem operasi desktop Microsoft selama 30 tahun. Itu masih tersedia Anda akan menemukannya di Windows 10 dengan mengetuk Mulai dan mencari “windows media”. Jika tidak, Anda dapat mengunduh Windows Media Player 12.

Windows Media Player 12 memiliki dukungan untuk format video H.264 dan MPEG-4 Bagian 2, format wadah MP4 dan MOV, AVCHD, dan beberapa lainnya.

Jadi, ada kemungkinan Anda menggunakan Windows Media Player untuk melihat video Anda. Tetapi apa yang terjadi ketika video telah direkam dalam orientasi yang salah?

Anda Tidak Dapat Memutar Video di Windows Media Player

Sayangnya, Windows Media Player tidak mendukung rotasi video. Dalam keadilan, ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan. Alat-alat lain telah dirilis selama bertahun-tahun yang menawarkan pengalaman media player yang jauh lebih unggul.

Windows Media Player baik untuk pemutaran file video, termasuk standar HD / Blu-ray. Namun, rotasi dan filter lanjutan bukan pilihan dengan alat ini.

PALING VIRAL  √ Ternyata Berbohong Bisa Merusak Otak

Akibatnya, Anda harus menggunakan alat pihak ketiga untuk membalik video Anda.

Memutar Video untuk Windows Media Player

Jika Anda ingin terus menggunakan Windows Media Player, Anda memerlukan aplikasi lain untuk menangani hal-hal seperti memperbaiki dan memutar video.

Tiga opsi utama tersedia untuk memutar video untuk diputar di Windows Media Player:

  • Free Video Flip and Rotate Gratis dari DVDVideoSoft
  • RotateMyVideo di rotatemyvideo.net
  • Media player VLC dari Videolan

Setiap solusi memutar video Anda dengan sedikit kerumitan, menyimpannya dalam format yang dapat diputar Windows Media Player.

(Windows Movie Maker juga dapat memutar video, tetapi karena ini tidak lagi didukung, maka tidak disarankan.)

Balik dan Putar Video Gratis

Cara pertama untuk memutar video untuk pemutaran Windows Media Player adalah dengan Free Video Flip and Rotate.

  • Instal dan klik Add file  (atau seret file video Anda ke jendela aplikasi).
  • Dengan video dipilih, periksa pratinjau di jendela aplikasi utama. Di sebelah kiri adalah tampilan default video dalam kondisi saat ini. Di sebelah kanan, Anda akan melihat pratinjau bagaimana video terlihat setelah diputar.
  • Di bawah video, Anda akan menemukan deretan panah. Tiga yang pertama adalah untuk rotasi (yang lain untuk membalik klip video). Klik salah satu panah untuk memutar video.
  • Pilih format konversi yang benar di tarik-turun di sudut kiri bawah. Untuk Windows Media Player, gunakan MP4. Saat Anda siap, klik Save. Video yang sudah selesai akan diatur ke orientasi yang diinginkan.
PALING VIRAL  Cara Menambah atau Menghapus Fitur Opsional di Windows 11

Cara Memutar Video Secara Online Dengan RotateMyVideo

Jika Anda tidak ingin menginstal alat lain, tetapi ingin tetap menggunakan Windows Media Player (meskipun itu tidak baik untuk memutar video) mengapa tidak menggunakan utilitas online?

RotateMyVideo memutar dan membalik video Anda, memungkinkan Anda mengunduh hasilnya ke PC Anda. Anda juga dapat membagikannya di Facebook atau YouTube atau mengunduhnya ke ponsel Anda.

Pengguna Windows harus mengunjungi situs dan klik tombol Pick Video. Pilih video yang ingin Anda putar, lalu tunggu ketika itu diunggah ke situs. Kemudian ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

  • Gunakan panah Rotasi untuk memutar video ke kiri atau kanan, dalam langkah 90 derajat.
  • Ubah rasio jika perlu dan ketika selesai klik Rotate Video.
  • Setelah selesai, klik Download untuk menyimpan video yang diputar ke Windows. Anda kemudian dapat melihatnya di Windows Media Player.

Putar Video Secara Permanen Dengan VLC Media Player

Untuk memutar video dengan pemutar media VLC, mulailah dengan mengunjungi www.videolan.org dan mengunduh aplikasi.
  • Buka video melalui Media > Open File.
  • Untuk memutar video, gunakan  Tools > Effects and Filters kemudianVideo Effects > Geometry.
  • Cari Transform, centang kotak, dan atur kotak drop-down untuk memutar sesuai kebutuhan. Anda dapat memutar video dengan 90, 180, atau 270 derajat.
  • Klik Save, lalu Close untuk menyelesaikan, dan Play untuk melihat video yang diperbaiki.

Sayangnya, ini bukan sementara; itu juga akan memutar semua video berikutnya yang diputar di pemutar media VLC. Karena itu, ingatlah untuk menonaktifkan rotasi dengan mengosongkan kotak centang Transform.

PALING VIRAL  √ Inilah 5 HP Gaming Terbaik Untuk PUBG Gyroscope

Untuk menyimpan rotasi dan melihat video yang diputar di aplikasi yang berbeda seperti Windows Media Player, gunakan alat Convert/Save.

  • Pertama, selesaikan langkah-langkah di atas, lalu buka Media > Convert/Save dan klik Add.
  • Temukan file yang ingin Anda putar, lalu Convert/Save.
  • Di layar berikutnya, cari Profil konversi dan klik Settings (ikon spanner).
  • Dalam Edisi Profil, klik Video Codec > Filters dan periksa Video transformation filter.
  • Klik Save, lalu Start untuk memulai konversi.

Media player VLC akan menampilkan bar untuk menunjukkan kemajuan. Setelah ini selesai, klik Play untuk menikmati video yang diputar.

Dengan file yang disimpan, lihat video yang diputar di Windows Media Player atau pemutar lain pilihan Anda.

Video yang berorientasi salah adalah ketidaknyamanan besar. Daripada memutar layar Anda, atau hidup dengan leher yang buruk, solusi terbaik adalah menggunakan perangkat lunak. Kami telah menawarkan tiga saran untuk memutar video Anda untuk ditonton selanjutnya di Windows Media Player.

Flip dan Rotate Video Gratis adalah utilitas bermanfaat yang dapat diunduh, sementara RotateMyVideo adalah aplikasi web yang praktis. Keduanya dengan mudah memutar video yang direkam pada orientasi yang salah.

Akhirnya, pemutar media VLC juga dapat memutar video di Windows (dan sistem operasi lainnya). Namun, ini juga merupakan media player yang ulung, dan dapat dengan mudah mengganti Windows Media Player.