Cara Menambah Atau Menghapus Program Startup Di Windows 11

Ingin program langsung boot? Apakah ada yang bisa booting padahal seharusnya tidak? Berikut cara memperbaikinya di Windows 11.

Ketika Anda telah menggunakan komputer untuk beberapa waktu, Anda menemukan bahwa proses startup akan melambat secara bertahap. Meskipun Anda menggunakan solid-state drive, Anda akan menemukan bahwa apa yang dulunya hanya membutuhkan satu atau dua detik sekarang membutuhkan lima hingga enam detik.

Meskipun ini tidak banyak waktu jika dibandingkan dengan komputer hard disk drive yang kami miliki di masa lalu, tambahan empat detik berarti Anda sekarang menunggu tiga kali lebih lama ketika Anda tidak menginstal aplikasi apa pun. Jadi apa yang menyebabkan perlambatan ini? Dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya?

Program Startup Yang Memperlambat PC Anda

Saat Anda menambahkan aplikasi dan fitur ke PC Anda, Anda akan melihat bahwa beberapa di antaranya secara otomatis terbuka saat Anda masuk. Ini termasuk layanan cloud, driver keyboard dan mouse, aplikasi perpesanan, dan banyak lagi.

Memiliki aplikasi Anda yang paling sering digunakan tersedia saat Anda menghidupkan komputer Anda berguna. Namun, aplikasi yang tidak benar-benar Anda gunakan yang terbuka saat startup mengurangi waktu bangun PC Anda dan menghabiskan sumber daya komputer yang tidak perlu. Beberapa di antaranya termasuk layanan game, driver yang tidak dibutuhkan, dan bahkan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

PALING VIRAL  Cara Mengatur Playlist Spotify Sebagai Alarm di Android Anda

Jadi bagaimana Anda bisa menghindari ini? Dengan mengontrol aplikasi mana yang terbuka dan aplikasi mana yang tetap tertutup saat Anda memulai komputer.

Cara Menghapus Program Startup di Windows 11

Untuk menghentikan aplikasi agar tidak terbuka saat Anda masuk, Anda harus pergi ke pengaturan komputer Anda. Pertama, klik tombol Start Menu, lalu klik ikon Gear di sebelah Tombol Power. Atau, Anda dapat mengklik All apps di sudut kanan atas Start Menu Anda, pergi ke S untuk mencari Settings.

Setelah jendela Pengaturan terbuka, buka Apps di menu sebelah kiri. Di jendela Aplikasi utama, buka Startup. Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi yang diluncurkan saat Anda masuk. Pilih aplikasi yang tidak Anda gunakan dari daftar, lalu klik penggeser di kolom kanan untuk mematikannya.

PALING VIRAL  √ Inilah 5 HP Murah Dengan Memori Internal 128 GB

Setelah selesai, aplikasi yang Anda pilih untuk tidak memulai tidak akan terbuka lagi setelah Anda masuk. Ini akan membuat komputer Anda boot lebih cepat dan menghapus aplikasi yang tidak perlu dalam proses boot.

Tetapi bagaimana jika Anda membuka PC hanya untuk satu tujuan? Dan membuka aplikasi di awal akan menghemat waktu Anda, tetapi tidak tercantum dalam opsi Startup. Apa yang bisa Anda lakukan?

Cara Menambahkan Program Startup ke PC Windows 11 Anda

Anda dapat menambahkan program yang ingin Anda buka secara otomatis di folder Startup Start Menu Anda. Itu tidak mudah diakses, jadi Anda harus menggunakan tombol Windows + R untuk membuka Run. Anda kemudian perlu mengetikkan shell:startup di bidang teks dan tekan OK.

Jendela file explorer baru bernama Startup akan muncul. Anda kemudian perlu menavigasi ke file eksekusi program yang ingin Anda luncurkan secara otomatis. Klik kanan pada program, pilih Show more options, lalu pilih Create shortcut dari menu konteks lama.

Setelah Anda membuat pintasan, pindahkan ke folder Startup. Komputer Anda kemudian akan secara otomatis membuka aplikasi yang telah Anda tambahkan ke folder itu setiap kali Anda masuk, sehingga menghemat waktu dan tenaga Anda.

PALING VIRAL  9 Aplikasi Apple Watch Yang Tidak Membutuhkan iPhone di Sekitarnya

Menjadi Lebih Efisien di Windows 11

Dengan mengontrol aplikasi mana yang terbuka secara otomatis dan aplikasi mana yang tetap tertutup saat Anda masuk pada hari itu, Anda dapat membuat diri Anda atau komputer Anda lebih efisien. Karena aplikasi yang tidak perlu tidak terbuka di awal dan tidak tetap berjalan di latar belakang, Anda dapat menghemat sumber daya komputer, memungkinkannya berjalan lebih cepat.

Atau, dengan secara otomatis meluncurkan aplikasi yang Anda perlukan untuk hari itu, Anda tidak lagi harus mencari setiap aplikasi satu per satu di menu mulai untuk membukanya. Yang Anda butuhkan hanyalah menyimpan pintasan mereka ke folder Startup Anda, dan komputer akan membukanya untuk Anda di awal hari.

Dengan mengontrol otomatisasi komputer, kini Anda dapat membuat diri Anda lebih efektif, memungkinkan Anda melakukan lebih banyak setiap hari.