Cara Menambahkan Musik ke Video YouTube

Perlu menambahkan musik ke video YouTube Anda? Manfaatkan koleksi musik bebas hak cipta di YouTube Studio.

Sebagai pembuat konten YouTube, terkadang Anda mungkin ingin menambahkan sentuhan inspirasi musik ekstra ke video Anda.

Meskipun Anda dapat melakukannya dengan aplikasi pihak ketiga sebelum mengunggah video, Anda berisiko melanggar persyaratan hak cipta YouTube. Ini karena aplikasi pihak ketiga tidak memberi tahu Anda lagu mana yang ditandai oleh YouTube karena melanggar aturan hak ciptanya.

Setelah YouTube mengidentifikasi pelanggaran semacam itu, itu berarti Anda tidak dapat memonetisasi video yang terpengaruh. Jika Anda ingin mencegahnya, opsi terbaik adalah menggunakan editor YouTube Studio bawaan untuk menambahkan musik yang direkomendasikan ke video Anda.

Cara Menambahkan Musik ke Video YouTube Anda

Menambahkan musik bebas hak cipta ke video YouTube mudah dilakukan saat Anda menggunakan YouTube Studio. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat melakukannya hanya dalam beberapa langkah yang diuraikan di bawah ini.

PALING VIRAL  10 Aplikasi Seluler Penting Untuk Pengembara Digital (Digital Nomad)

Simpan Atau Jadwalkan Video Anda

Jika Anda sudah memublikasikan, menjadwalkan, atau menyimpan video Anda secara pribadi, abaikan langkah-langkah berikut, dan lompat ke langkah berikutnya di bawah. Jika tidak, Anda dapat terus mengikuti.

Setelah masuk ke akun YouTube Anda, buka halaman YouTube Studio. Atau, Anda dapat mengklik ikon tiga menu di pojok kiri atas halaman beranda YouTube, lalu memilih Video Anda untuk memuat halaman beranda YouTube Studio.

Saat Anda membuka YouTube Studio, klik Buat di pojok kanan atas aplikasi web untuk mengupload video baru jika Anda belum melakukannya.

Selama proses pengunggahan, centang opsi Pribadi atau Private setelah Anda mencapai langkah Visibility, dan klik Save.

Sebagai alternatif, Anda dapat menjadwalkan konten untuk diterbitkan nanti dengan mencentang opsi Schedule, lalu mengklik Save. Melakukan hal ini memastikan bahwa video Anda hanya tersedia untuk publik pada tanggal dan waktu tertentu, idealnya setelah Anda menambahkan audio.

Namun, untuk mengedit video yang telah Anda simpan sebagai draf, klik opsi Content di sidebar kiri YouTube Studio untuk memuat video Anda.

Setelah konten Anda muncul, klik draf video untuk membukanya untuk diedit. Kemudian, buka opsi Visibility untuk menyimpannya sebagai video pribadi atau jadwalkan untuk diterbitkan nanti.

PALING VIRAL  Cara buat aplikasi android counter dengan javascript code webview

Langkah-langkah di atas diperlukan karena menyimpan video sebagai draf tidak memberi Anda akses untuk mengeditnya melalui editor bawaan YouTube Studio.

Namun, mencentang opsi Private atau menjadwalkan video akan menjauhkannya dari tampilan publik dan memberi Anda akses ke editor. Ini memungkinkan Anda menambahkan musik sebelum pemirsa dapat melihat video Anda.

Akses Perpustakaan Musik

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, klik pada video yang ingin Anda ubah. Di sidebar kiri, klik Editor untuk mulai mengedit video.

Setelah editor video muncul, lihat ke sudut kiri bawah video. Klik pada tanda plus di sebelah kanan ikon musik untuk memuat perpustakaan musik bawaan.

PALING VIRAL  10 Aplikasi Seluler Yang Mengajari Pemula Cara Memasak

Anda mungkin ingin mendengarkan musik sebelum menambahkannya ke video Anda. Untuk melakukan itu, klik simbol putar di sebelah kiri musik yang ingin Anda tambahkan.

Setelah Anda puas dengan musiknya dan ingin menggunakannya dalam video Anda, arahkan kursor ke atasnya dan klik Add untuk menambahkannya ke video Anda.

Anda juga dapat mengunduh musik bebas hak cipta untuk digunakan nanti dengan mengklik opsi Audio library di sudut kanan atas perpustakaan musik. Di halaman berikutnya, arahkan mouse Anda ke klip audio apa pun dan klik Download untuk menyimpannya di penyimpanan lokal Anda.

Memanfaatkan YouTube Studio Sepenuhnya

Menambahkan audio bebas hak cipta ke video YouTube Anda tidak pernah semudah ini. YouTube Studio memiliki banyak fitur bawaan yang memungkinkan pembuat konten melakukan pengeditan video secara langsung di salurannya.

Dengan YouTube Studio, pemilik saluran dapat memangkas, menggabungkan, dan mengaburkan elemen video, serta menambahkan audio gratis yang direkomendasikan YouTube ke konten mereka.