Cara Mudah Menanam Anggrek Agar Cepat Tumbuh

Cara Menanam Anggrek – Bunga anggrek sampai sekarang masih menjadi primadona banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Warnanya yang beragam dan cantik membuat bunga ini sedap dipandang. Keberadaan bunga anggrek juga bisa menambah nilai estetika suatu tempat. Dari generasi ke generasi, popularitas bunga anggrek cukup bisa bertahan.

Tutorial Cara Menanam Anggrek Dirumah

Bunga Anggrek

Tingginya minat terhadap bunga anggrek membuat banyak orang menekuninya sebagai ladang bisnis. Namun tentu bukan perkara mudah untuk membudidayakan bunga yang satu ini. Perlu banyak wawasan dan pengetahuan khusus terutama bagi pemula yang ingin membudidayakan bunga anggrek. Pastikan melakukan langkah-langkah yang benar berikut ini dalam menanam bunga anggrek agar bisa tumbuh dengan subur.

Persiapkan Bibit Anggrek

Bibit Anggrek Bulan

Langkah pertama dalam cara menanam bunga anggrek tentu dengan memilih bibit anggrek terlebih dahulu. Namun Anda tentu harus paham dulu tentang jenis bunga anggrek. Sebagaimana yang diketahui bahwa bunga ini memiliki jenis terbanyak di antara bunga lainnya. Terdapat lebih dari 26 ribu jenis bunga anggrek dari seluruh dunia. Sementara di Indonesia sendiri, ada 5 ribu jenis anggrek yang tersebar di berbagai wilayah.

Beberapa jenis bunga anggrek sangat mudah ditemukan, seperti anggrek bulan dengan warna putih bersih dan anggrek dendrobium dengan perpaduan warna putih dan ungu yang cantik. Sementara beberapa jenis bunga anggrek diketahui sebagai jenis yang langka. Itu artinya anggrek dari jenis langka itu tidak mudah ditemukan dan hanya tumbuh di tempat tertentu. Jenis yang termasuk anggrek langka seperti anggrek hartinah dan anggrek hitam.

Setelah menentukan jenis anggrek apa yang ingin ditanam, Anda pun harus tahu bagaimana cara mendapatkan bibit itu. Anda bisa melakukan pembibitan melalui dua metode yaitu generatif dan vegetatif. Pembibitan anggrek secara vegetatif dilakukan dengan penyiapkan pot penampungan bibit. Bibit kemudian dipisahkan dari indukan yang sudah memiliki tunas. Tunas yang akan dijadikan bibit harus yang sudah memiliki akar kuat dan banyak.

Pembibitan anggrek secara generatif tergolong sulit dan butuh waktu lama. Cara ini tidak disarankan bagi pemula. Cara ini dilakukan dengan menyemai biji anggrek. Suhu dan temperatur tempat penyemaian harus selalu diperhatikan. Bibit bunga anggrek bisa gagal tumbuh jika kondisi lingkungan tidak mendukung. Bahkan cara ini rentan membuat tanaman mati apabila belum banyak pengalaman.

Waktu pembibitan secara generatif kurang lebih selama 3 bulan. Pada usia tersebut, bibit bunga anggrek sudah bisa dipindahkan ke pot. Di usia itu juga, bibit anggrek biasanya sudah siap dijual di pasaran. Anda bisa memilih cara menanam bunga anggrek dengan pembibitan melalui metode apa saja yang paling mudah dilakukan. Jika Anda termasuk yang tidak mau repot, Anda bisa mendapatkan bibit anggrek di penjual.

Persiapkan Media Tanam Anggrek

Media Tanam Anggrek

Anggrek termasuk tanaman bunga yang spesial karena tidak hanya bisa ditanam di tanah. Ada beberapa jenis media yang bisa digunakan untuk menanam anggrek. Setiap media tanam anggrek memiliki kelemahan dan kelebihan. Pastikan memilih media tanam yang tepat untuk bunga anggrek agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Kenali juga perawatan untuk setiap jenis media tanam bunga anggrek.

Salah satu jenis media tanam anggrek yang banyak digunakan adalah sabut kelapa. Media ini memiliki daya tampung air yang sangat baik. Dalam sabut kelapa juga banyak terdapat unsur hara yang bisa mendukung pertumbuhan anggrek. Sabut kelapa yang bagus untuk media tanam bunga anggrek yaitu yang berasal dari kelapa tua. Media tanam berupa sabut kelapa sebaiknya ditempatkan di area yang sejuk.

Di Indonesia, arang juga menjadi media tanam bunga anggrek yang sering dipakai. Arang memiliki kemampuan mengikat air, tidak mudah lapuk dan tidak mudah ditumbuhi bakteri. Sangat disarankan untuk merendam arang terlebih dahulu pada larutan fungisida untuk menghindari jamur sebelum dipakai. Selain arang, bunga anggrek juga bisa ditanam pada potongan batu atau genteng, serutan kayu hingga pakis.

Pindahkan Bibit Anggrek

Bibit Anggrek Bulan Umur 4 Bulan

Setelah menentukan media tanam untuk bunga anggrek, cara menanam bunga anggrek bisa dilanjutkan memindahkan bibitnya untuk tumbuh lebih besar. Bibit anggrek yang bisa dipindahkan yaitu yang sudah berusia 3 bulan. Saat usia tersebut, bunga anggrek sudah memiliki akar yang lebat dan kuat. Akar tersebut akan mampu menyerap air dengan baik sehingga pertumbuhannya tidak terganggu serta berguna untuk menyerap unsur hara.

Penempatan bibit anggrek yang sudah berada pada media tanam juga harus diperhatikan. Media tanam bunga anggrek bisa ditempatkan pada rak khusus bunga. Penempatan juga bisa dilakukan dengan cara digantung. Pastikan tempat untuk menaruh bunga anggrek merupakan tempat yang terbuka dan terang. Namun tempat yang mendapat sinar matahari langsung dan terlalu banyak justru tidak disarankan sebab bisa membuat daun anggrek menguning dan kering.

Pemindahan bibit anggrek ke media tanamnya juga sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Waktu pagi sekitar jam 8 merupakan waktu terbaik karena saat itu matahari belum bersinar terlalu terik. Matahari yang terlalu terik justru tidak baik untuk pertumbuhan bunga anggrek. Masih banyak orang yang mengabaikan tips ini dalam cara menanam bunga anggrek sehingga tanamannya itu tidak tumbuh secara optimal.

Rawat Anggrek dengan Benar

Merawat Anggrek

Tahap awal dalam pembibitan dan pemindahan bibit anggrek merupakan langkah penting untuk menentukan apakah pertumbuhannya akan bagus atau tidak. Setelah melakukan langkah awal yang benar, Anda juga harus memperhatikan cara merawat bunga bernama Orichidaceae itu. Selain soal penempatan yang benar, bunga anggrek juga memerlukan cara penyiraman yang sesuai takaran serta pencegahan dari berbagai penyakit.

Dalam cara menanam anggrek, Anda bisa menempatkan bunga anggrek ini di luar maupun dalam ruangan. Jika diletakkan di luar, hindari sinar matahari langsung apalagi secara terus menerus. Apabila ditempatkan di dalam ruangan, bunga anggrek masih harus tetap mendapat penyinaran yang cukup. Anda bisa memasang lampu di area dekat bunga anggrek untuk menjaganya tetap mekar dan tidak layu.

Penyiraman merupakan tahap penting dalam perawatan bunga anggrek. Penyiraman bisa dilakukan dengan metode spraying atau semprot. Penyemprotan bisa dilakukan mulai bagian

You May Also Like

About the Author: Santo

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *