Cara Menanam Kaktus Koboi Yang Benar

Tanaman Kaktus Koboi – Kaktus koboi merupakan sebuah tanaman kaktus dengan bentuk yang simle, memanjang, serta bercabang. Tanaman ini banyak diburu karena sedang sangat popular digunakan sebagai home dekor.

Cara Budidaya Katus Koboi

Namun, tentu saja jenis kaktus tersebut harus ditanam dengan baik. Berkaitan dengan itu, berikut adalah cara menanam kaktus koboi yang baik dan benar untuk diterapkan di rumah.

Menyiapkan Biji Kaktus

Hal pertama yang disiapkan pada saat akan menanam kaktus adalah bibitnya. Asal dari bibit tersebut berasal dari biji tanaman kaktus sendiri. Biji kaktus bisa didapatkan dengan cara membeli atau mendapatkannya langsung dari tanaman tersebut. Berikut adalah cara untuk menyiapkan biji kaktus sesuai dari mana Anda mendapatkannya.

Membeli Biji Kaktus

Ada banyak kemudahan yang akan didapat jika Anda memilih untuk membeli biji kaktus. Biji ini dapat dibeli di toko yang menyediakan bermacam-macam tanaman dan perlengkapan untuk berkebun. Di samping itu, biji kaktus juga bisa dibeli melalui market place dengan variasi pilihan yang banyak. Biji kaktus yang dibeli ini umumnya sudah dikemas secara rapi dan siap untuk langsung ditanam.

Memetik Polong Biji Dari Tanaman Kaktus

Bagi yang sudah memiliki tanaman kaktus dan berniat membudidayakannya, bisa memperoleh bibit kaktus dari polong tumbuhan tersebut. Polong ini biasanya tumbuh pada bagian cabang kaktus yang sudah berbunga. Anda perlu memetik polong ini terlebih dahulu sebelum mendapatkan biji tumbuhan kaktus.

Cara mengambil polong kaktus adalah dengan memetiknya langsung. Namun, pastikan polong ini sudah matang saat akan dipetik. Selanjutnya, potong polong tersebut mengunakan pisau agar biji kaktus dapat terlihat. Ambil semua biji kaktus yang berada di dalam polong untuk kemudian ditanam.

Menanam Biji Kaktus Pada Tanah Berdaya Serap Tinggi

Tahap kedua yang perlu dilakukan adalah menyiapkan media tanam kaktus koboi. Pertama siapkan wadah yang sudah dalam keadaan bersih untuk menanam kaktus dengan ukuran  tidak terlalu tinggi. Selanjutnya siapkan tanah yang mempunyai daya serap tinggi. Jenis tanah tersebut ditujukan sebagai penyimpan cadangan makanan bagi kaktus koboi.

Proses yang perlu dilakukan adalah memasukkan tanah ke dalam wadah, lalu meggemburkannya secara merata. Penggemburan ini bertujuan agar tanah bisa menyerap air dengan baik. Selanjutnya tebarkan biji kaktus yang sudah disiapkan ke atas permukaan tanah. Tutup biji yang sudah disebar menggunakan lapisan pasir tipis agar kaktus bisa tumbuh dengan lebih mudah.

Sebelum melakukan penanaman, pastikan bahwa tanah yang akan digunakan sudah dalam keadaan dipatsir. Cara yang bisa dilakukan untuk memastikannya adalah mengecek tulisan di kemasan pasir apakah ada tulisan sudah dipatsir. Jika pasir tersebut berasal dari area sekitar rumah, oven terlebih dahulu pada suhu 150 derajat selama kurang lebih setengah jam.

Menutup Wadah Dan Membiarkannya Terpapar Matahari

Cara menanam kaktus koboi yang selanjutnya adalah menuntup wadah dan membiarkannya terkena paparan sinar matahari. Tutup wadah menggunakan alat yang transparan, salah satunya adalah plastik bening. Selanjutnya letakkan wadah media tanam kaktus koboi di tempat dengan paparan sinar matahari yang cukup.

Durasi yang dibutuhkan untuk meletakkan wadah penanaman kaktus di bawah paparan sinar matahari adalah cukup beberapa jam perhari. Hal ini agar biji kaktus tetap mempunyai cadangan makanan dan tidak terkena panas berlebihan. Menutup wadah tanam kaktus menggunakan plastic bening juga memudahkan untuk melakukan pengecekkan tingkat kelembaban.

Memindahkan wadah ke tempat yang terkena paparan matahari membutuhkan jangka waktu cukup lama, yaitu hingga beberapa minggu sampai kaktus beruah jadi kecambah. Kaktus koboi membutuhkan paparan cahaya matahari yang cukup banyak untuk bisa cepat bekecambah. Di samping itu, tetap perhatikan kebutuhan air untuk biji kaktus yang baru ditanam agar nutrisinya bisa terpenuhi.

Letakkan Kaktus Pada Tempat Bersuhu Hangat

Tahapan pananaman kaktus yang berikutnya adalah meletakkannya pada tempat bersuhu cukup hangat. Suhu yang hangat akan membuat kaktus koboi bisa tumbuh dengan lebih baik dan dapat bertahan lama. Kaktus koboi atau yang biasa disebut dengan kaktus gurun pada umumnya mampu bertahan hidup pada suhu yang panas sekalipun.

Jaga suhu di dalam rumah agar tetap dalam kondisi hangat dan konsisten agar kaktus koboi bisa bertahan hidup lebih lama. Tanaman hias ini akan selalu terlihat segar jika kondisi di sekitarnya dalam keadaan cukup hangat.

Melakukan Pemupukan

Pemupukan merupakan tahap yang tidak boleh ddilewatkan dalam tahapan cara menanam kaktus koboi. Proses pemupukan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman hias tersebut. Proses pemupukan tanaman kaktus koboi harus dilakukan dengan rutin. Takaran pupuk yang digunakan juga harus ditakar dengan baik, agar tidak berlebihan.

Jenis pupuk untuk kaktus koboi sendiri adalah yang biasa digunakan pada tanaman hias umumnya. Salah satu jenis pupuk tersebut bernama NPK yang bisa dibeli di toko tanaman terdekat, maupun secara online.

You May Also Like

About the Author: Santo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *