Cara Mengakses Menu Diagnostik Rahasia di Ponsel Samsung Anda

Jika Anda memiliki ponsel Samsung, gunakan menu tersembunyi ini untuk menguji apakah semua komponen internal ponsel Anda berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika Anda baru saja membeli smartphone Samsung, atau Anda sedang menyiapkan model lama untuk dijual, Anda pasti ingin tahu semuanya berfungsi sebagaimana mestinya. Ponsel Samsung dikemas dengan fitur dan sensor saat ini, sehingga tidak mudah melacak apa yang berjalan dengan benar dan apa yang tidak.

Di sinilah menu diagnostik tersembunyi Samsung berguna. Fitur rahasia ini, tersimpan di dalam model yang dirilis sejak 2016, meminta Anda memasukkan kode khusus untuk membuka kunci akses ke aplikasi yang memungkinkan Anda menjalankan sejumlah besar diagnostik pada perangkat keras ponsel Anda. Baca terus untuk mengetahui rahasianya!

Mengakses Menu Diagnostik Samsung Tersembunyi

Mengakses menu diagnostik adalah proses yang sederhana dan harus tersedia bagi siapa saja yang memiliki ponsel Samsung yang cukup modern. Ada laporan bahwa operator seperti Verizon dan Sprint memblokir fitur diagnostik beberapa tahun yang lalu. Jika Anda berada di bawah salah satu paket mereka dan tidak dapat mengaksesnya, ini mungkin masalahnya. Namun, untungnya, pengguna menyarankan Sprint sejak itu mengurangi pemblokiran fitur berbasis kode pada model yang lebih baru.

Kami telah mengujinya sendiri di Samsung Galaxy Z Fold 3. Karena Fold 3 memiliki beberapa fitur unik untuk diuji, ingatlah bahwa apa yang Anda lihat di tangkapan layar di bawah ini mungkin tidak sama persis dengan apa yang Anda lihat di ponsel Anda. Menu hanya akan memungkinkan Anda menguji fitur yang didukung perangkat Anda. Jadi, jika Anda tahu ponsel Anda tidak mendukung S-Pen, misalnya, Anda tidak akan melihat tombol itu saat Anda memuatnya.

PALING VIRAL  √ Inilah 5 HP 2 Jutaan Terbaik Untuk Konten Kreator

Meluncurkan diagnostik itu mudah: cukup buka aplikasi Telepon Anda dan ketik *#0*#. Telepon harus segera membuka menu diagnostik, yang ditunjukkan di bawah ini. Keluar dari menu bisa sedikit lebih rumit, mengingat menu ini menonaktifkan beberapa fungsi gesek yang biasa Anda lakukan. Menahan tombol Power dan menekan ikon Home berfungsi dengan baik untuk keluar.

Kami telah membahas beberapa alat paling berguna yang ditawarkan di menu diagnostik Samsung di bawah ini.

Penjelasan Alat Diagnostik Samsung

Meskipun Anda dapat menemukan sebagian besar alat-alat ini di aplikasi diagnostik lain di Play Store, sangat berguna untuk mengumpulkannya di bawah satu utilitas bawaan, ditambah tidak ada salahnya bahwa ini adalah diagnostik pilihan Samsung. Anda akan mendapatkan indikasi yang jelas tentang sensor mana yang berfungsi dan mana yang tidak dengan mengujinya di menu ini.

Akselerometer

Accelerometer telah menjadi bagian besar dari smartphone modern. Banyak aplikasi menggunakan atau mengandalkannya, seperti Sistem Peringatan Gempa Android. Menu diagnostik Samsung memungkinkan Anda menguji fungsionalitas dan pembaruan akselerometer secara real-time di menu Sensor, yang menunjukkan bagaimana ponsel Anda memproses gerakan. Anda dapat membaca informasi ini dalam bentuk mentahnya atau menjalankan tes untuk menghasilkan grafik yang lebih mudah dibaca.

Anehnya, Anda juga memiliki opsi untuk menjalankan tes gambar pada akselerometer. Jika Anda menjalankan ini, Anda akan melihat data yang sama ditampilkan di menu Sensor, disertai dengan gambar anjing yang sangat terdistorsi. Ini memungkinkan Anda menguji transisi layar potret ke lanskap dan saat akselerometer memilih untuk membuatnya.

Sensor Sidik Jari (Fingerprint Sensor)

Teknologi sidik jari telah menambahkan tingkat keamanan ekstra ke smartphone modern, di samping kode PIN standar dan opsi pengenalan wajah. Menu Sensor juga memungkinkan Anda menguji teknologi di balik pembaca sidik jari Anda. Ini memberikan informasi tentang perangkat keras yang digunakan, serta bagan lulus/gagal terhadap tingkat fungsionalitas.

Kami menjalankan dua tes untuk menunjukkan apa yang ditunjukkan oleh diagnostik. Pada bagian pertama, kami menjalankan tes menggunakan pemindai sidik jari sebagaimana mestinya, dengan jari Anda menempel padanya, yang memberi kami umpan di seluruh papan. Namun, menjalankan sisanya dengan jari yang tidak terdaftar pada sensor berakhir dengan status gagal yang terlihat pada tangkapan layar terakhir.

PALING VIRAL  3 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Kesalahan/Error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows 10

Jika Anda terus-menerus mendapatkan pembacaan ini saat menggunakan pemindai dengan benar, itu mungkin pertanda Anda mengalami masalah perangkat keras.

Screen Color (RGB) Checker

Panel diagnostik Samsung membuat pengujian keluaran warna ponsel Anda menjadi sederhana, menawarkan pilihan Red, Green, dan Blue di bagian atas menu. Seluruh layar Anda akan berubah menjadi warna yang Anda pilih, yang akan membantu Anda menemukan area di mana tampilan terlihat tidak konsisten atau pudar.

Setiap opsi harus membuat satu blok warna, membuat cacat apa pun tidak dapat dihindari. Ini juga akan membantu Anda menemukan piksel yang macet atau layar terbakar, yang seringkali tidak sedap dipandang. Memilih palet warna keempat, Black, terkadang dapat membantu membalikkan efek burn-in sebelum menjadi permanen, Memperhatikan tanda-tanda awal menggunakan diagnostik dapat menyelamatkan Anda dari mengirim telepon Anda untuk diperbaiki.

Grip Sensor

Karena itu bukan fitur dengan manfaat yang jelas, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa smartphone sering mengandung sensor pegangan. Beberapa ponsel telah bereksperimen dengan gerakan meremas, memungkinkan Anda untuk membuka Asisten Google dengan meremas perangkat Anda, tetapi itu bukan fitur yang menonjol di semua ponsel.

Namun, sensor pegangan masih membantu. Misalnya, ini dapat mendeteksi cara Anda memegang ponsel untuk mengganti antena dan mencegah tangan Anda memblokir atau melemahkan sinyal.

Panel diagnostik Samsung memberi Anda cara mudah untuk memeriksa apakah fitur pegangan ponsel Anda berfungsi seperti yang diharapkan. Memilih GripSensor akan membuka menu yang terlihat di atas, yang mendeteksi dan menampilkan sensor pegangan ponsel Anda. Menekan ponsel Anda akan membuat perangkat bergetar, sementara sensor yang diaktifkan akan berkedip biru di layar untuk menunjukkan semuanya berfungsi dengan baik.

PALING VIRAL  12 Fitur Aksesibilitas iPhone Yang Berguna Sangat Layak Dicoba

S-Pen Functionality

Ada banyak alasan untuk menggunakan stylus dengan ponsel cerdas Anda, mulai dari menulis dan mencoret-coret hingga mengedit foto, terutama pada perangkat yang lebih besar seperti seri Note. Namun, mereka masih relatif niche, jadi Anda hanya akan melihat entri diagnostik S-Pen jika ponsel Anda mendukungnya.

Jika ya, Anda mungkin ingin memastikan pena dikalibrasi dengan benar sebelum terlalu bersemangat menggunakannya.

Opsi di sini cukup mudah. Di menu S-Pen, S-Pen Draw akan menampilkan layar yang ditunjukkan di atas untuk menguji kalibrasi Anda. Mencoba menggambar garis lurus melalui kotak akan dengan cepat menunjukkan kepada Anda apakah pena Anda melacak dengan benar. S-Pen Hover, sementara itu, memungkinkan Anda memeriksa bahwa setiap klik yang Anda lakukan saat mengarahkan pena di atas layar mendaftar di tempat yang ditunjukkan.

Diagnostik Samsung Anda Untuk Perangkat Yang Sehat

Panel diagnostik Samsung adalah alat luar biasa untuk memastikan semua komponen internal ponsel Anda berfungsi sebagaimana mestinya. Jika Anda baru saja membeli perangkat Anda, Anda ingin tahu bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Dan jika Anda menjualnya, kemungkinan besar pembeli ingin mengetahui hal yang sama.

Mengingat kode bagus ini bisa berguna jika masalah perangkat keras muncul, dan akan memberi Anda sedikit wawasan tentang apa yang terjadi. Ini tidak akan menjadi solusi untuk setiap masalah yang Anda miliki, tetapi ini akan membantu Anda mengidentifikasi penyebabnya dan menemukan aplikasi diagnostik spesifik yang tepat dengan jawaban yang Anda cari.