Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Pesawat di Windows 11

Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat di Windows 11.

Jika Anda perlu memutuskan semua komunikasi nirkabel di komputer Anda, Airplane Mode pada Windows 11 adalah cara yang fantastis untuk melakukan ini. Misalnya, jika Anda sedang dalam penerbangan dengan laptop Anda, aturan mengharuskan komputer Anda dalam mode pesawat selama seluruh durasi penerbangan Anda. Ini memastikan tidak ada gangguan pada sistem komunikasi pesawat.

Jika Anda memiliki PC Windows 11 dan tidak tahu cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat, maka artikel ini adalah yang Anda butuhkan. Baca terus untuk mengetahui berbagai cara Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat di komputer Anda.

Bagaimana Cara Kerja Mode Pesawat

Jika mode pesawat di perangkat Anda aktif, itu berarti Anda tidak dapat mengakses koneksi seperti Bluetooth, jaringan seluler, atau bahkan Wi-Fi. Meskipun masih ada perdebatan tentang apakah transmisi tersebut mempengaruhi pesawat atau tidak, maskapai memilih untuk tidak mengambil risiko dan mengharapkan penumpang mereka untuk memiliki perangkat elektronik mereka pada mode penerbangan setiap saat.

PALING VIRAL  10 Template Microsoft Excel Yang Sangat Berguna Untuk Mengatur Hidup Anda

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Pesawat Menggunakan Tombol Fisik

Sebagian besar laptop saat ini hadir dengan tombol fisik khusus yang mengaktifkan atau menonaktifkan mode pesawat. Tergantung pada komputer Anda, itu bisa berupa tombol atau tombol pada keyboard desktop Anda. Di beberapa perangkat, ini adalah sakelar di sisi laptop Anda.

Untuk menemukan tombol atau tombol ini, cari “i” atau menara radio yang dikelilingi oleh ombak atau gambar pesawat. Anda kemudian perlu menekan tombol itu untuk mengaktifkan mode pesawat di perangkat Anda.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Pesawat di Pengaturan Cepat

Menu Pengaturan Cepat atau Quick Settings adalah salah satu cara tercepat untuk mengaktifkan mode pesawat di PC Windows 11 Anda. Untuk melakukan ini, klik ikon Wi-Fi di sudut kanan taskbar Anda. Pada menu pop-up, klik Airplane Mode button.

Aktifkan atau Nonaktifkan Mode Pesawat di Pengaturan

Opsi lain untuk mengaktifkan mode pesawat di komputer Anda adalah melakukannya di aplikasi pengaturan Windows.

Tekan tombol Windows + I pada keyboard Anda untuk membuka Jendela Settings.

Sekarang, klik Network & Internet.

Anda kemudian dapat mengaktifkan mode pesawat dengan mengklik sakelar di sebelah opsi Airplane Mode.

PALING VIRAL  Cara Menghapus Instalasi Skype for Business di Windows 10

Pintasan Keyboard untuk Mengaktifkan atau Menonaktifkan Mode Pesawat

Jika Anda ingin menggunakan keyboard untuk mengaktifkan mode pesawat di PC Windows 11, Anda dapat, Untuk memulai, tekan tombol Windows + A untuk membuka Action Center, lalu klik ikon Mode pesawat yang akan Anda temukan di sana.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Windows Tidak Dapat Menonaktifkan Mode Pesawat

Jadi, Anda telah mencoba mematikan mode pesawat di komputer Anda tetapi tidak berhasil? Ini dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti malfungsi perangkat lunak atau masalah dengan tombol pada keyboard Anda. Apa pun penyebabnya, berikut beberapa hal yang harus Anda coba jika komputer Anda tidak dapat menonaktifkan mode pesawat.

Hidupkan Kembali Komputer Anda

Yah, ini mungkin tampak agak jelas dan tidak rumit, tetapi sering kali berhasil. Jika komputer Anda memiliki masalah teknis kecil yang tidak dapat Anda atasi, coba reboot dan ulangi prosesnya. Jika mode pesawat macet, mulai ulang perangkat Anda dan coba nonaktifkan mode pesawat lagi.

Nonaktifkan dan Aktifkan Sakelar Mode Pesawat

Cari melalui komputer Anda di bawah Device Manager untuk perangkat Airplane Mode Switch Collection. Disable, lalu enable lagi. Ini akan berfungsi untuk menyegarkan Windows 11 dan membuat sakelar Mode Pesawat berfungsi sebagaimana mestinya.

Instal ulang Perangkat Jaringan

Perangkat Anda mungkin tidak dapat menonaktifkan mode pesawat karena ada masalah dengan perangkat jaringannya. Untuk mengatasi masalah seperti itu, Anda harus menghapus instalan perangkat jaringan. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah me-reboot komputer Anda. Ini akan menginstal ulang perangkat secara otomatis, sehingga mengembalikan fungsionalitas.

PALING VIRAL  √ Cara Membuat Animasi Charging keren di Android

Memecahkan masalah dan Memperbaiki

Jika Anda mencari perbaikan otomatis yang lebih cepat, maka Anda mungkin ingin menggunakan pemecah masalah komputer untuk masalah Anda. Untuk melakukan ini;

  • Buka Settings > System > Troubleshoot >Other troubleshooters.
  • Pada bagian Network Adapters, klik Run.

Perbarui Driver Anda

Salah satu penyebab paling umum dari mode pesawat macet adalah driver jaringan yang hilang atau rusak. Untuk memperbaikinya, instal driver baru ke komputer Anda dan gunakan alat pembaruan driver untuk memastikan semuanya berfungsi dan dalam kondisi prima.

Setel Ulang Perangkat Anda

Jika semua cara lain gagal, coba pulihkan Windows 11 Anda ke pengaturan pabriknya. Memulihkan perangkat Anda ke pengaturan pabriknya akan membatalkan gangguan apa pun dengan perangkat lunak Anda atau pengaturan salah lainnya yang mungkin telah Anda aktifkan dengan atau tanpa maksud.

Konsultasikan Manual Anda Terlebih Dahulu

Meskipun langkah-langkah ini berfungsi untuk sebagian besar perangkat Windows 11, Anda harus tahu bahwa merek dan model yang berbeda mungkin memiliki petunjuk unik yang harus Anda ikuti. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah membaca manual Anda untuk memastikan tentang tombol apa yang paling cocok untuk perangkat Anda.