Cara Mengaktifkan TPM dan Secure Boot Sebelum Meng-upgrade ke Windows 11

Ingin mengupgrade ke Windows 11? Anda mungkin perlu mengaktifkan pengaturan sistem ini terlebih dahulu.

Mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke Windows 11? Ada beberapa hal yang mungkin menghentikan Anda.

Pertama, perangkat keras fisik Anda. Jika Anda tidak menggunakan seri AMD Ryzen 3000 atau CPU Intel 7th Gen atau lebih baik, jalur peningkatan otomatis tidak akan berfungsi.

Kedua, jika komputer Anda tidak mendukung Secure Boot dan TPM, Anda juga akan jatuh pada rintangan pertama. Namun, semua tidak hilang karena Anda dapat mengaktifkan Secure Boot dan TPM dari menu BIOS/UEFI Anda.

Jadi, baca terus untuk mempelajari cara mengaktifkan Secure Boot dan TPM untuk mengaktifkan pemutakhiran Windows 11 Anda.

Apa Itu Secure Boot dan TPM

Trusted Module Platform (TPM) adalah solusi keamanan tingkat perangkat keras yang melindungi data Anda dari peretasan dan pelanggaran data lainnya. TPM menyimpan kunci enkripsi unik yang disimpan sedemikian rupa sehingga hampir tidak mungkin diakses oleh peretas. Jika seseorang melanggar komputer Anda dan data Anda dienkripsi, itu akan tetap aman.

Persyaratan yang direkomendasikan Microsoft untuk Windows 11 mencantumkan TMP 2.0, meskipun Anda masih dapat memutakhirkan menggunakan versi sebelumnya, TPM 1.2, yang merupakan persyaratan minimum.

Seiring dengan TPM 2.0, Microsoft juga mengharuskan Anda untuk mengaktifkan Secure Boot, pengaturan keamanan tingkat UEFI yang menghentikan sistem operasi yang tidak sah dari boot. Secure Boot secara efektif adalah penjaga gerbang, menghentikan kode berbahaya dari boot sebelum sistem Anda dan tujuan utamanya adalah untuk melindungi dari rootkit, bootkit, dan kode berbahaya lainnya.

Tetapi juga memiliki beberapa efek samping. Misalnya, Secure Boot akan menghentikan Anda mem-boot ganda banyak distribusi Linux, yang menyebabkan banyak pengguna menonaktifkan Secure Boot.

Di atas dua fitur penting tersebut, Windows 11 hadir dengan persyaratan perangkat keras tertentu, dengan Microsoft memilih untuk memblokir jalur peningkatan otomatis untuk jutaan pengguna. Jika Anda menggunakan Windows 10 pada seri AMD Ryzen 3000 atau lebih baru, atau CPU Intel 7th Gen atau lebih baru, Anda dapat memutakhirkan ke Windows 11 secara langsung.

PALING VIRAL  10 Cara Untuk Mendapatkan Banyak Penggemar dan Pengikut di TikTok.

Namun, jika tidak, Anda harus memilih instalasi bersih Windows 11. Instalasi Windows 11 yang bersih akan berfungsi pada sebagian besar perangkat keras, tetapi disertai dengan peringatan. Khususnya, Microsoft telah berulang kali menyatakan bahwa itu tidak akan memberikan pembaruan untuk instalasi Windows 11 pada perangkat keras yang “tidak didukung”, jadi Anda menginstal dengan risiko Anda sendiri.

Cara Mengaktifkan TPM dan Secure Boot

Platform Modul Tepercaya dan Secure Boot ditemukan di pengaturan UEFI Anda. Anda harus memasukkan UEFI sistem untuk mengaktifkannya sebelum mencoba meningkatkan ke Windows 11. Kedua pengaturan ditemukan di area yang sama, tetapi kami akan membagi langkah-langkahnya menjadi tiga bagian untuk kemudahan membaca.

Cara Masuk BIOS/UEFI Anda

Ada beberapa cara untuk masuk ke BIOS/UEFI sistem Anda. Metode lama yang dicoba dan diuji, mengetuk tombol keyboard saat boot masih berfungsi, tetapi Anda mungkin tidak mendapatkan kesempatan jika boot cepat diaktifkan. Jika layar boot melewati dan Anda berakhir di Windows 10, ada cara lain untuk mengakses BIOS.
  • Buka Settings > Update & Security > Recovery > Restart now.
  • Saat komputer Anda restart, Anda akan melihat layar biru besar dengan beberapa opsi. Pilih Troubleshoot > Advanced Options > UEFI Firmware Settings > Restart.
PALING VIRAL  Kamera iPhone Tidak Bekerja? 7 Masalah Umum dan Cara Memperbaikinya

Ketika komputer restart lagi, Anda harus berada di menu pengaturan BIOS/UEFI Anda.

Cara Mengaktifkan TPM di BIOS/UEFI Anda

Lokasi pengaturan TPM di BIOS Anda akan berbeda tergantung pada pabrikan motherboard Anda. Gambar berikut diambil dari motherboard X570 MSI, meskipun di mana Anda menemukan opsi TPM belum tentu sama.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa TPM mungkin terdaftar dengan nama yang berbeda pada beberapa motherboard, tergantung pada pabrikan CPU Anda:

  • Platform Trust Technology Intel (PTT)
  • AMD fTMP

Jadi, di motherboard saya, opsi TPM dapat ditemukan di Settings > Security > Trusted Computing > TPM Device Selection, di mana saya akan mengaktifkan AMD fTMP.

Setelah diaktifkan, Anda dapat menyimpan pengaturan dan keluar kembali ke Windows 10. Setelah Windows melakukan booting, Anda dapat memeriksa status TPM Anda untuk memastikan semuanya aktif dan berjalan.

Tekan tombol Windows + R untuk membuka dialog Run, lalu masukkan tpm.msc dan tekan Enter. Konsol manajemen TPM akan dimuat, menunjukkan apakah TPM diaktifkan dan jika demikian, versi mana yang Anda gunakan.

Cara Mengaktifkan Secure Boot

Saat Anda berada jauh di dalam pengaturan sistem Anda, luangkan waktu untuk memeriksa apakah Secure Boot diaktifkan.

Seperti opsi TPM, di mana Anda menemukan opsi Secure Boot akan sedikit berbeda, tetapi umumnya terletak di tab Boot. Temukan tab Boot Anda dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi Secure Boot dan pastikan itu diaktifkan.

PALING VIRAL  8 Cara Mudah Mengatasi/Memperbaiki Discord Tidak Bisa Dibuka

Satu hal yang perlu diperhatikan tentang Secure Boot adalah drive Anda harus menggunakan GUID Partition Table (GPT) daripada master boot record (MBR) yang lebih lama. Sebagai tabel partisi yang lebih baru, GPT hadir dengan beberapa peningkatan pada MBR. Jika Secure Boot tidak dapat diaktifkan, Anda mungkin perlu mengonversi drive MBR ke GPT.

Atau, komputer atau perangkat keras Anda mungkin terlalu tua untuk mengaktifkan Secure Boot.

Gunakan Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC Microsoft untuk Memeriksa Apakah Perangkat Keras Anda Kompatibel

Microsoft merekomendasikan untuk menggunakan Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC untuk memeriksa kompatibilitas perangkat keras. Aplikasi Pemeriksaan Kesehatan PC dapat ditemukan di bagian bawah halaman tertaut. Unduh dan jalankan untuk memeriksa kompatibilitas Anda dengan Windows 11.
Atau, Anda dapat melihat WhyNotWin11, alternatif sumber terbuka yang mungkin memberikan wawasan yang lebih mendetail tentang kompatibilitas Windows 11 Anda.

Jadi, begitulah. Anda telah mengaktifkan dua pengaturan paling penting yang akan memblokir jalur pemutakhiran Windows 11 Anda. Setelah diaktifkan dan menganggap Anda menjalankan perangkat keras yang kompatibel, Microsoft akan menawarkan Anda pemutakhiran Windows 11. Untuk memeriksa apakah pemutakhiran Windows 11 Anda sudah siap, buka Settings > Update & Security > Windows Update, di mana Anda akan menemukan tombol pembaruan besar.