Cara Mengatasi Audio dan Video Yang Tidak Sinkron Di Windows

Saat audio dan video tidak sinkron, film dan video sangat sulit untuk ditonton. Berikut cara memperbaiki masalahnya di Windows

Ada beberapa alasan mengapa audio dan video Anda tidak sinkron di Windows. Driver audio lama, pengaturan suara yang tidak sesuai, atau koneksi internet yang lambat semuanya bisa menjadi penyebabnya. Namun, terkadang tidak ada yang salah dengan komputer atau browser Anda, dan layanan streaming yang Anda gunakanlah yang menyebabkan masalah audio-video.

Namun, untuk hal-hal dalam kendali Anda yang dapat Anda perbaiki, panduan kami akan memandu Anda melalui kemungkinan solusi Anda.

Coba Solusi Mudah Ini

Sebelum kita masuk ke PC Anda dan mulai mengubah pengaturannya, coba perbaikan cepat dan mudah ini untuk melihat apakah mereka menyelesaikan masalah:

  • Hidupkan Kembali komputer Anda. Jika Anda belum mematikan komputer Anda dalam beberapa saat, Anda harus me-restart itu. Dengan cara ini, Anda mengizinkannya untuk menghapus memorinya dan mengakhiri beberapa proses yang berjalan di latar belakang.
  • Mulai ulang aplikasi. Coba tutup pemutar multimedia dan luncurkan lagi jika Anda melihat audio dan video tidak sinkron. Selain itu, Anda dapat beralih ke program lain.
  • Periksa berapa banyak sumber daya sistem yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan, hal itu dapat menyebabkan audio dan video menjadi lambat. Buka Task Manager dan periksa penggunaan CPU. Ini biasanya terjadi ketika Anda menginstal perangkat lunak baru, jadi mungkin lebih baik menunggu sampai instalasi selesai.
PALING VIRAL  4 Cara Aman Menjalankan Program dan Aplikasi Yang Mencurigakan di Windows

Jalankan Pemecah Masalah/Troubleshoot Audio

Windows 10 hadir dengan beberapa alat pemecahan masalah bawaan yang dapat Anda gunakan kapan pun Anda mengalami masalah. Jika audio dan video tidak sinkron, Anda harus memberikan kesempatan kepada pemecah masalah Playing Audio untuk memperbaikinya. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Buka menu Start dan buka Settings.
  • Klik Update & Security > Troubleshoot.
  • Pilih Additional troubleshooter.
  • Klik Playing Audio > Run the troubleshooter.

Pemecah masalah sekarang akan memindai komputer Anda untuk masalah apa pun. Setelah mendeteksi mereka, itu akan memperbaikinya secara otomatis.

Periksa Speaker Properties

Ada beberapa pengaturan speaker yang akan menyebabkan audio sistem Anda berhenti bekerja seperti biasa. Misalnya, mode Eksklusif dapat menyebabkan audio beberapa aplikasi lag, membuat audio dan video tidak sinkron. Dengan demikian, mematikannya dapat memperbaiki masalah.

  • Buka Control Panel.
  • Dari menu View by, pilih Small icons atau Large icons.
  • Klik Sound.
  • Pilih perangkat yang sedang Anda gunakan untuk output audio dan klik Properties.
  • Buka tab Advanced.
  • Di bawah Exclusive Mode, hapus centang pada opsi Give exclusive mode applications priority.

Selain itu, mengubah format audio mungkin membantu. Di jendela Speaker Properties, buka tab Advanced seperti yang ditunjukkan di atas dan pilih DVD Quality dari daftar di bawah Default Format. Langkah terakhir untuk mengonfigurasi ulang properti speaker adalah membuka tab Enhancements dan hapus centang pada opsi Disable all sound effects.

Sekarang, klik Apply > OK untuk menyimpan pengaturan speaker baru Anda dan restart komputer Anda.

Kembalikan Pengaturan Default untuk Playback Devices

Jika tidak ada solusi di atas yang membantu Anda memperbaiki masalah audio, Anda dapat mencoba memulihkan pengaturan perangkat pemutaran ke default.

  • Buka Speaker Properties seperti yang ditunjukkan di atas.
  • Buka tab Advanced.
  • Klik tombol Restore Defaults.
  • Hidupkan Kembali komputer Anda.
PALING VIRAL  5 Alternatif Google Lens Terbaik Untuk Android Yang Dapat Anda Gunakan

Perbarui Driver Audio

Biasanya, Windows mendeteksi dan menginstal pembaruan baru sendiri menggunakan perpustakaan driver bersama dengan layanan Pembaruan Windows. Namun, ada kalanya Anda perlu memperbarui driver sistem Anda secara manual. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Pengelola Perangkat untuk memperbaiki driver yang kedaluwarsa atau rusak.

  • Klik kanan Start dan menuju ke Device Manager.
  • Perluas menu Sound, video and game controllers.
  • Buka driver speaker.
  • Pilih tab Driver dan klik Update Driver.

Windows akan memberi tahu Anda jika driver terbaik untuk perangkat Anda sudah diinstal atau jika ada pembaruan yang tersedia.

Ubah Power Plan Anda

Jika Anda menggunakan Balanced power plan atau jika Anda telah mengaktifkan mode Penghemat baterai, ini dapat menyebabkan audio dan video tidak sinkron. Untuk mengubah rencana daya, klik kanan ikon baterai dari bilah tugas dan pilih Power Options. Kemudian, pilih opsi High performance.

Jika Anda ingin mematikan mode Penghemat baterai, buka Settings > System. Dari menu sebelah kiri, buka Battery. Kemudian, matikan sakelar di bawah Battery saver.

Ubah Persentase Status Prosesor Minimum

Jika Anda memutuskan untuk mencoba solusi ini, Anda tidak boleh menggunakannya sebagai perbaikan jangka panjang. Meningkatkan persentase status prosesor Minimum akan menghasilkan lebih banyak panas dan akan mempersingkat masa pakai baterai Anda.

  • Buka Control Panel.
  • Buka Hardware & Sound > Power Options.
  • Klik Change plan settings > Change advanced power settings.
  • Di jendela Power Options, navigasikan ke Processor power management > Minimum processor state.
  • Tetapkan persentase yang lebih tinggi untuk On battery atau Plugged in tergantung pada bagaimana Anda saat ini menggunakan laptop Anda.
  • Klik Apply > OK.
PALING VIRAL  Cara Enkripsi Cadangan iPhone atau iPad Anda

Cara Memperbaiki Audio dan Video Tidak Sinkron Saat Menonton Online

Solusi yang disebutkan di atas akan membantu Anda memperbaiki masalah audio dan video yang tidak sinkron terlepas dari apakah Anda menonton film atau video online atau offline. Jika Anda melihat ini hanya terjadi saat Anda menggunakan layanan streaming online, coba solusi berikut.

Periksa Koneksi Internet Anda

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah koneksi internet Anda atau layanan streaming yang menyebabkan masalah. Anda dapat menguji kecepatan Wi-Fi Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki koneksi yang cepat dan stabil. Atau, Anda dapat menggunakan kabel Ethernet.

Gunakan Browser Lain

Perbaikan cepat untuk solusi ini adalah beralih menggunakan browser lain. Terkadang, browser Anda mungkin mengalami masalah karena cache penuh. Jadi membersihkan cache harus memperbaiki masalah.

Nonaktifkan Akselerasi Perangkat Keras

Terkadang, fitur akselerasi perangkat keras dapat menyebabkan browser Anda lag, freeze, atau bahkan crash. Mematikannya akan memperbaiki masalah sinkronisasi audio dan video.

Jika browser pilihan Anda adalah Google Chrome, buka chrome://settings/system dan matikan sakelar di sebelah Use hardware acceleration when available.

Jika Anda lebih suka Mozilla Firefox, navigasikan ke about:preferences dan gulir ke bawah ke Performance. Di sana, hapus centang pada opsi Use hardware acceleration when available.

Di Microsoft Edge, buka edge://settings/system dan matikan sakelar di sebelah Use hardware acceleration when available.

Dapatkan Sinkronisasi Audio dan Video

Sekarang Anda tahu cara memperbaiki masalah audio dan video yang tidak sinkron. Meskipun mungkin sulit untuk mengidentifikasi penyebab pastinya, dengan sedikit kesabaran Anda akan mengatasinya.

Jika Anda selalu memperbarui komputer dan tidak terlalu gila dalam hal mengonfigurasi pengaturan suara, Anda seharusnya dapat menonton film atau video apa pun tanpa masalah. Juga, koneksi internet yang baik sangat membantu.