Cara Mengatasi iPhone Tidak Terhubung Ke Komputer Anda

Perbaikan bahwa iPhone Anda tidak akan terhubung ke komputer Anda? Berikut adalah panduan pemecahan masalah untuk menghubungkan perangkat Anda kembali.

Jika iPhone Anda tidak dapat terhubung ke komputer Anda, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah yang membuat frustrasi ini. Ini bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti kabel rusak, masalah driver, atau instance iTunes yang bermasalah.

Saat iTunes atau komputer Anda tidak mengenali iPhone Anda, atau jika Anda mendapatkan kesalahan “0xE” atau “tidak dikenal”, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki masalah tersebut.

Periksa Kabel Lighting

Jika kabel Lightning Anda rusak atau berjumbai, ini dapat menyebabkan masalah koneksi dan mengakibatkan iPhone Anda tidak terhubung ke PC Windows atau Mac Anda. Pertama, uji apakah iPhone Anda akan terisi daya saat dicolokkan ke komputer Anda (atau sumber lain seperti stopkontak). Jika tidak mengisi daya, itu pasti kesalahan kabelnya.

Dalam hal ini, coba beralih ke kabel Lightning baru. Jika Anda tidak ingin membeli kabel baru dari Apple, dapatkan kabel Lightning bersertifikasi MFi dari AmazonBasics. Atau, Anda dapat meminjam kabel dari teman Anda untuk menguji apakah kabel Anda buruk.

Coba Port USB Yang Berbeda

Jika bukan kabelnya, mungkin portnya. Sangat mungkin bahwa port USB di komputer Anda berhenti berfungsi.

Untuk mengesampingkan hal ini, coba sambungkan ponsel Anda menggunakan port lain, dengan kabel yang Anda tahu berfungsi. Jika terhubung, Anda memiliki port USB yang buruk di mesin Anda.

Perbarui atau Instal Ulang iTunes

Setelah Anda mengesampingkan masalah kabel dan port USB, masalah Anda mungkin terletak pada perangkat lunak iTunes. Mungkin saja versi iOS di perangkat Anda tidak didukung oleh versi iTunes yang telah Anda instal.

Oleh karena itu, Anda harus memperbarui iTunes untuk menghilangkan bug dan ketidakcocokan perangkat lunak. Di macOS Mojave, iTunes disertakan dengan pembaruan perangkat lunak macOS. Buka System Preferences > Software Update untuk memeriksa dan menginstal pembaruan terbaru. Untuk versi macOS yang lebih lama, buka App Store dan buka bagian Updates untuk memeriksa pembaruan iTunes baru.

PALING VIRAL  Cara Menginstal Windows 11 Enterprise di VirtualBox Anda

Namun, di macOS Catalina dan versi lebih baru, iPhone Anda terhubung ke Mac melalui Finder. Satu-satunya cara untuk memperbarui Finder adalah dengan memperbarui perangkat lunak sistem Mac.

Untuk memperbarui iTunes di PC Windows Anda, buka aplikasi iTunes dan buka Help > Check for Updates. Jika Anda mengunduh iTunes dari Microsoft Store, Anda harus membuka bagian Download and updates Store untuk memeriksa dan menginstal pembaruan iTunes.

Jika Anda menggunakan Windows, Anda juga harus mencoba menginstal ulang iTunes jika pembaruan tidak membuat perbedaan. Buka Settings > Apps > Apps & features dan hapus instalan semua yang terkait dengan iTunes, iCloud, dan Bonjour. Anda kemudian dapat mengunduh salinan baru iTunes dari Microsoft Store atau situs web Apple.

Perbarui PC Windows Anda

Versi terbaru iTunes untuk Windows kompatibel dengan Windows 7 dan lebih tinggi. Jika Anda masih menggunakan versi lama, seperti Windows XP, Anda tidak dapat menggunakan iTunes versi saat ini.

Mungkin juga build Windows Anda memiliki bug yang mencegah iPhone Anda terhubung. Coba instal semua pembaruan yang tersedia untuk Windows (pelajari lebih lanjut di artikel kami tentang mengelola pembaruan Windows). Anda dapat melakukannya dengan memilih Start > Settings > Windows Update.

Meskipun tidak mungkin menjadi masalah dengan sistem modern, Anda juga harus meninjau persyaratan sistem iTunes untuk Windows di situs web Apple untuk memastikan komputer Anda dapat menjalankan iTunes dengan benar.

Perbaiki Masalah Driver di Windows

Jika menerapkan pembaruan Windows tidak menyelesaikan masalah Anda, driver mungkin menjadi penyebab utama masalah Anda. Untuk yang belum tahu, driver bertanggung jawab atas bagaimana perangkat eksternal berkomunikasi dengan PC Windows Anda. Dan jika driver rusak atau ketinggalan jaman, mereka mungkin menghentikan iTunes untuk mengenali iPhone Anda (itulah sebabnya Anda harus mempelajari cara menemukan dan mengganti driver Windows yang sudah ketinggalan zaman).

Ada dua cara untuk memperbaiki masalah ini, tergantung dari mana Anda menginstal iTunes (situs web Apple atau Microsoft Store). Bagaimanapun, Anda perlu menginstal ulang driver USB Perangkat Seluler Apple.

PALING VIRAL  Cara Mematikan Microsoft Defender di Windows 11

Jika Anda Mengunduh iTunes Dari Situs Web Apple

Ikuti langkah ini:

  • Putuskan sambungan iPhone Anda dari komputer.
  • Buka kunci iPhone Anda, buka Layar Utama, dan sambungkan kembali perangkat Anda. Jika iTunes terbuka, keluar dari aplikasi.
  • Buka jendela File Explorer.
  • Di bilah alamat di bagian atas File Explorer, masukkan lokasi berikut dan tekan Enter:
%ProgramFiles%Common FilesAppleMobile Device SupportDrivers
  • Klik kanan pada file usbaapl64.inf atau usbaapl.inf, dan pilih Install.
  • Putuskan sambungan iPhone Anda dan mulai ulang PC Anda. Kemudian, sambungkan kembali dan buka iTunes.
  • Jika Anda Mengunduh iTunes dari Microsoft Store

    Pengguna Windows 10 dan 11 memiliki opsi untuk menginstal iTunes dari Microsoft Store, yang kami sarankan karena membuat pembaruan lebih sederhana. Jika Anda telah menginstal versi Microsoft Store, ikuti petunjuk di bawah ini untuk menginstal ulang driver USB Perangkat Seluler Apple:

    • Putuskan sambungan iPhone Anda, buka kuncinya, lalu sambungkan kembali ke PC Anda. Jika iTunes terbuka, keluar dari aplikasi terlebih dahulu.
    • Klik kanan pada tombol Start dan pilih Device Manager.
    • Temukan dan perluas bagian Portable Devices.
    • Cari iPhone Anda, klik kanan pada perangkat, pilih Update driver, dan pilih Search automatically for updated driver software.
    • Setelah pembaruan selesai, buka Settings > Update & Security > Windows Update, dan pastikan tidak ada pembaruan lain yang tertunda.
    • Buka iTunes dan lihat apakah komputer Anda mengenali iPhone Anda.

    Memecahkan masalah Driver USB Perangkat Seluler Apple

    Jika iPhone Anda tidak dapat terhubung ke komputer Anda bahkan setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda harus memecahkan masalah driver USB Perangkat Seluler Apple lebih lanjut. Untuk melakukan ini:

    • Klik kanan pada tombol Start dan pilih Device Manager.
    • Temukan bagian Universal Serial Bus controllers dan cari Apple Mobile Device USB Driver.
    • Jika Anda tidak melihat drivernya, coba sambungkan iPhone Anda dengan kabel lain atau gunakan PC lain untuk menyinkronkan iPhone Anda.
    • Dengan asumsi Anda melihat driver, periksa untuk melihat apakah aplikasi keamanan pihak ketiga memblokir perangkat Anda agar tidak terhubung. Coba matikan semua alat antivirus dan coba koneksi lagi. Setelah melakukan ini, ada baiknya menginstal ulang file usbaapl64.inf atau usbaapl.inf lagi (seperti yang dibahas di atas).
    PALING VIRAL  8 Aplikasi Seluler Terbaik untuk Belajar Bahasa Mandarin Secara Gratis

    Atur Ulang iPhone dan PC Windows atau Mac Anda

    Jika tidak ada yang berhasil di atas, langkah terakhir adalah mengatur ulang iPhone dan PC Windows atau Mac Anda.

    Untuk mengatur ulang iPhone Anda, buka Settings > General > Transfer or Reset iPhone > Erase All Content and Settings.

    Ini akan menghapus semua data di iPhone Anda. Karena Anda tidak dapat mencadangkan menggunakan iTunes, Anda harus membuat cadangan iCloud sebelum melanjutkan agar tidak kehilangan data apa pun.

    Demikian pula, Anda dapat mengatur ulang PC Windows Anda dengan masuk ke Settings > System > Recovery > Reset PC. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan reset pabrik Windows kami. Sekali lagi, pastikan untuk membuat cadangan sebelum melakukan ini karena hal itu akan menghapus semua data di mesin Anda. Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat menggunakan Pemulihan macOS untuk mengatur ulang macOS ke default pabrik.

    Hubungi Dukungan Apple

    Jika masalah berlanjut, Anda harus menghubungi Dukungan Apple. Gunakan halaman Dukungan Apple untuk berbicara dengan perwakilan layanan pelanggan dan meminta bantuan.

    Gunakan Alternatif iTunes

    Jika iTunes atau Finder terus gagal mengenali iPhone Anda, Anda mungkin ingin menggunakan pengelola iPhone pihak ketiga untuk menyelaraskan iPhone Anda.

    Dalam beberapa kasus, aplikasi seperti iMazing menawarkan fitur yang lebih baik, seperti sinkronisasi dua arah, pencadangan sekali klik dari perangkat apa pun, dan banyak lagi. Anda juga dapat secara selektif menyinkronkan item individual seperti foto dan musik.

    Unduh: iMazing (Gratis, tersedia versi premium)

    Gunakan iPhone dan Mac Anda Bersama

    Semoga solusi di atas memperbaiki masalah Anda dan Anda kembali menggunakan iPhone dengan Mac atau PC Anda. Jika tidak, sebaiknya lihat perangkat iOS Anda oleh Apple Genius di Apple Store terdekat.