Cara Mengatasi Kesalahan/Error ‘”This App Can’t Run on Your PC” di Windows

Jika Windows tidak mengizinkan Anda menjalankan aplikasi, itu bisa disebabkan oleh salah satu dari banyak alasan. Untungnya, kita sudah mendapatkan semuanya.

Jika Windows menunjukkan kesalahan “This App Can’t Run on Your PC”, mungkin ada beberapa alasan di balik masalah ini. Terkadang aplikasi tidak kompatibel dengan sistem Anda, Anda masuk ke akun pengguna yang salah, atau instalasi rusak.

Untungnya, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba. Jadi, mari kita terjebak dan melihat cara memperbaiki kesalahan “This App Can’t Run on Your PC”.

Periksa Versi Aplikasi

Jika Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tanpa memeriksa propertinya, mungkin aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan sistem Anda. Misalnya, Anda tidak dapat menjalankan aplikasi yang kompatibel dengan Windows versi 32-bit dan menjalankannya dengan lancar di sistem 64-bit.

Sebelum mengunduh aplikasi, Anda harus melihat properti sistem Anda. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings dan pilih System. Kemudian, dari menu sebelah kiri, klik About.

PALING VIRAL  Cara Hapus Ambient Noise Dari File Audio Menggunakan Audacity

Bagian Device specifications akan memberi Anda info tentang sistem Anda, termasuk versi Windows yang telah Anda instal di komputer Anda.

Jalankan Aplikasi Dalam Mode Kompatibilitas

Anda mungkin mengalami kesalahan “This app can’t run on your PC” saat mencoba menjalankan aplikasi lama. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengaktifkan mode Kompatibilitas dari properti aplikasi.

Klik kanan file aplikasi yang dapat dieksekusi dan pilih Properties. Buka tab Compatibility, centang Run this program in compatibility mode for, dan pilih versi Windows yang berbeda menggunakan menu tarik-turun. Klik Apply > OK untuk menyimpan pengaturan baru dan coba jalankan aplikasi.

Jalankan Salinan File Yang Dapat Dieksekusi

Ini adalah trik yang tidak biasa tetapi mungkin menyelesaikan pekerjaan. Salin file eksekusi aplikasi dan tempel ke lokasi baru. Kemudian, jalankan file yang disalin seperti biasa.

Pindai Virus

Virus dapat menghentikan aplikasi agar tidak berjalan seperti biasa meskipun aplikasi tersebut kompatibel dengan sistem Anda. Anda dapat menggunakan alat bawaan Windows untuk mencari virus apa pun di komputer Anda. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  • Klik kanan Start dan buka Settings > Update & Security.
  • Dari menu sebelah kiri, buka Windows Security dan klik Virus & threat protection.
  • Klik tombol Quick scan dan tunggu hingga Windows menyelesaikan prosesnya.
PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Kesalahan/Error DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL di Windows 10

Jalankan Pemindaian SFC

Jika alat Pemindaian Cepat tidak memperbaiki masalah, ada fitur Windows 10 lain yang dapat Anda gunakan. Pemeriksa File Sistem akan mencari file sistem yang rusak atau rusak dan secara otomatis menggantinya.

Buka Command Prompt dengan hak administratif dan ketik sfc /scannow. Untuk memulai proses, cukup tekan Enter. Setelah pemindaian SFC selesai, itu akan menampilkan pesan yang memberi tahu Anda jika telah menemukan dan mengganti file yang rusak di sistem Anda.

Gunakan Alat Pembersih Disk

Komputer Anda terus-menerus mengumpulkan file sampah terutama jika Anda sering menjelajah internet. Jika file-file ini memakan banyak ruang di hard drive Anda, mereka dapat menyebabkan kesalahan menjalankan aplikasi. Cara termudah untuk menghapus file yang tidak perlu ini adalah dengan menggunakan Disk Cleanup.

  • Di bilah pencarian menu Start, cari disk cleanup dan pilih Run as administrator.
  • Pilih file mana yang ingin Anda bersihkan. Disk Cleanup akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak ruang yang akan Anda peroleh.
  • Klik OK untuk memulai proses.
PALING VIRAL  Semua Yang Harus Anda Ketahui Tentang Samsung Galaxy S20 Series

Instal Ulang Aplikasi Yang Bermasalah

Jika Anda masih mendapatkan kesalahan “This App Can’t Run on Your PC” setelah mencoba semua yang ada di daftar kami, Anda harus menginstal ulang aplikasi tersebut. Setelah Anda mencopot pemasangannya, buka situs web resmi dan unduh versi terbaru.

Namun, pastikan untuk menghapus cache browser Anda sebelum mengunduh ulang file apa pun. Cache browser membuat penjelajahan lebih cepat dan mengurangi kelambatan server dengan mengunduh data situs web. Namun, cache browser dapat merusak unduhan di komputer Anda.

Aplikasi Anda Berjalan Lagi

Kesalahan ini tidak terbatas pada aplikasi pihak ketiga karena Anda mungkin mendapatkannya saat mencoba meluncurkan aplikasi yang diunduh dari Microsoft Store. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, unduh aplikasi dari situs web resmi dan terus periksa aplikasi dan sistem Anda untuk pembaruan.