Cara Mengatur VPN di Windows 11 Secara Manual

Inilah cara Anda mengatur dan mengonfigurasi VPN secara manual di Windows 11 untuk privasi dan keamanan ekstra.

Sebagian besar layanan VPN utama menyediakan perangkat lunak desktop atau seluler, tetapi Anda tidak harus menggunakan ini. Anda dapat menginstal dan mengakses VPN di dalam Windows 11, artinya Anda tidak memerlukan perangkat lunak mereka sama sekali.

Adapun pro dan kontra untuk metode ini, yang akan kami jelaskan sebentar lagi, tetapi pertama-tama, cara menginstal VPN di Windows 11.

Mengapa Menggunakan VPN Dengan Windows 11

Alasan Anda menggunakan VPN dengan Windows 11 sama dengan alasan Anda menggunakan VPN kapan saja: untuk meningkatkan keamanan dan privasi Anda. Setelah terhubung ke layanan VPN, lalu lintas internet dari mesin Anda mentransmisikan melalui terowongan terenkripsi antara perangkat Anda dan server penyedia VPN.

Ini menghentikan orang-orang yang mengintip data Anda, memungkinkan Anda mengakses konten yang dibatasi secara geografis, dan mengakses jaringan pribadi di luar milik Anda dengan relatif mudah.

Ada banyak mitos VPN yang beredar, seperti VPN hanya untuk pengguna pro atau Anda hanya memerlukan VPN untuk menyembunyikan aktivitas online yang “dipertanyakan”. Namun, bukan itu masalahnya, dan Anda dapat menggunakan VPN kapan pun dan kapan pun Anda mau.

Selain itu, lebih mudah dari sebelumnya untuk menggunakan layanan VPN, dengan hampir semua penyedia VPN menawarkan solusi desktop atau seluler untuk mempermudah koneksi.

PALING VIRAL  Cara Membuat Stereogram Mata Ajaib Anda Secara Online

Tapi, Anda tidak harus menggunakan perangkat lunak mereka. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonfigurasi VPN Anda di dalam Windows 11 secara langsung, memotong perangkat lunak VPN dalam prosesnya. Ada pro dan kontra untuk ini, yang akan kita bahas sebentar lagi, tetapi pertama-tama, baca terus untuk mempelajari cara mengatur layanan VPN di Windows 11.

Haruskah Anda Menggunakan VPN Gratis atau Berbayar

Kami telah berbicara tentang VPN gratis vs. berbayar beberapa kali selama bertahun-tahun, dan jawabannya tetap sama: VPN berbayar selalu merupakan pilihan terbaik.

Tentu, jika Anda perlu menggunakan VPN gratis dalam keadaan darurat, tidak apa-apa. Tetapi untuk penggunaan jangka panjang, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli langganan VPN, seperti NordVPN atau Surfshark.

Seperti kata pepatah, jika Anda tidak membayar untuk layanan tersebut, Anda adalah produknya, dan itu benar terutama ketika Anda mempercayakan data internet Anda kepada pihak ketiga.

Cara Mengatur VPN di Windows 11

Seperti pendahulunya, Anda dapat mengonfigurasi koneksi VPN dalam Windows 11. Contoh berikut menggunakan NordVPN.

Masukkan vpn di bilah pencarian Start Menu Anda dan pilih yang paling cocok.

  • Pilih Add VPN.
  • Sekarang, pilih Windows (built-in) untuk penyedia VPN.
  • Tambahkan Connection name. Ini tidak harus cocok dengan nama layanan VPN Anda atau server tertentu.
  • Tambahkan Server name or address, yang dapat Anda temukan di situs web penyedia VPN Anda. Cari “nama host [nama penyedia vpn]” atau “alamat ip server [nama penyedia vpn]” untuk menemukan server tertentu.
  • Pilih VPN type yang Anda gunakan. Biasanya, ini adalah L2TP/IPsec, tetapi server yang Anda sambungkan mungkin menggunakan konfigurasi yang berbeda. Sekali lagi, periksa dengan penyedia VPN Anda untuk spesifik dan ubah pengaturan ini sesuai.
  • Terakhir, Anda perlu menambahkan username dan password  VPN Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan bahwa beberapa VPN memberi Anda kombo nama pengguna dan kata sandi yang berbeda untuk konfigurasi VPN manual, yang akan Anda temukan di pengaturan VPN Anda.
  • Tekan Save.
PALING VIRAL  √ Cara Riset Kata Kunci YouTube Dengan Mudah dan Cepat

Petunjuk di atas akan berfungsi untuk sebagian besar penyedia VPN, meskipun beberapa layanan memiliki kebiasaan khusus, seperti nama pengguna dan kata sandi yang berbeda atau pengaturan khusus layanan lainnya.

Cara Mengatur IKEv2 VPN di Windows 11

Koneksi manual IKEv2 VPN sedikit berbeda dari protokol L2TP/IPsec yang lebih umum digunakan karena juga memerlukan instalasi sertifikat keamanan.

Meskipun ini memerlukan beberapa langkah tambahan, IKEv2 dianggap sebagai salah satu protokol VPN terkuat dan paling stabil dan layak digunakan jika Anda menuntut keamanan yang luar biasa.

Selain itu, meskipun dulu sulit untuk menemukan dukungan untuk koneksi IKEv2, sebagian besar penyedia VPN utama sekarang mendukung protokol dan memberikan instruksi terperinci khusus untuk layanan mereka.

Namun, Anda dapat menggunakan petunjuk di bawah ini sebagai gambaran umum.

  • Buka layanan VPN Anda dan unduh sertifikat IKEv2 mereka. Penyedia VPN Anda akan memiliki halaman unduhan dan dukungan khusus jika mereka menawarkan layanan ini.
  • Setelah diunduh, klik dua kali sertifikat IKEv2, pilih Install certificate, dan lanjutkan ke Wisaya Impor Sertifikat.
  • Pilih Local Machine dan klik Next.
  • Pilih Place all certificates in the following store dan klik Browse.
  • Pilih Trusted Root Certification Authorities dan klik OK.
  • Kembali ke Certificate Import Wizard, klik Next.
  • Klik Finish, lalu klik OK.
  • Setelah Anda siap, Anda dapat kembali ke rangkaian instruksi sebelumnya untuk menginstal VPN di Windows 11, tetapi ganti VPN type Anda untuk IKEv2.
PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Error macOS Tidak Dapat Diinstal di Komputer Anda

Situs web penyedia VPN Anda juga akan mencantumkan keanehan khusus layanan apa pun.

Pro dan Kontra untuk Konfigurasi VPN Manual

Ingin tahu apakah Anda harus memilih konfigurasi VPN manual atau perangkat lunak penyedia VPN Anda? Ada beberapa pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan.

  • Pro: Opsi penyesuaian yang luas, banyak sumber terbuka yang mengutak-atik, dan lebih banyak kontrol langsung atas koneksi VPN Anda.
  • Pro: Sedikit lebih sedikit perangkat lunak di komputer Anda menghabiskan ruang.
  • Pro: Anda masih menggunakan protokol VPN yang sama persis, dan koneksi Anda sama amannya seperti jika Anda menggunakan perangkat lunak VPN desktop atau seluler.
  • Kontra: Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memelihara, bukan pilihan yang bagus untuk mereka yang baru mengenal VPN.
  • Kontra: Anda kehilangan beberapa fitur yang ditawarkan oleh perangkat lunak desktop atau seluler, baik itu mode koneksi tambahan atau fitur keamanan tambahan.

Dengan mempertimbangkan semua hal, menggunakan perangkat lunak khusus penyedia VPN Anda sering kali merupakan pilihan terbaik bagi sebagian besar pengguna. Itu membuat koneksi ke server mereka menjadi mudah, membuat peralihan antar server menjadi sederhana, dan sebagian besar aplikasi dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan.

Coba Konfigurasi VPN Manual di Windows 11

Anda sekarang tahu cara mengkonfigurasi layanan VPN Anda secara manual di Windows 11. Tentu saja, apakah Anda memilih konfigurasi manual atau klien penyedia VPN terserah Anda, tetapi setidaknya Anda memiliki semua opsi yang tersedia.