Cara Menggunakan Audacity Untuk Merekam Audio Pada Windows Dan Mac

Dengan Audacity, mudah untuk merekam rekaman dari komputer atau mikrofon Anda, apa pun platform yang Anda gunakan.

Audacity adalah alat yang sempurna untuk merekam dan mengedit audio. Perangkat lunak gratis favorit para profesional, juga mudah digunakan saat Anda baru memulai. Artinya, Anda bisa mendapatkan suara berkualitas tinggi tanpa kesulitan belajar.

Baik Anda menggunakan Windows atau Mac, ada beberapa cara untuk merekam rekaman dari komputer atau mikrofon.

Cara Merekam Menggunakan Audacity Dengan Mikrofon

Langkah-langkah untuk merekam audio dari mikrofon, baik Anda menggunakan mikrofon internal komputer atau eksternal, sama persis untuk Windows dan Mac.

Buka Audacity dan biasakan diri Anda dengan Device Toolbar, yang terletak di bawah tombol playback. Di sini, Anda dapat mengubah Audio Host, serta Recording dan Playback Devices persyaratan penting untuk merekam di Audacity.

Untuk memulai, buat trek baru dengan mengklik Tracks > Add New > Stereo Track atau Mono Track.

Klik pada menu dropdown Recording Device (yang memiliki simbol mikrofon di sebelahnya). Pilih mikrofon Anda dari daftar, dan tekan tombol Record.

Saat Anda berbicara ke mikrofon, gelombang suara muncul di sepanjang trek. Lihat ke bagian atas layar, di mana Recording Level ditampilkan. Ini berguna untuk memeriksa apakah mikrofon Anda menangkap suara, dan berapa volumenya.

Tekan Stop untuk mengakhiri rekaman atau Pause untuk menghentikannya sementara hingga Anda mengeklik Record lagi.

Saat membuat rekaman berikutnya, Anda dapat terus menggunakan trek yang sama jika Anda mau. Namun, setiap kali membuat lintasan baru memberi Anda kendali yang lebih besar dan membuatnya lebih mudah untuk dihamparkan dan diedit nanti.

PALING VIRAL  √ Cara Mengambil Keputusan Terbaik Dalam Hidup

Sorot bagian mana saja dengan kursor, lalu tekan tombol Delete untuk mengedit bagian mana pun dari rekaman dengan cepat. Untuk menghapus semua yang baru saja Anda rekam, tekan Ctrl + A, lalu tekan Delete. Atau, hapus trek seluruhnya dengan mengklik tombol X.

Cara Merekam Menggunakan Audacity Dari Komputer Windows Anda

Tidak seperti di Mac, Windows memungkinkan Anda merekam audio yang diputar dari file video atau media di komputer Anda dengan mudah. Ada tiga cara utama untuk melakukan ini.

Gunakan MME Sebagai Host Audio

Untuk memilih MME sebagai host audio Anda, mulailah dengan membuat trek baru melalui Tracks > Add New > Stereo Track.

Alihkan Audio Host (terletak di sebelah kiri Recording Device) ke MME, ini adalah default, jadi Anda mungkin tidak perlu melakukan ini.

Buka menu tarik-turun Recording Device dan pilih Stereo Mix. Ini mungkin memiliki nama lain tergantung pada pengaturan Anda, seperti Wave Out atau Loopback. Lakukan eksperimen jika Anda tidak yakin.

Tekan Record, lalu putar sumber audio Anda untuk merekamnya.

Gunakan WASAPI Sebagai Host Audio

WASAPI menawarkan rekaman digital dengan kualitas yang lebih baik. Ini juga harus digunakan saat Anda merekam audio yang diputar dari perangkat eksternal.

Dengan Stereo Track baru dibuat, ubah Audio Host dari MME default ke Windows WASAPI.

Ubah opsi Recording Device ke Speaker (loopback). Anda mungkin perlu menyeret pegangan bilah alat ke luar untuk melihat judul lengkap.

Mulai merekam, lalu putar sumber audio. Meskipun Anda mematikan komputer, Audacity masih akan merekam suara.

PALING VIRAL  Cara Melihat dan Menghapus Semua Riwayat Aktivitas Windows 10 Anda

Gunakan Kabel Loopback

Anda dapat “mengelabui” komputer Windows Anda dengan kabel audio 3,5 mm ujung ganda. Tapi hati-hati, karena kualitas audionya bisa buruk dan terdistorsi, karena akan diubah dari digital ke analog ke digital lagi.

Colokkan salah satu ujung kabel ke jack Input komputer Anda, tempat Anda biasanya mencolokkan mikrofon eksternal. Kemudian, ambil ujung lainnya dan hubungkan ke jack Output atau Headphone.

Selamat, Anda sekarang telah membuat loopback.

Buka Audacity, dan ubah Recording Device menjadi Line-in. Tekan Record, lalu putar audio eksternal.

Cara Merekam Menggunakan Audacity Dari Mac Anda

Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk merekam audio dari Mac Anda dengan Audacity. Sementara yang satu membutuhkan kabel loopback, yang lain mengharuskan Anda mengunduh perangkat lunak pihak ketiga.

Gunakan Kabel Loopback

Kabel loopback adalah kebutuhan untuk merekam audio yang sedang diputar dari Mac Anda, karena tidak ada cara untuk merekam audio streaming. Sebelum Anda mulai, pastikan Anda telah mematikan semua suara lain di komputer Anda. Peringatan dari email atau IM yang masuk juga akan direkam menggunakan metode ini.

Colokkan setiap ujung kabel loopback ke jack Input dan Output. Dari sini, buka Apple Menu > System Preferences > Sound Preferences.

Di bawah Output, pilih Line Out, dan di bawah Input, pilih Line Input. Dengan pemutaran audio, sesuaikan penggeser Input Volume sehingga Input level slider menyala semua kecuali tiga bilah teratas.

Setelah itu, buka Audacity. Pilih Transport > Transport Options, lalu matikan Software Playthrough (klik sehingga tanda centang tidak terlihat).

Di menu tarik-turun Recording Device, pilih Built-in Input. Tekan Record, lalu nyalakan audio Anda.

PALING VIRAL  √ 7 HP Fast Charging 1 Jutaan Terbaik yang Bisa Dipakai Seharian Penuh

Unduh Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk merekam audio yang sedang diputar di Mac Anda. Jika Anda tidak suka memasang kabel loopback (dan mengurangi kualitas rekaman Anda), coba gunakan iShowU Audio Capture atau Soundflower.

Untuk mulai menggunakan iShowU Audio Capture, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh iShowU Audio Capture.
  • Pastikan untuk mengatur Multi-Output Device di Mac Anda ke iShowU Audio Capture dan Audacity’s Recording Device yang sama.

Soundflower membutuhkan penyiapan tambahan, tetapi juga memastikan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang sebagian besar peringatan email dan pemberitahuan lainnya yang direkam. Berikut cara menggunakannya:

  • Unduh Soundflower untuk OS X 10.9+ atau OS X 10.6-10.8.
  • Di Sound Preferences Mac Anda, ubah Output dan Input ke Soundflower (2ch).
  • Di bawah Sound Effects, di menu tarik-turun Play sound effects through, pilih Line Out.
  • Buka Audacity, dan matikan Software Playthrough melalui Transport > Transport Options.
  • Ubah Recording Device ke Soundflower (2ch) dan Playback Device ke Built-in Output, dan Anda siap melakukannya.

Export Dan Nikmati Rekaman Audacity Anda

Setelah Anda selesai merekam, klik File > Export in Audacity, dan ekspor ke jenis file pilihan Anda. Jika Anda berencana untuk kembali ke trek yang direkam, ingatlah untuk menyimpan proyek sebagai file .AUP juga.

Menggunakan Audacity untuk merekam semudah itu. Anda sekarang memiliki rekaman audio pertama Anda yang benar, siap untuk dikirim, dibagikan, atau diedit menjadi podcast atau video.