Cara Menggunakan Mode Gelap di Android

Menggunakan mode gelap di Android dapat membantu melindungi mata Anda dan bahkan meningkatkan masa pakai baterai Anda. Berikut cara menyalakannya.

Apakah menurut Anda tema terang default Android terlalu keras di mata Anda? Apakah baterai ponsel Anda terlalu cepat habis?

Di ponsel pintar atau tablet Android modern Anda, Anda dapat menggunakan mode gelap. Itu akan memudahkan Anda untuk melihat dan membaca konten di layar perangkat Anda, dan dapat meningkatkan masa pakai baterai di ponsel dengan tampilan OLED. Berikut cara mengaktifkan mode gelap di ponsel atau tablet Android Anda.

Versi Android Apa yang Mendukung Mode Gelap

Android secara resmi telah menerima dukungan mode gelap dengan Android 10. Ini berarti Anda dapat mengaktifkan mode gelap seluruh sistem di ponsel Anda hanya jika menjalankan Android 10 atau lebih baru.

Versi apa pun sebelum Android 10 tidak memiliki opsi resmi untuk mengaktifkan mode gelap seluruh sistem.

Jika Anda tidak yakin versi Android yang dijalankan ponsel Anda, Anda dapat memeriksa versi menggunakan opsi di Setelan:

  • Luncurkan aplikasi Pengaturan atau Settings di ponsel Anda.
  • Gulir ke bawah sepenuhnya, dan ketuk Tentang telepon atau About phone.
  • Anda harus menemukan opsi yang mengatakan versi Android dan di sebelahnya akan ada versi Android perangkat Anda saat ini.
PALING VIRAL  Cara Menghapus Tombol Obrolan Dari Taskbar Windows 11

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Perangkat Android Anda

Setelah Anda mengonfirmasi ponsel Anda menjalankan Android 10 atau lebih baru, Anda dapat menuju ke Pengaturan dan mengaktifkan opsi untuk mengaktifkan mode gelap. Atau, Anda dapat menggunakan menu Pengaturan Cepat untuk mengaktifkan mode.

Ingatlah bahwa ponsel yang berbeda memiliki cara berbeda untuk mengaktifkan mode gelap. Beberapa ponsel bahkan menawarkan fitur untuk menjadwalkan mode gelap, tetapi ini mungkin tidak tersedia di semua ponsel meskipun mereka menjalankan Android 10.

Berikut dua cara untuk mengaktifkan mode gelap di perangkat Android.

Nyalakan Mode Gelap Android Dari Pengaturan

Anda dapat menggunakan Pengaturan untuk mengaktifkan serta mengonfigurasi berbagai opsi untuk mode gelap.

Pada stok Android, cukup buka Pengaturan> Tampilan> Lanjutan> Tema gelap atau Settings > Display > Advanced > Dark theme.

Di perangkat dengan versi khusus Android, Anda mungkin menemukan lebih banyak opsi untuk mode gelap atau mode malam. Untuk mengaktifkan mode Gelap di ponsel OnePlus, misalnya:

  • Akses aplikasi Settings.
  • Ketuk Customization.
  • Pilih Preset Theme di bagian atas.
  • Pilih tema yang bertuliskan Nuanced dark. Nama ini bervariasi dari satu ponsel ke ponsel lain tetapi harus mengatakan sesuatu yang gelap, dan Anda akan dapat mengenalinya.
  • Jika Anda ingin menggunakan mode gelap tanpa mengubah tema, ketuk Tone lalu pilih Dark di layar yang muncul.

Ponsel Android Anda sekarang akan menampilkan sebagian besar elemennya dalam warna gelap.

PALING VIRAL  5 Cara Memperbaiki Kesalahan/Error nvlddmkm.sys di Windows 10

Nyalakan Mode Gelap Android Dari Pengaturan Cepat

Pengaturan Cepat adalah cara yang lebih cepat untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode gelap di perangkat Android Anda. Tidak semua perangkat Android di luar sana memiliki opsi mode gelap di Pengaturan Cepat, tetapi Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah opsi tersebut tersedia di perangkat Anda.

Berikut cara melakukannya:

  • Tarik ke bawah dari atas layar ponsel Anda.
  • Ketuk ubin Dark mode untuk mengaktifkan mode gelap.
  • Jika Anda tidak melihat ubin, geser ke kiri dan Anda akan melihat lebih banyak ubin.

Cara Menonaktifkan Mode Gelap Di Perangkat Android Anda

Mematikan mode gelap Android semudah menyalakannya.

Jika Anda menggunakan Pengaturan untuk mengaktifkan mode, masuk ke panel pengaturan yang sama dan pilih tema yang berbeda. Jika Anda menggunakan tone Gelap, ubah nada ke Light dan itu akan menonaktifkan mode gelap.

Jika Anda menggunakan Pengaturan Cepat untuk mengaktifkan mode, buka Pengaturan Cepat lagi dan ketuk opsi Mode gelap. Ini akan menonaktifkan mode pada perangkat Anda.

PALING VIRAL  6 Aplikasi Terbaik Untuk Hosting Webinar Di Ponsel Cerdas Anda

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Perangkat Anda Tidak Mendukung Mode Gelap

Jika ponsel atau tablet Anda tidak mendukung atau menjalankan Android 10, Anda kurang beruntung. Anda tidak dapat mengaktifkan dan menggunakan mode gelap di perangkat Anda.

Namun, itu tidak berarti Anda tidak dapat memberikan efek warna yang lebih gelap ke perangkat Anda. Pada beberapa perangkat, terutama yang menjalankan Android 9, Anda memiliki setidaknya satu tema gelap yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan efek seperti mode gelap pada perangkat Anda.

Itu mungkin tidak berfungsi sebaik mode gelap seluruh sistem di Android 10, tetapi itu menyelesaikan pekerjaan setidaknya sampai batas tertentu.

Membuat Layar Perangkat Anda Lebih Mudah Di Mata Anda

Jika mata Anda tegang setelah menggunakan perangkat Android selama beberapa waktu, Anda dapat mencoba mengaktifkan mode gelap untuk melihat apakah itu membantu Anda. Selama ponsel Anda menjalankan Android 10 atau lebih baru, Anda dapat mengaktifkan opsi untuk mengaktifkan mode di seluruh sistem pada perangkat Anda.

Cara lain untuk melindungi mata Anda saat menggunakan ponsel adalah dengan menggunakan filter cahaya biru. Sekali lagi, ini built-in di beberapa ponsel Android, dan ada banyak aplikasi filter cahaya biru di Play Store juga.