Cara Menggunakan Ponsel Android Sebagai Pelacak GPS

GPS sangat bagus untuk memulihkan perangkat Anda ketika hilang atau dicuri dan menavigasi saat mengemudi dengan Google Maps. Dan itu terutama bagus karena GPS berfungsi bahkan ketika terputus dari internet. Cukup unduh peta Anda sebelumnya!

Tetapi bagaimana dengan menggunakan ponsel Android sebagai pelacak GPS? Ini mungkin bukan pilihan yang paling bisa diandalkan, dan memang ada beberapa kekurangan yang tidak terlalu signifikan, tetapi itu bisa menyelesaikan pekerjaan jika Anda putus asa. Inilah cara mengubah ponsel Android Anda menjadi pelacak GPS.

Catatan: Instruksi ini didasarkan pada Samsung Galaxy S8 yang menjalankan Android 8.0 Oreo, tetapi langkah-langkahnya harus relatif sama untuk sebagian besar perangkat Android.

Pelacakan Dengan Fitur Android Asli 

Sebagian besar perangkat Android yang dirilis pada tahun 2014 atau lebih baru memiliki fitur bawaan yang disebut Find My Device (sebelumnya bernama Find My Device). Layanan ini terus-menerus mengembalikan lokasi perangkat Anda ke server Google sehingga Google tahu di mana perangkat Anda berada. Anda kemudian dapat menggunakan antarmuka web Google untuk melihat di mana perangkat Anda pada waktu tertentu. Anda memerlukan akun Google untuk menggunakan fitur ini.

Cara Mengaktifkan Cari Perangkat Saya di Android 

  • Navigasikan ke Pengaturan perangkat Anda.
  • Ketuk pada layar Kunci dan keamanan.
  • Ketuk pada pengaturan keamanan lainnya. (Langkah ini mungkin tidak perlu tergantung pada perangkat khusus Anda dan versi Android.)
  • Ketuk aplikasi Admin perangkat. (Langkah ini dapat disebut Administrator Perangkat tergantung pada perangkat khusus Anda dan versi Android.)
  • Ketuk Temukan Perangkat Saya.
  • Ketuk Aktifkan.
PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Windows Update Assistant Macet dan Menyelamatkan Pembaruan Anda

Catatan: Untuk mengaktifkan layanan ini, Anda harus mengizinkan empat izin: 1) kemampuan untuk menghapus semua data, 2) kemampuan untuk mengubah kata sandi pembuka kunci layar, 3) kemampuan untuk mengunci layar, dan 4) kemampuan untuk mematikan fungsi pada layar kunci.

Yang menyenangkan tentang Temukan Perangkat Saya adalah ini bukan hanya pelacak ini memungkinkan Anda mengontrol perangkat dari jauh dengan cara yang disebutkan di atas. Pelajari lebih lanjut dalam ikhtisar kami tentang Temukan Perangkat Saya.

Cara Menggunakan Find My Device di Android 

Setelah diaktifkan, yang harus Anda lakukan adalah meluncurkan browser web, navigasikan ke dasbor Find My Device, dan masuk ke akun Google Anda (yang sama terkait dengan perangkat Anda). 

Setelah Anda masuk, pilih perangkat yang ingin Anda temukan, klik tombol Temukan untuk perangkat tersebut, dan itu akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui dan berapa lama itu terakhir kali terlihat. Ini cukup akurat dalam pengalaman saya, tetapi saya tinggal di lingkungan perkotaan; dapat dimatikan hingga 20 meter di daerah dengan visibilitas GPS yang buruk.

Pelacakan Dengan Aplikasi Android Pihak Ketiga 

Jika Anda tidak suka Temukan Perangkat Saya karena alasan apa pun, Anda selalu dapat menggunakan salah satu dari banyak alternatif pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini mudah dipasang dan Anda tidak perlu melakukan apa pun selain membuat akun untuk menggunakannya.

PALING VIRAL  5 Alat Online Untuk Membuat Gambar Vektor

Ada dua yang kami rekomendasikan:

Lookout: Lookout adalah solusi keamanan lengkap di mana pelacakan perangkat hanyalah salah satu dari banyak fiturnya. Karena itu, mungkin terlalu membengkak jika pelacakan perangkat adalah satu-satunya fitur yang Anda minati. Tetapi jika perangkat Anda saat ini tidak memiliki aplikasi antivirus yang baik, Anda mungkin juga menggunakan ini dan membunuh dua burung dengan satu batu. 

Baca Juga

Prey: Dalam penggunaan praktis, Prey sangat mirip dengan Find My Device. Satu keuntungan besar adalah ketersediaan di beberapa platform lain, termasuk Windows, Mac, Linux, dan iPhone, sehingga Anda dapat melacak SEMUA perangkat Anda dari mana saja. 

Setelah perangkat Anda disetel sebagai dapat dilacak, apakah menggunakan Find My Device atau aplikasi pihak ketiga, hanya ada satu hal yang perlu dilakukan: pasang perangkat ke orang atau objek yang ingin Anda lacak. Jelas, ini jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Perbaikaan Windows 11

Ingin tahu cara melacak mobil dengan ponsel?

Opsi termudah dan paling efektif adalah dengan menggunakan dudukan mobil magnetik. Kebanyakan perangkat dua bagian dilengkapi dengan sisipan magnetik (yang Anda tempatkan di dalam wadah perangkat Anda) dan dasar magnet (yang Anda pasang pada apa pun yang ingin Anda pasang). Dengan model yang baik, gaya magnet harus cukup kuat untuk ponsel Anda untuk “menjepit” ke pangkalan dan tetap di sana dengan aman. 

Dudukan Mobil Magnetik Universal Stick-On WizGear mudah, nyaman, dan terjangkau. Ini adalah model stick-on yang menggunakan perekat, dan mengandung 10 magnet untuk kekuatan magnet maksimum. 

Jika Anda tidak mempercayai perekat, Anda dapat mempertimbangkan WizGear Universal Suction Cup Magnetic Car Mount. Ini jauh lebih mencolok daripada varian stick-on, tetapi cangkir hisap kuat dan mungkin sebanding dengan trade-off. 

Tidak punya kasing telepon? Anda dapat menggunakan pelat logam perekat, seperti Mounts Universal Adhesive Metal Mounts Pop-Tech ini. Mereka menempel tepat di bagian belakang perangkat Anda dan memungkinkan Anda menggunakan dudukan magnet seperti biasa.

Baca Juga