Cara Menggunakan Task Manager Windows

Task Manager Windows mampu melakukan banyak hal, tetapi menggunakannya bisa terasa luar biasa. Berikut adalah ikhtisar yang jelas tentang apa yang ditawarkan Task Manager.

Anda mungkin hanya membuka Task Manager Windows untuk menutup program yang membeku, tetapi ini berguna untuk lebih dari itu. Task Manager memberi Anda banyak informasi tentang sistem Anda, serta opsi manajemen.

Mari kita lihat Task Manager di Windows sehingga Anda tahu cara menggunakan utilitas penting ini.

Apa Itu Task Manager

Windows Task Manager adalah utilitas monitor sistem, yang berarti memungkinkan Anda untuk mengelola semua proses yang berjalan di komputer Anda dan melihat informasi penting lainnya. Anda dapat memesan proses ini berdasarkan penggunaan untuk melihat apa yang menghabiskan sumber daya komputer Anda.

Task Manager juga memiliki banyak data lain, menjadikannya tempat yang berguna untuk dikunjungi saat Anda perlu memeriksa sesuatu tentang PC Anda. Ini bukan satu-satunya utilitas yang Anda perlukan, tetapi ini adalah perhentian pertama yang baik untuk manajemen umum.

Cara Membuka Task Manager

Anda mungkin terbiasa membuka Task Manager dengan Ctrl + Alt + Delete. Namun, ini bukan cara paling efisien untuk membukanya di Windows versi modern.

Perintah tiga tombol ini adalah pintasan Windows khusus yang membuka halaman Keamanan Windows, berisi pintasan untuk mengunci PC Anda, keluar, membuka Task Manager, dan banyak lagi. Ini juga digunakan untuk masuk dengan aman, karena hanya Windows yang dapat merespons pintasan khusus ini.

Sebagai gantinya, ketika Anda ingin membuka Task Manager, metode tercepat adalah menekan Ctrl + Shift + Escape di keyboard Anda. Jika Anda tidak menyukai pintasan keyboard, klik kanan pada tempat kosong di bilah tugas dan pilih Task Manager untuk membukanya. Jika Anda berencana untuk sering menggunakan Task Manager, klik kanan ikonnya dan pilih Pin to taskbar untuk akses mudah.

Ada banyak cara lain untuk membuka Task Manager, jika diperlukan. Setelah Anda membukanya, Anda mungkin melihat antarmuka yang disederhanakan, yang hanya memiliki daftar aplikasi yang sedang berjalan. Dengan ini, Anda dapat memilih aplikasi dan menekan End task untuk mematikannya, tetapi Anda harus mengklik More details untuk mengakses antarmuka Task Manager lengkap.

PALING VIRAL  √ Cara Mudah Mengganti Nada Dering WhatsApp Dengan Lagu

Cara Menggunakan Task Manager Windows

Mari kita pergi melalui Task Manager, tab demi tab. Kita akan melihat apa yang ditawarkan setiap tab dan bagaimana menggunakan informasi yang diberikannya.

Tab Processes

Pada Tab Processes, Anda akan melihat daftar semua yang berjalan di komputer Anda. Processes ini dibagi menjadi tiga bagian ketika diurutkan berdasarkan Name:

  • Apps adalah program apa pun yang telah Anda buka dan sedang dijalankan.
  • Background processes mewakili semua yang berfungsi tetapi tidak terbuka secara eksplisit sebagai aplikasi. Anda mungkin melihat layanan penyimpanan cloud atau aplikasi latar belakang seperti pengelola clipboard di sini, misalnya.
  • Windows processes berisi layanan sistem yang dibutuhkan OS untuk berjalan dengan benar.

Klik salah satu bidang header di bagian atas, seperti Name atau CPU, untuk mengurutkan menggunakan informasi tersebut. Setiap judul menunjukkan jumlah total sumber daya yang digunakan, bersama dengan perincian berdasarkan proses.

Seret untuk mengatur ulang judul ini sesuai keinginan Anda. Untuk menambahkan lebih banyak atau menyembunyikan beberapa, klik kanan di mana saja di judul dan centang yang ingin Anda lihat.

Klik kanan pada proses apa pun untuk melihat opsi untuk itu. Karena Task Manager mengelompokkan semua proses untuk aplikasi ke dalam satu daftar, Anda harus mengeklik panah kecil untuk menampilkan dan mengelolanya satu per satu.

Item berguna dalam menu ini termasuk End task untuk mematikan aplikasi yang tidak responsif, Open file location untuk melihat di mana proses berada di komputer Anda, dan Search online untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang proses yang tidak dikenal.

Meskipun menu ini berguna untuk menutup aplikasi yang dibekukan, perhatikan proses Task Manager yang tidak boleh Anda matikan.

Tab Performance

Selanjutnya, pada Performance, Anda akan melihat grafik yang mewakili berbagai kumpulan sumber daya PC Anda. Ini termasuk CPU, Memory, dan GPU. Klik bidang untuk melihat grafik langsung penggunaannya.

Setiap kolom di sini juga berisi informasi tentang komponen yang diwakilinya, yang berguna untuk memeriksa spesifikasi PC Anda. Misalnya, pada halaman CPU, Anda akan melihat model prosesor Anda tercantum di bagian atas, ditambah bidang Up time yang menunjukkan berapa lama sejak PC Anda terakhir kali dihidupkan ulang.

PALING VIRAL  Belajar rumus dasar excel perkalian, pembagian, pengurangan, penambahan di wps office

Jika Anda ingin mengawasi ini saat melakukan sesuatu yang lain, klik kanan pada daftar item di sebelah kiri dan pilih Summary view. Anda kemudian dapat tetap membukanya saat bermain game, bekerja di aplikasi yang membutuhkan CPU, atau sejenisnya.

Untuk detail tambahan, klik Open Resource Monitor di bagian bawah halaman ini untuk membuka utilitas yang lebih canggih.

Tab App History

App History melakukan apa yang dikatakannya: ia menyediakan data historis tentang sumber daya yang digunakan aplikasi. Anda akan melihat total waktu aplikasi menggunakan CPU, bersama dengan penggunaan jaringan. Data mencakup 30 hari terakhir.

Sayangnya, panel ini terbatas pada aplikasi Windows 10 Store, sehingga tidak menyertakan data tentang perangkat lunak desktop standar. Namun, itu masih dapat memberi petunjuk kepada Anda tentang aplikasi yang bekerja terlalu banyak di latar belakang.

Tab Startup

Startup adalah salah satu panel Task Manager yang paling berguna. Ini mencantumkan semua aplikasi yang diatur untuk dijalankan saat Anda masuk ke Windows.

Aplikasi sering kali mengatur dirinya sendiri untuk berjalan saat startup, meskipun Anda tidak secara eksplisit memintanya. Meskipun ini nyaman untuk program yang Anda gunakan sepanjang waktu, menjalankan aplikasi yang tidak perlu segera Anda jalankan akan memperlambat boot dan membuang sumber daya latar belakang.

Lihat daftar untuk menemukan aplikasi yang tidak perlu Anda jalankan saat startup. Untuk masing-masing, klik dan tekan Disable di sudut kanan bawah.

Sangatlah cerdas untuk menjaga keamanan, pencadangan, penyimpanan cloud, dan aplikasi serupa berjalan saat startup. Tetapi Anda mungkin tidak memerlukan Skype atau iTunes untuk diluncurkan segera setelah Anda masuk.

Tab Users

Panel Users hanya berguna jika Anda memiliki lebih dari satu akun yang saat ini masuk ke PC Anda. Saat melakukannya, Anda akan melihat penggunaan sumber daya untuk masing-masingnya, mirip dengan tab Processes. Klik panah di sebelah pengguna untuk memperluas semua proses mereka, di mana Anda bisa mendapatkan info lebih lanjut atau mengakhirinya, seperti yang dibahas di atas.

Selain itu, Anda dapat mengeklik kanan pengguna lain untuk memaksa mereka keluar.

Tab Details

Pengguna tingkat lanjut akan menghargai tab Details; itu memperluas informasi yang disajikan dalam Processes. Secara default, Anda dapat melihat ID proses (PID), pengguna yang memulai, dan nama proses untuk setiap item. Klik kanan pada judul dan pilih Select columns untuk memilih dari banyak opsi lainnya.

Saat Anda mengklik kanan suatu proses, Anda akan melihat lebih banyak opsi, seperti mengatur prioritasnya atau mengakhiri seluruh pohon proses. Tetapi sebagian besar pengguna normal tidak perlu khawatir tentang hal ini. Jika Anda membutuhkan lebih banyak informasi daripada yang dapat diberikan oleh tab Processes, lihat halaman ini. Jika tidak, jangan ragu untuk melewatkannya.

PALING VIRAL  Tutorial Javascript Code Memahami fungsi LowerCase, Upercase, Trim, exnumber, Binary, octal, Hex

Tab Services

Bagian Services dari Task Manager adalah versi utilitas Layanan yang lebih ramping, yang dapat Anda buka dengan mengetikkan “layanan” ke dalam menu Mulai. Layanan adalah proses latar belakang yang dijalankan Windows atau utilitas sistem lainnya untuk menangani berbagai tugas. Misalnya, wuauserv terkait dengan Pembaruan Windows.

Anda tidak perlu bermain dengan item di sini dalam banyak kasus; mengotak-atik layanan tanpa mengetahui apa yang Anda lakukan dapat menyebabkan masalah.

File, Options, dan View di Task Manager

Beberapa Options pada bilah menu Task Manager melengkapi penawarannya.

Dengan memilih File > Run new task, Anda dapat memulai proses di PC Anda (mirip dengan dialog Jalankan). Ini berguna ketika, misalnya, Anda perlu menutup dan membuka kembali tugas Windows Explorer. Cukup ketik “explorer.exe” ke dalam menu ini untuk meluncurkan Explorer lagi.

Di bawah Options, Anda dapat mengubah beberapa perilaku kecil alat. Always on top akan menjaga Task Manager di atas semua jendela lain, yang berguna jika Anda perlu melihatnya untuk pemecahan masalah. Gunakan Set default tab untuk memilih menu mana yang terbuka saat Anda meluncurkan Task Manager.

Terakhir, di bawah View, Anda dapat memaksa refresh data dengan Refresh now dan memilih seberapa sering refresh terjadi secara otomatis dengan Update speed. Nonaktifkan Group by type jika Anda tidak ingin tab Processes menggunakan bagian yang dibahas di atas. Expand all dan Collapse all akan mengubah semua grup proses sekaligus.

Kuasai Task Manager

Task Manager bukanlah bagian yang paling menarik dari Windows, tetapi mengetahui cara menggunakan alat-alatnya adalah bagian dari menjadi pengguna Windows yang berpengetahuan luas. Sekarang Anda tahu ke mana harus pergi ketika Anda ingin melihat penggunaan sumber daya PC Anda, mengubah program startup, atau menyelami proses aktif.