Cara Mengubah PC Anda Menjadi Konsol Game

Ingin memainkan game PC Anda di TV? Inilah cara menggunakan PC Anda sebagai konsol game dan bermain di TV Anda!

Game PC memang bagus, tetapi dapatkah itu bersaing dengan game konsol? Lagi pula, PC tidak bisa benar-benar menggantikan konsol seperti Xbox Series X atau PS5, bukan?

Yah, mungkin bisa. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang mengubah PC Anda menjadi konsol game.

Bisakah Anda Mengubah PC Anda menjadi Konsol Game Sebenarnya

Jika Anda mencari cara untuk mengubah PC Anda menjadi Xbox One, atau menjadi PS4, maka jawabannya tidak. Tidak ada cara untuk mengubah PC Anda menjadi konsol game yang menjalankan game Xbox One atau PlayStation 4.

Meskipun demikian, Anda masih memiliki opsi untuk mengubah komputer Anda menjadi apa yang Anda sebut konsol game PC. Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan:

  • Komputer yang mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows atau Linux
  • Kartu GPU atau GFX yang sesuai
  • Kabel HDMI untuk menghubungkan PC Anda ke TV
  • Pengontrol game berkualitas
  • Steam: untuk antarmuka bergaya konsol, satu-satunya pilihan adalah Steam

Mari kembangkan daftar ini untuk mempersiapkan Anda mengubah PC standar menjadi konsol game PC khusus.

Bisakah PC Anda Menjalankan Game Tingkat Konsol

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa komputer Anda untuk tugas itu. Mungkin desktop, laptop, atau bahkan HTPC yang dibuat sendiri. Tidak masalah, asalkan bisa menjalankan game yang ingin Anda mainkan.

Meskipun hampir semua komputer menjalankan gim video, beberapa perangkat keras lama dapat menyebabkan masalah. Misalnya, CPU lama dan hard disk drive kuno yang bergerigi akan membuat pengalaman konsol game PC yang mengecewakan.

PALING VIRAL  Cara Menyesuaikan Warna Folder Anda di Windows 11

Jadi, pilih perangkat keras baru atau terbaru:

  • CPU: PC dengan prosesor Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 atau lebih baru
  • RAM: sistem Anda harus memiliki setidaknya 8GB RAM DDR4
  • Penyimpanan: gunakan SATA SSD atau untuk kinerja terbaik, drive NVMe atau SATA 3 M.2 ramping, dengan penyimpanan 1TB
  • GPU: ini adalah topik yang diperdebatkan, tetapi secara umum bertujuan untuk mendapatkan kinerja terbaik dari kartu grafis yang paling sesuai untuk motherboard Anda

Ingin merombak PC Anda secara serius untuk bermain game? Peningkatan ini akan paling meningkatkan kinerja PC. 

Instal Sistem Operasi di Konsol Game PC Anda

Kemungkinan besar Anda berencana menggunakan Windows untuk konsol game PC Anda. Lagi pula, jika Anda menggunakan PC yang ada, Anda mungkin sudah memiliki lisensi.

Tetapi jika Anda membangun konsol game PC Anda dari awal, Anda mungkin tidak memiliki salinan Windows untuk digunakan. Alternatifnya? Linux.

Linux gratis, tidak membutuhkan lisensi berbayar. Sementara Windows 10 akan membuat Anda mengembalikan sekitar $ 100, distribusi Linux seperti Ubuntu, Linux Mint, Arch Linux, dan lainnya, tidak memerlukan biaya.

Sementara Steam berjalan dengan baik di Linux, Anda juga dapat memilih SteamOS sebagai gantinya untuk menghemat waktu. Ini adalah versi Linux dengan Steam bawaan, yang ditujukan khusus untuk bermain game.

Perhatikan bahwa menjalankan game di Linux yang ditujukan untuk Windows akan menghadirkan berbagai tantangan yang dapat memperlambat pengalaman bermain game.

Gunakan Steam Big Picture Mode untuk Antarmuka Konsol Game PC Anda

Baik Anda memilih Windows, Ubuntu, atau distro lain, atau SteamOS, Anda akan mengandalkan Steam untuk game.

Bagaimanapun, ini adalah layanan distribusi digital game terbesar di luar sana. Anda dapat membeli game, membuka pencapaian, berkomunikasi dengan pemain lain. Ada opsi untuk mengambil tangkapan layar, membeli DLC, dan game di Steam kompatibel dengan hampir semua pengontrol game yang ingin Anda gunakan.

PALING VIRAL  10 Fitur Google Duo Yang Harus Anda Ketahui dan Gunakan

Untuk pengalaman bermain game konsol PC terbaik, gunakan Steam dalam Mode Gambar Besar. Ini adalah antarmuka pengguna seperti konsol untuk PC, tidak seperti yang ditemukan di Xbox Series X atau PlayStation 5. Gunakan untuk menggilir perpustakaan Anda, menginstal game, dan meluncurkannya.

Temukan Pengontrol Terbaik dan Keyboard Nirkabel

Dengan pengaturan perangkat keras Anda, Anda memerlukan sesuatu untuk dimainkan. Ini mungkin berupa USB atau pengontrol nirkabel, atau keyboard dan mouse. Ini tentu saja akan tergantung pada jenis permainan yang ingin Anda mainkan.

Pengontrol untuk konsol lain seharusnya berfungsi dengan baik di konsol game PC Anda. Pilih pengontrol, Google itu terkait dengan sistem operasi pilihan Anda, Anda akan segera mengetahui apakah mereka kompatibel.

Daripada memberikan daftar lengkap konsol dari 20 tahun terakhir, lebih mudah memilih pengontrol. Untuk menghemat waktu, kami telah membuat panduan untuk menghubungkan pengontrol Xbox One PC Windows.

Hubungkan PC Konsol Anda ke TV Anda

Jika Anda sudah mencapai tahap ini, maka Anda siap untuk menghubungkan konsol game PC Anda ke TV Anda. Opsi di sini bergantung pada output yang ditawarkan dari laptop atau komputer desktop Anda.

Dengan Kabel HDMI

Opsi kabel HDMI adalah yang paling jelas. Sebagian besar TV sekarang dikirimkan dengan HDMI sebagai pilihan utama (jika tidak hanya), dan kabel HDMI jauh lebih terjangkau daripada beberapa tahun yang lalu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan HDMI out dari komputer ke TV Anda, lalu pilih saluran HDMI di TV Anda.

Menggunakan laptop untuk konsol game PC Anda? Anda harus mengalihkan output video ke TV Anda daripada tampilan built-in.

  • Tekan Windows + P
  • Di panel Proyek pilih Duplicate untuk hasil terbaik

Layar kedua hanya dapat digunakan tetapi cenderung tidak berfungsi dengan baik.

Dengan Kabel Lainnya

Kecuali Anda menggunakan komputer lama (dan menghindari game generasi saat ini), Anda mungkin tidak memerlukan kabel apa pun selain HDMI. Namun, banyak TV yang masih memiliki konektor VGA, konektor DVI, dan konektor RGB. Jika TV baru tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat menemukan adaptor untuk mengubah sinyal HDMI menjadi sesuatu yang dapat ditampilkan TV Anda.

PALING VIRAL  10 Aplikasi Filter Wajah Terbaik Untuk Selfie Dalam Waktu Singkat

Biasanya ini akan berhasil dengan baik, tetapi dengan kabel yang salah dapat berubah menjadi mimpi buruk.

Streaming dan Cloud Gaming

Kami sebagian besar telah melihat mengubah PC fisik menjadi konsol game menggunakan Steam. Sebagian besar ini adalah opsi terbaik, tetapi ada alternatif di bidang cloud gaming.

Ini adalah layanan berbasis langganan yang memungkinkan Anda memainkan game berkualitas tinggi di komputer mana pun, apa pun spesifikasinya. Jika komputer dapat menjalankan sistem operasi dan browser saat ini, dan Anda memiliki internet broadband, permainan cloud dapat dinikmati.

Layanan cloud gaming memiliki antarmuka pengguna seperti konsol, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan pengontrol game dan bermain! Kehilangan game tertentu di konsol game PC Anda? Layanan cloud gaming mungkin jawabannya.

Layanan utama cloud gaming meliputi:

  • GeForce Now
  • Google Stadia
  • Project xCloud

Tidak suka itu? Bukan masalah. Anda juga dapat melakukan streaming game di sekitar rumah Anda menggunakan Steam In-Home Streaming. Permainan berjalan di PC Anda, tetapi dapat dimainkan di perangkat lain yang kompatibel, PC atau ponsel. Aplikasi tersedia untuk Android dan iOS.

Sekarang Anda Dapat Menggunakan PC Anda sebagai Konsol Game

Baik Anda memiliki PC kelas atas atau memiliki sistem yang lebih sesuai untuk cloud gaming, Anda dapat menggunakan komputer Anda sebagai konsol game. Mungkin memerlukan beberapa penganggaran cerdas untuk perangkat keras tambahan atau untuk membayar langganan game, tetapi ini adalah proposisi yang semakin realistis.

Dengan pengaturan yang tepat, pengontrol yang layak, dan TV pintar – belum lagi audio yang sesuai – PC Anda dapat memberi Anda pengalaman konsol game yang lengkap.