Cara Mengubah Suara (Sound) Sistem di Windows 11

Ingin mencampur suara sistem Anda di Windows 11? Inilah cara melakukannya… dan bahkan mengatur beberapa suara kustom Anda sendiri jika Anda mau.

Seiring dengan desain yang lebih lembut dan lancar, Windows 11 juga telah menyinkronkan suara sistemnya agar sesuai dengan daya tarik visualnya. Jadi notifikasi sekarang terdengar lebih tenang di Windows baru.

Tetapi Anda mungkin tidak menyukai pengalaman sonik yang lebih tenang ini. Atau mungkin ingin menyesuaikan suara Windows sesuai keinginan Anda. Nah, itu mudah dilakukan, jadi mari kita lihat bagaimana Anda dapat mengubah suara di Windows 11.

Cara Mengubah Suara di PC Windows 11 Anda

Windows 11 adalah versi Windows pertama yang memiliki rangkaian suara berbeda untuk mode terang dan gelapnya. Meskipun terpisah, suaranya tidak sepenuhnya berbeda untuk kedua mode.

Mode terang memiliki suara yang lebih terang dan lebih keras daripada mode gelap, namun, Microsoft telah merancang kedua profil suara sistem ini agar lebih tenang dan lembut.

Tetapi jika Anda ingin mengubah suara yang lebih tenang ini atau menambahkan yang baru, berikut ini cara melakukannya:

  • Klik ikon Cari di taskbar dan cari sound settings.
  • Klik sound settings di bawah Pencocokan terbaik atau klik Open di panel kanan di bawah sound settings. Anda juga dapat membuka halaman Pengaturan suara sistem dengan mengklik kanan ikon Sound di taskbar dan memilih Sound settings.
  • Gulir ke bawah ke bagian Advanced dan klik More sound settings.
  • Jendela Suara dengan berbagai opsi akan terbuka. Klik opsi Sounds di bagian atas jendela dan daftar Program Events akan terbuka di bawah Program Events. Ini akan menjadi acara seperti Pengingat Kalender, Alarm Baterai Lemah, Pemberitahuan Email Baru, dan banyak lagi.
  • Sekarang cukup pilih program event yang ingin Anda ubah suaranya. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di atas, saya memilih Low Battery Alarm, dan suara default yang ditunjuk untuk itu adalah Windows Background.
  • Sekarang klik panah menu di sebelah nama suara Windows Background default. Ini akan membuka daftar opsi suara yang dapat Anda atur.
PALING VIRAL  7 Aplikasi Terbaik Untuk Diet Paleo

Terkadang suara yang ditawarkan Windows diberi nama yang tidak jelas, seperti “Alarm 01”. Jika Anda ingin melihat seperti apa suaranya, pilih salah satu dan dengarkan dengan mengklik tombol Test. Jika Anda tidak menyukainya, pilih saja yang lain. Dan jika Anda menyukai suaranya, klik Apply untuk menguncinya.

Jika Anda ingin mematikan suara acara tertentu, cukup gulir ke atas menu opsi suara dan pilih opsi (None). Kemudian klik Apply dan OK.

Ada beberapa acara yang tidak memiliki suara default yang ditetapkan untuknya, seperti Menu Pop-up atau Open Program. Anda selalu dapat mengatur suara baru untuk acara program ini. Sebagai contoh, saya telah mengatur Ring 07 sebagai suara untuk Open Program, jadi setiap kali sebuah program dibuka akan mengeluarkan suara.

PALING VIRAL  Speaker iPhone Tidak Bekerja? Inilah Cara Memperbaikinya

Cara Mengatur Suara Pilihan Anda Sebagai Notifikasi

Jika Anda tidak menyukai opsi suara yang disediakan Windows untuk Anda, Anda dapat mengubahnya ke suara pilihan Anda. Sebelum Anda mulai, pastikan bahwa suara yang ingin Anda tambahkan dalam format WAV, karena Windows hanya akan menerimanya sebagai suara sistem.

Untuk menyimpan suara yang disesuaikan, klik Browse di pengaturan suara untuk membuka File Explorer. Kemudian pilih efek suara WAV khusus yang ingin Anda gunakan. Klik Open untuk membuka pengaturan suara dan klik Apply dan OK untuk menyimpan suara.

Suara notifikasi email baru Anda dapat menjadi bagian intro dari salah satu lagu favorit Anda pastikan Anda mengonversinya ke WAV terlebih dahulu.

Cara Mematikan Suara Startup Windows 11

Microsoft belum memberikan opsi apa pun untuk mengubah Suara Startup Windows 11. Namun, Anda dapat memilih untuk mematikan suara startup default jika Anda tidak suka mendengarnya setiap kali Anda mem-boot PC Anda.

Cari Sound settings > More sound settings > Sounds untuk mencapai halaman pengaturan suara seperti yang dibahas di atas.

Sekarang di bawah jendela Program Events, centang saja kotak biru di sebelah Play Windows Startup sound. Dan suara Startup akan dimatikan.

Cara Mematikan Suara Sistem di Windows 11

Mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin fokus pada tugas penting dan tidak menginginkan gangguan apa pun. Dan itu termasuk mematikan suara sistem Windows 11.

Jika Anda ingin sedikit kedamaian dan ketenangan, Anda dapat dengan mudah mematikan suara sistem. Cari Sound settings > More sound settings > Sounds untuk membuka halaman pengaturan suara.

PALING VIRAL  9 Aplikasi Konversi Mata Uang Terbaik Untuk Android

Di bawah Sound Scheme: pilih opsi No Sounds. Setelah selesai, Anda tidak akan lagi diganggu oleh suara sistem apa pun selama bekerja.

Cara Mengubah Skema Suara Windows 11 Anda ke Yang Disesuaikan

Windows 11 hadir dengan Skema Suara default. Namun, seperti yang telah Anda pelajari, Anda dapat mengubah suara sistem sesuai keinginan Anda.

Jadi setelah Anda mengubah suara program events, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyimpan semua suara yang diubah itu di bawah skema suara yang berbeda. Berikut caranya:

Setelah semua suara sistem diubah, klik tombol Save as di sebelah menu tarik-turun Sound Scheme. Di jendela yang terbuka, beri nama Sound Scheme pribadi Anda, misalnya, Anda bisa menamainya My New Sounds. Kemudian klik OK.

Sekarang jika Anda menavigasi dalam menu tarik-turun Skema Suara, nama skema suara baru Anda (yang memiliki grup dari semua suara pilihan Anda), juga akan muncul di sebelah yang default. Dan Anda dapat mengaktifkannya hanya dengan memilihnya di menu.

Dengan cara ini Anda dapat membuat skema suara yang berbeda dan hanya beralih di antara mereka (dan default Windows) hanya dengan satu klik.

Nikmati Windows 11 Dengan Suara Yang Anda Sukai

Windows 11 memang hadir dengan suara yang lebih tenang dan menyenangkan, tetapi sekarang Anda juga tahu betapa mudahnya mengubah suara sistem sesuai keinginan Anda.

Jadi lanjutkan dan coba suara baru untuk PC Anda, dan berikan ciri khas sonik dari gaya unik Anda.