Cara Menikmati Suara Spasial Dengan Windows Sonic Untuk Headphone di Windows 10

Suara spasial adalah pengalaman audio baru. Inilah cara Anda mengaktifkannya di Windows 10.

Windows 10 menyertakan opsi audio revolusioner, tetapi Anda harus tahu ke mana harus mengaktifkan dan menggunakannya.

Suara spasial mengubah profil audio pada sistem, mengubah keluaran audio bagi pengguna. Ini adalah fitur Windows 10 terintegrasi, yang dikenal sebagai Windows Sonic, dan itu akan mengubah cara Anda mendengar sesuatu selamanya.

Apa Itu Windows Sonic

Windows Sonic adalah alat audio tingkat platform yang mengemulasi suara surround. Namun lebih dari itu, Windows Sonic juga dapat menggunakan suara spasial, pengalaman audio yang imersif yang menempatkan audio di sekitar Anda.

Anggap saja seperti ini. Saat Anda menggunakan suara surround tradisional, audio menyapu Anda melintasi satu bidang horizontal. Anda merasakan audio yang luar biasa, tetapi semua suara sampai pada tingkat yang sama (tergantung pada pengaturan Anda, tentu saja).

Suara spasial Windows Sonic dapat menggerakkan audio ke seluruh tubuh Anda, membuat suara audio seolah-olah berasal dari atas kepala atau di bawah kaki Anda.

Katakanlah Anda sedang menonton film dengan helikopter terbang di atas. Dengan suara surround, Anda mendengar rotor di sekitar Anda. Tapi dengan suara spasial, Anda mendengar rotor helikopter bergerak dari belakang Anda, di atas kepala, lalu di depan.

PALING VIRAL  Cara Menggunakan Windows File Recovery Untuk Mengembalikan Data Anda Yang Hilang

Suara spasial, kemudian, seperti pengalaman audio tiga dimensi, memungkinkan Anda mendengar dan mengalami audio secara vertikal dan horizontal.

Opsi Suara Spasial Apa yang Didukung Windows 10

Windows Sonic adalah salah satu format suara spasial yang didukung oleh Windows 10 sejak pembaruan Pencipta pada 2017. Judul resminya adalah Windows Sonic for Headphones, tetapi ini bukan satu-satunya opsi suara spasial yang tersedia untuk pengguna Windows 10.

Dua opsi lain yang Anda inginkan adalah Dolby Atmos for Headphones dan Dolby Atmos for Home Theater.

Anda dapat menggunakan Windows Sonic untuk Headphone dengan set headphone atau earbud apa pun, sementara Anda dapat menggunakan Dolby Atmos dengan perangkat keras tertentu yang mendukung format tersebut. Opsi Dolby Atmos juga mengharuskan Anda membeli aplikasi seharga $ 15 sebagai pembayaran satu kali.

Bagaimana Saya Mengaktifkan Windows Sonic Untuk Headphone

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah suara spasial tersedia di komputer Anda.

Masukkan spatial di bilah pencarian menu Start Anda dan pilih Pencocokan Terbaik. Ini akan membuka jendela Pengaturan Suara Windows 10.

Di bawah Output, pilih Device properties. Jika suara spasial tersedia di sistem Anda, Anda dapat menggunakan menu tarik-turun untuk memilih Windows Sonic untuk Headphone.

Bagaimana Saya Mematikan Windows Sonic Untuk Headphone

Anda dapat mengikuti proses yang sama seperti di atas tetapi secara terbalik.

Atau, klik kanan ikon audio di baki sistem Anda (di sudut kanan bawah layar), lalu menuju ke Spatial Sound > Off.

Anda juga dapat menemukan opsi suara spasial di opsi Sound Control Panel. Dari jendela Pengaturan Suara Windows 10, pilih Sound Control Panel. Klik kanan perangkat audio aktif Anda dan pilih Properties, lalu buka tab Spatial Sound.

PALING VIRAL  Cara Menjadwalkan Waktu Mode Terang dan Gelap di Windows 11

Anda dapat menggunakan menu tarik-turun untuk mematikan Windows Sonic untuk Headphone. Bergantung pada headset Anda, Anda juga akan menemukan opsi untuk mematikan suara surround dan juga di sini.

Opsi Suara Spasial Pada Xbox Series X / S Dan Xbox One

Windows Sonic untuk Headphone tersedia untuk Xbox Series X dan S, ditambah Xbox One. Anda akan menemukan opsi audio Xbox di Settings > General > Volume & Audio Output. Dari sini, Anda dapat mengubah pengaturan audio Xbox Series X / S dan Xbox One.

Gunakan menu tarik-turun Headset untuk memilih Windows Sonic for Headphones (atau Dolby Atmos untuk Headphone, jika headset Anda mendukung opsi itu).

Menguji Windows Sonic Untuk Headphone

Pengalaman yang Anda miliki dengan suara spasial bergantung pada headphone Anda. Setelah mengaktifkan Windows Sonic untuk Headphone, Anda harus mencoba menonton beberapa trailer film yang berbeda, memainkan beberapa video game, dan bahkan mendengarkan musik.

Saya mencoba Windows Sonic untuk Headphone pada dua headphone dan satu set earbud.

Yang pertama adalah headset HyperX Cloud berkabel. Headset khusus ini sekarang berusia empat tahun tetapi masih berfungsi dengan sangat baik. Mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Sonic pasti membuat perbedaan pada audio keluaran. Rangkaian suara tampak lebih kaya, dengan kedalaman lebih dari yang tersedia sebelumnya.

Yang kedua adalah sepasang earbud Anker Soundcore Life P2 yang terhubung ke Windows 10 melalui Bluetooth. Perubahan ini paling sedikit terlihat. Ada sedikit perbedaan, tetapi jangkauan terbatas dari earbud menghalangi kemampuan suara yang diemulasi untuk berkembang lebih jauh daripada yang dimungkinkan oleh perangkat keras.

PALING VIRAL  Cara Memperbaiki Kesalahan WiFi Doesn’t Have a Valid IP Configuration (WiFi Tidak Memiliki Konfigurasi IP Yang Valid)

Jangan salah, masih terdengar bagus, dan itu adalah earbud yang brilian. Tetapi Windows Sonic untuk Headphone tidak membuat perbedaan yang terlihat.

Terakhir, headset Creative SXFI Theater. Ini adalah opsi paling menarik karena headphone ini dirancang khusus untuk suara spasial melalui teknologi SXFI Creative.

Karena headset Creative dirancang untuk suara spasial, keluaran audio pada headset ini sangat berbeda. Windows Sonic for Headphones memberikan suara yang seluruhnya lebih kaya, dengan nada tinggi yang lebih tajam. Spektrum mid-audio terdengar bagus juga.

Apakah Windows Sonic Untuk Headphone Ada gunanya

Setelah menguji Windows Sonic untuk Headphone pada tiga opsi berbeda, umpan baliknya bagus. Ini pasti memberikan beberapa peningkatan audio sambutan di seluruh papan, bahkan jika mereka tampaknya kurang terlihat di earbud.

Apakah perbedaan itu kurang terlihat karena ukuran earbud (perangkat keras itu sendiri, seperti driver) atau karena teknologinya tidak berfungsi dengan baik dengan perangkat yang lebih kecil, adalah pertanyaan lain. Umpan balik umum dari pengguna lain juga bagus.

Namun, ada perbedaan antara meningkatkan kualitas audio dan menerapkan suara spasial yang sebenarnya. Jadi, meskipun audionya lebih baik, namun ada kekurangan pengalaman suara spasial yang imersif di ketiga opsi tersebut.

Munculnya game dan pengalaman virtual reality mendorong permintaan akan pengalaman audio spasial, tetapi masih belum banyak digunakan seperti suara surround. Tetapi sebagai opsi gratis dalam sistem operasi Anda? Nyalakan dan tingkatkan pengalaman audio Anda!