Cara Menjadwalkan Waktu Mode Terang dan Gelap di Windows 11

Aplikasi Auto Dark Mode adalah cara yang fantastis untuk secara otomatis menjadwalkan mode terang dan gelap di Windows 11 dengan sedikit usaha.

Sama seperti Windows 10, Windows 11 menyertakan mode terang dan gelap yang sesuai dengan preferensi Anda. Jika Anda pergi untuk mengubah ke mode gelap, jendela platform akan menjadi hitam. Memilih cahaya akan mengubah warna jendela menjadi putih.

Pengaturan ini secara permanen menerapkan skema warnanya hingga Anda secara manual mengubah ke yang lain. Windows 11 tidak menyertakan opsi tambahan apa pun yang memungkinkan Anda menjadwalkan waktu agar mode gelap dan terang menyala secara otomatis. 

Namun demikian, Anda masih dapat mengonfigurasi mode gelap/terang untuk berubah secara otomatis dengan aplikasi Auto Dark Mode.

Atur Waktu Mode Gelap dan Terang Dengan Auto Dark Mode

Mode Gelap Otomatis adalah perangkat lunak freeware yang bagus yang memungkinkan Anda menjadwalkan mode gelap dan terang. Misalnya, Anda dapat menggunakan Auto Dark Mode untuk beralih ke mode terang pada jam 9 pagi dan kembali ke mode gelap pada jam 6 sore. 

PALING VIRAL  8 Langkah Untuk Mempercepat Koneksi Data Seluler Yang Lambat

Aplikasi ini memberi Anda kendali penuh atas waktu, sehingga Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat mengatur waktu mode gelap dan terang dengan Mode Gelap Otomatis:

Klik AutoDarkModeX_10.1.10.exe untuk mengunduh penginstal Auto Dark Mode.

Buka jendela File Explorer (Anda dapat menekan tombol pintas Windows + E untuk membukanya).

Buka folder tempat Anda menyimpan penginstal.

Klik dua kali AutoDarkModeX_10.1.0.10.exe untuk membuka wizard pengaturannya dan menginstal perangkat lunak.

Auto Dark Mode akan diluncurkan secara otomatis setelah penginstalan. Namun, jika tidak karena alasan tertentu, masukkan Auto Dark Mode di kotak pencarian Windows 11 untuk menemukan dan membukanya.

Pilih tab Time Auto Dark Mode yang ditunjukkan langsung di bawah.

Kemudian klik tombol radio Set custom hours.

Klik pengaturan Light clock untuk memilih waktu mode. Anda harus mengeklik panah atas/bawah pada pemilih waktu dan tombol centang untuk memilih dan menerapkan waktu.

Untuk mengatur waktu untuk mengaktifkan mode gelap, klik pengaturan Jam Dark. Kemudian pilih waktu untuk memulai mode tersebut, dan klik tombol centang.

PALING VIRAL  √ Cara Mudah Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone

Setelah itu, tunggu waktu yang Anda pilih untuk memulai mode terang dan gelap.

Program akan tetap berjalan setelah Anda menutup jendelanya, jadi Anda tidak perlu meminimalkannya. Untuk menutup Auto Dark Mode, klik kanan ikon baki sistem aplikasi dan pilih Close.

Pengaturan Auto Dark Mode Lainnya

Auto Dark Mode juga memiliki beberapa pengaturan lain pada tab yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengatur hotkey mode gelap dan terang. Untuk melakukannya, klik di kotak Force Light Mode Hotkey atau Force Dark Mode Hotkey pada tab Switch Modes

Kemudian tekan tombol pintas seperti Ctrl + L atau Ctrl + D untuk mode yang Anda pilih. Untuk menerapkan tombol pintas, aktifkan opsi Enable system-wide hotkeys.

Anda dapat memilih wallpaper desktop yang berbeda untuk mode terang dan gelap. Untuk melakukannya, klik opsi Pick a wallpaper pada tab Personalization.

PALING VIRAL  Cara Terbaik Untuk Mengkonversi Video ke GIF

Nyalakan pengaturan Enable wallpaper switch, dan pilih mode di menu tarik-turun Mode. Pilih opsi Picture pada menu tarik-turun Type, dan pilih Pick a file untuk memilih wallpaper. 

Kemudian wallpaper desktop akan berubah menjadi latar belakang yang Anda pilih saat mode terang atau gelap menyala.

Auto Dark Mode Adalah Aplikasi Freeware Yang Hebat

Opsi untuk mengatur waktu mode gelap dan terang di Windows 11 adalah sesuatu yang seharusnya ditambahkan Microsoft ke platform desktop terbarunya. Siapa tahu, mungkin suatu hari Microsoft akan menambahkan fitur seperti itu ke Windows 11 dengan pembaruan. 

Untuk saat ini, Anda dapat mengonfigurasi waktu mode gelap/terang dengan Mode Gelap Otomatis.

Secara keseluruhan, Mode Gelap Otomatis adalah aplikasi yang layak untuk mengonfigurasi dan menyesuaikan mode gelap dan terang Windows 11. 

Dengan opsi Set custom hours, Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari dunia mode gelap dan terang dengan mengatur waktu mulai untuk mereka. Hotkey Mode Gelap Otomatis dan pengaturan kustomisasi wallpaper juga merupakan opsi tambahan yang bagus untuk mode warna.