Cara Menyesuaikan Start Menu di Windows 11 Sesuai Keinginan Anda

Windows 11 memiliki menu Start yang agak berbeda dari sebelumnya. Cari tahu bagaimana Anda dapat menyesuaikan menu itu sesuai keinginan Anda dalam panduan ini.

Menu Start telah menjadi bagian integral dari Windows sejak 1995. Tentu saja, Windows 8 adalah salah satu pengecualian. Namun, menghapus menu Start dari platform itu ternyata merupakan kesalahan fatal bagi Microsoft.

Sekarang Anda harus memahami menu Start yang agak berbeda di Windows 11 setelah memutakhirkan ke platform desktop baru. Meskipun menu itu telah berubah, Anda masih dapat menyesuaikannya dengan berbagai cara melalui Settings dan menambahkan pintasan aplikasi ke dalamnya. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menyesuaikan menu Start di OS desktop terbaru Microsoft.

Menu Start Windows 11 Baru

Perbedaan besar antara menu Start Windows 11 dan pendahulunya adalah tidak memiliki ubin. Lewatlah sudah pintasan live tile animasi keren yang menerangi menu Windows 10. Apakah itu perubahan menjadi lebih baik masih bisa diperdebatkan.

Namun, menu Start Windows 11 memang menampilkan item file terbaru, yang merupakan fitur yang tidak dimiliki menu sebelumnya. Jadi, Anda dapat memilih file yang baru saja Anda buka di aplikasi perangkat lunak dari menu untuk membukanya kembali saat diperlukan. Itu adalah fitur aksesibilitas yang ramah yang akan dihargai oleh banyak pengguna.

Perbedaan penting lainnya adalah bahwa menu Start Windows 11 menggabungkan kotak pencarian. Anda dapat memasukkan kata kunci di sana untuk mencari dari menu. Oleh karena itu, kotak pencarian lebih terintegrasi dengan menu baru.

PALING VIRAL  4 Alternatif Procreate Terbaik Untuk Android

Cara Menyematkan Pintasan Aplikasi ke Menu Start

Anda dapat menyematkan pintasan aplikasi untuk perangkat lunak terpenting Anda ke menu Start. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Klik tombol Start taskbar untuk membuka menu.
  • Tekan tombol All apps.
  • Klik kanan aplikasi dan pilih opsi Pin to Start.

Kemudian Anda akan melihat pintasan di bagian aplikasi yang disematkan di menu Start. Untuk menghapus aplikasi yang disematkan, klik kanan dan pilih Unpin from Start.

Tambahkan Pintasan Folder Library ke Menu Start

Sayangnya, Anda tidak dapat menyematkan pintasan desktop folder ke menu Start di Windows 11. Namun, Anda masih dapat menambahkan pintasan folder Library ke menu itu, seperti subfolder Video, Dokumen, Gambar, Unduhan, dan Musik akun pengguna Anda, antara lain .

Ini adalah bagaimana Anda dapat menambahkan pintasan folder ke menu melalui Settings.

  • Pertama, buka menu Start.
  • Klik pintasan aplikasi Settings yang disematkan.
  • Kemudian pilih tab Personalization.
  • Klik Start > Folders dari sana untuk memunculkan opsi yang ditunjukkan di bawah ini.
  • Sekarang klik tombol On untuk folder library yang ingin Anda tambahkan ke menu Start. Kemudian Anda akan melihat pintasan baru di bagian bawah menu Start.

Aktifkan/Nonaktifkan Fitur Aplikasi dan Item Start Menu

Menu Start Windows 11 dapat menampilkan aplikasi dan item yang baru ditambahkan, tetapi tidak harus. 

Sebagai gantinya, Anda dapat mengonfigurasi apa yang dilakukan dan tidak ditampilkan oleh menu itu dengan menyesuaikan beberapa opsi di Pengaturan.

  • Untuk membuka Settings, tekan tombol Windows + I.
  • Klik Personalization di sisi kiri Settings.
  • Kemudian Anda dapat mengklik Show recently opened items in Start, Jump Lists, and File Explorer aktif atau nonaktif untuk menonaktifkan file yang direkomendasikan.
  • Untuk mengubah cara menu Start menampilkan aplikasi, klik tombol sakelar aktif atau nonaktif untuk opsi Show the most used app dan Show recently added apps.

Ubah Warna Menu Start

Menu Start dan bilah tugas akan berwarna biru tua secara default, tetapi Anda tidak harus tetap menggunakannya. Aplikasi Pengaturan Windows 11 menyertakan palet warna yang dapat Anda pilih dengan berbagai warna berbeda. Anda dapat mengubah warna menu Start dengan palet itu sebagai berikut.

  • Pertama, pilih Settings pada menu Start.
  • Pilih tab Personalization Pengaturan.
  • Klik Colors pada tab itu untuk memunculkan opsi di tangkapan layar langsung di bawah.
  • Windows menjadi abu-abu The Show accent color on Start and taskbar saat opsi mode White dipilih. Jadi, Anda harus memilih pengaturan Dark pada menu tarik-turun Choose your mode.
  • Kemudian pilih Show accent color on Start and taskbar.
  • Klik dua kali Accent color untuk memperluas paletnya.
  • Kemudian pilih warna yang berbeda untuk menu Start dan taskbar di sana.
  • Anda dapat membuka palet warna yang lebih besar dengan mengklik opsi View colors.
  • Klik kiri dan seret lingkaran kecil pada palet itu untuk memilih warna yang berbeda dengannya, dan tekan tombol Done.
PALING VIRAL  7 Perawatan Windows Penting Yang Harus Sering Anda Lakukan

Pindahkan Start Menu ke Sisi Kiri Taskbar

Taskbar Windows 11 yang dapat disesuaikan memiliki menu dan ikon Start terpusat. Apakah Anda tidak suka menu utama? Jika tidak, ini adalah bagaimana Anda dapat memindahkan menu Start dan ikon lainnya ke sisi kiri taskbar.
  • Buka jendela Settings.
  • Klik Personalization dan Taskbar untuk menavigasi ke opsi lebih lanjut.
  • Kemudian klik dua kali Taskbar behaviors untuk memperluas pengaturannya.
  • Pilih Left pada menu tarik-turun Taskbar alignment. Setelah itu, menu Start Anda akan rata kiri seperti pada snapshot langsung di bawah ini.

Tambahkan Menu Start Alternatif ke Taskbar dengan StartAllBack

Jika Anda tidak terlalu menyukai menu Start Windows 11 yang dirubah, Anda dapat memulihkan menu bergaya klasik dengan aplikasi StartAllBack. StartAllBack adalah aplikasi baru yang mencakup berbagai menu Start dan opsi penyesuaian bilah tugas. Perangkat lunak tersebut dijual dengan harga $4,99, dan Anda dapat mencoba uji coba 30 hari dengan mengeklik Download 3.0.5 di halaman web StartAllBack.

Setelah mengunduh StartAllBack, klik tombol bilah tugas File Explorer. Kemudian buka folder tempat Anda mengunduh perangkat lunak. Terakhir, klik file StartAllBack_3.0.5_setup.exe untuk menginstal program.

PALING VIRAL  7 Situs Torrent Terpendam Untuk Mendapatkan Konten Tanpa Sensor

Setelah menginstalnya, jendela konfigurasi StartAllBack akan terbuka. Selanjutnya, klik tab Start Menu untuk membuka opsi yang ditunjukkan langsung di bawah ini. Di sana Anda dapat mengklik tombol sakelar opsi Use enhanced classic start menu untuk mengaktifkannya.

Memilih opsi itu tidak benar-benar mengembalikan menu gaya Windows 10 dengan ubin langsung. Namun, Anda dapat memilih opsi Plain8 dan Windows 7 pada menu drop-down Visual style. Jika Anda memilih opsi Windows 7, menu Anda akan terlihat seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda selanjutnya dapat menyesuaikan gaya visual menu dengan mengubah Icon size dan Icon count Ikon.

Di luar opsi visual, Anda dapat mengonfigurasi semua pengaturan program, umum, pencarian, dan item sisi kanan untuk menu Start. Opsi item sisi kanan memungkinkan Anda untuk menambah atau menghapus pintasan dari kanan menu. Ada juga opsi Power button untuk mengonfigurasi tindakan default tombol itu.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuka jendela konfigurasi StartAllBack setelah menutupnya, buka Control Panel. Pilih Small icons pada menu View by. Kemudian Anda dapat mengklik StartAllBack di Control Panel untuk membukanya dari sana.

Sesuaikan Start Menu Windows 11 Untuk Sesuai Dengan Preferensi Anda

Apakah Anda suka atau tidak suka menu Start Windows 11, ada berbagai cara Anda dapat menyesuaikannya agar lebih sesuai dengan preferensi Anda. Aplikasi Pengaturan yang dirubah menyediakan semua opsi penyesuaian bawaan bagi Anda untuk mengubah warna menu, perataan, fitur aplikasi dan item, dan pintasan folder perpustakaan. 

Namun, jika Anda lebih suka menu gaya lama, periksa StartAllBack, yang mengembalikan replika setia menu Start Windows 7.