Cara Menyinkronkan Desktop Mac dan Folder Dokumen ke iCloud

Ingin memastikan Anda selalu dapat mengakses file penting Anda? Berikut cara menyinkronkan dua direktori macOS utama ke iCloud.

Mencari cara untuk mengosongkan penyimpanan di Mac Anda? Mungkin Anda ingin mengetahui cara mengakses dokumen Mac Anda dari perangkat lain? Anda dapat mencapai kedua tugas ini dengan menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen dari Mac Anda ke iCloud.

Kami tahu solusi penyimpanan cloud bisa membingungkan. Jadi, inilah panduan lengkap tentang cara kerjanya saat Anda menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen dengan iCloud, dan cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini dari Mac Anda.

Bagaimana Desktop Dan Folder Dokumen Bekerja Di iCloud

Saat Anda memberi tahu Mac untuk menyelaraskan folder Desktop dan Dokumen dengan iCloud, semua konten folder tersebut akan diunggah ke akun iCloud Drive Anda.

Jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin perlu berlangganan penyimpanan iCloud tambahan untuk memastikan Anda memiliki cukup ruang untuk semua file ini. Apple hanya memberi Anda 5GB gratis.

Setelah folder Desktop dan Dokumen Anda diunggah ke iCloud, semuanya terlihat sama di Mac Anda, tetapi sekarang Anda dapat mengakses file Anda dari iPhone atau iPad dengan menggunakan aplikasi File. Setiap perubahan yang Anda buat di satu perangkat secara otomatis disinkronkan dengan iCloud dan juga muncul di perangkat Anda yang lain.

PALING VIRAL  Kamera Polaroid Atau Instant Terbaik Untuk Anak

Ini juga berarti Anda harus berhati-hati saat menghapus file setelah menyinkronkan ke iCloud. Jika Anda menghapus file dari iPhone Anda, iCloud juga menghapusnya dari Mac Anda dan setiap perangkat Apple lain yang Anda miliki. 

Cara Mengaktifkan Desktop Dan Folder Dokumen Untuk iCloud

Untuk mulai menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen Mac Anda dengan iCloud, Anda harus mengaktifkan opsi di bawah iCloud Drive di Preferensi Sistem Anda.

Begini caranya:

  • Buka menu Apple dan klik System Preferences.
  • Buka Apple ID, lalu pilih iCloud dari bar samping.
  • Aktifkan iCloud Drive, lalu buka Options untuk itu.
  • Nyalakan Desktop & Documents Folders.
  • Klik Done.

Mungkin butuh waktu lama untuk sinkronisasi folder Desktop dan Dokumen dengan iCloud setelah Anda mengaktifkan fitur ini untuk pertama kalinya. Buka Finder dan lihat lingkaran pemuatan di samping iCloud Drive di bar samping untuk mengikuti kemajuan ini.

Hemat Ruang Di Mac Anda Dengan Penyimpanan Yang Dioptimalkan

Setelah menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen Anda ke iCloud, Anda dapat membuat lebih banyak ruang kosong di Mac Anda dengan menghapus unduhan lokal dari semua file yang tidak Anda perlukan.

PALING VIRAL  Cara Menjadwalkan Waktu Mode Terang dan Gelap di Windows 11

Saat Anda menghapus unduhan ini, file Anda masih muncul di Finder dan tetap aman di server iCloud.

Untuk menghapus unduhan Anda secara manual, klik kontrol atau klik kanan file di Finder dan pilih Remove Download. Namun, jauh lebih mudah membiarkan macOS secara otomatis menghapus unduhan untuk file lama dengan mengaktifkan Penyimpanan Mac yang Dioptimalkan.

Berikut cara menyalakannya:

  • Buka menu Apple dan klik System Preferences.
  • Buka Apple ID dan pilih iCloud dari bar samping.
  • Di bagian bawah jendela, aktifkan opsi Optimize Mac Storage.

Cara Mengunduh File Desktop dan Dokumen Dari iCloud

Tentu saja, kerugian besar untuk mengunggah file Anda ke iCloud adalah Anda harus terhubung ke internet kapan pun Anda ingin mengerjakannya.

Jika Anda terhubung ke internet, yang perlu Anda lakukan untuk mengunduh file dari iCloud adalah klik dua kali untuk membukanya dari Finder. Anda akan mengalami penundaan saat file diunduh sebelum dibuka. Penundaan ini sangat bervariasi berdasarkan ukuran file dan kecepatan internet Anda. Tentu saja, tidak ada penundaan jika file tersebut sudah diunduh.

Jika Anda ingin mengunduh beberapa file sebelumnya, mungkin untuk menghindari penundaan nanti atau untuk bersiap untuk bekerja secara offline, yang perlu Anda lakukan adalah mengeklik ikon unduh di samping file di Finder. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat lingkaran pemuatan mulai terisi di sebelah tempat dikatakan iCloud Drive di sidebar, yang menunjukkan kemajuan unduhan Anda.

PALING VIRAL  √ 5 Cara Mengatasi Penyesalan Dalam Hidup

Saat Anda mengunduh file ke Mac, ikon unduhan menghilang dari file itu. Setelah Anda membuat perubahan pada file, ikon awan untuk sementara muncul untuk menunjukkan bahwa sedang menyinkronkan perubahan tersebut ke iCloud.

Cara Berhenti Menyinkronkan Folder Desktop Dan Dokumen Dengan iCloud

Jika Anda tidak ingin menyinkronkan folder Desktop dan Dokumen ke iCloud, Anda dapat mematikan fitur ini kapan saja dari Preferensi Sistem Anda. Saat Anda melakukannya, semua file di folder Desktop dan Dokumen tampak menghilang, tetapi masih tersedia di iCloud.

Untuk mengunduh folder Desktop dan Dokumen Anda, buka jendela Finder baru dan pilih iCloud Drive dari bar samping. Temukan folder Desktop dan Documents di iCloud Drive, lalu seret dan jatuhkan ke Macintosh HD Anda.

Tentu saja, ini hanya mungkin dilakukan jika Anda memiliki cukup penyimpanan gratis untuk mengunduh semua file itu di Mac Anda, untuk itu lihat tips kami cara mengosongkan ruang dimac Anda.