Cara Pasang Aplikasi Google Camera di Ponsel Android Apa Pun

GCam adalah aplikasi kamera Android terbaik. Tetapi ini tidak hanya untuk ponsel Pixel, Anda bisa mendapatkan dan memasangnya di hampir semua perangkat Android.

Dalam hal fotografi ponsel cerdas, bahkan pengamat yang paling kasual pun akan memperhatikan perangkat lunak sangat penting. Pemimpin mapan di bidang ini adalah aplikasi Google Camera yang dirancang untuk ponsel Pixel.

Berkat komunitas modding Android, Google Camera sekarang lebih banyak tersedia. Dipersiapkan untuk memanfaatkan setiap bagian dari kemampuan kamera Anda, aplikasi ini menghadirkan teknologi pemrosesan gambar paling canggih ke ponsel Anda.

Berikut cara Pasang Google Camera di ponsel Anda.

Apa itu Google Camera

Langsung dari divisi penelitian dan pengembangan Google yang mutakhir, Google Camera adalah aplikasi kamera yang pertama kali muncul pada tahun 2014 dengan peluncuran ponsel Pixel pertama Google. Meskipun tidak memiliki perangkat keras kamera paling canggih yang akan Anda lihat di smartphone andalan lainnya, perangkat Pixel diketahui menghasilkan beberapa foto seluler terbaik.

Ini menunjukkan perlunya perangkat lunak untuk memanfaatkan setiap bagian dari kamera ponsel. Dengan mengganti aplikasi bawaan kamera Anda, Google Camera memungkinkan Anda memanfaatkan banyak fitur lanjutan, yang secara nyata meningkatkan kualitas keluaran gambar ponsel Anda.

Atau, dikenal sebagai Google Camera Mod atau GCam, aplikasi akan membuat kamera ponsel cerdas Anda bekerja tidak seperti sebelumnya.

Apa Yang Membuat Google Camera Begitu Baik

Apakah fitur Google Camera cukup canggih untuk menggantikan aplikasi kamera bawaan Anda? Pastinya! Anda tidak hanya akan melihat peningkatan kualitas gambar, Anda juga akan memperluas kumpulan opsi untuk mengambil dan memanipulasi gambar.

Fitur berikut membuat Google Camera begitu hebat untuk dimiliki:

  • Slow Motion: Rekam video dengan kecepatan 120 atau 240 frame per detik (fps), tergantung pada kemampuan ponsel Anda. Solusi ideal untuk membuat video yang memamerkan detail gerakan, mengisinya dengan potensi untuk menjadi viral.
  • Motion Photos: Menggabungkan gerakan video tiga detik dengan stabilisasi gambar optik (OIS) ponsel dan giroskop, Anda dapat membuat jepretan video bebas buram.
  • Lens Blur: Didesain terutama untuk bidikan potret, fitur ini mengaburkan latar belakang, menekankan dan menyempurnakan objek di depan dan tengah.
  • HDR +: Dengan cerdik menggunakan waktu eksposur singkat saat mengambil rentetan foto, HDR + mengurangi keburaman, noise gambar, dan meningkatkan jangkauan dinamis. Secara efektif, dari satu set foto, aplikasi mengambil gambar paling tajam, menyempurnakannya secara algoritme dengan memproses setiap piksel, dan memilih warna yang cocok dengan rata-rata di seluruh set foto. Di antara banyak manfaat, HDR + paling banyak menyempurnakan foto dalam kondisi cahaya redup.
  • Smart Burst: Dengan Google Camera terpasang, ponsel Anda akan dapat mengambil sekitar sepuluh foto per detik dengan menahan tombol rana. Setelah melepaskan tombol, aplikasi akan secara otomatis memilih foto terbaik dari set. Ini adalah fitur yang bagus untuk dimiliki ketika Anda ingin menghilangkan foto orang dengan mata tertutup!
  • Video Stabilization: Dengan menggunakan OIS dan stabilisasi video digital, aplikasi memproses klip video untuk menghilangkan artefak distorsi rana, dan mengoreksi fokus. Hasilnya, Anda dapat membuat video halus dan menyenangkan yang tidak akan mengganggu orang lain saat Anda membagikannya di media sosial.
  • Panorama: Sebagian besar kamera memiliki fitur panorama, tetapi GCam lebih baik daripada kebanyakan kamera lainnya. Apalagi Google Camera tidak dibatasi oleh derajat atau sudut. Dengannya, Anda dapat mengambil bidikan panorama secara vertikal, horizontal, dan sudut lebar di seluruh rentang 360 derajat.
PALING VIRAL  Cara Menemukan Profil Palsu di Aplikasi Kencan Online

Beberapa ponsel sudah memiliki beberapa fitur ini, tetapi Google Camera memberikan hasil yang tak tertandingi di hampir setiap area. Ini bahkan meningkatkan bidikan dasar, berkat HDR dan kinerja cahaya rendahnya.

Perbandingan Google Camera dengan Camera Bawaan

Dengan fitur Google Camera yang sudah disingkirkan, mari kita lihat bagaimana mereka menerjemahkan dalam praktiknya, dibandingkan dengan aplikasi kamera yang sudah terpasang.

Anda mendapatkan eksposur yang lebih baik, lebih detail, dan bidikan yang lebih bersih. Upaya untuk mengganti aplikasi kamera default Anda dengan Google Camera sangat berharga. Untungnya, upaya itu tidak terlalu menuntut.

PALING VIRAL  √ Penyebab Karyawan Gagal Menjadi Pengusaha Sukses

Cara Memasang Google Camera 

Untuk kelancaran transisi dari aplikasi kamera default ke Google Camera, yang terpenting adalah kompatibilitas ponsel Anda.

Apa Prasyaratnya

Daftar port hub Pengembang XDA akan terus diperbarui, jadi tidak semuanya hilang jika Anda tidak melihat ponsel Android Anda dalam daftar. Namun, untuk memastikan ponsel Anda bahkan merupakan kandidat yang memungkinkan untuk menginstal Google Camera, itu perlu mendukung API Camera2.

Camera2 API memberi pengembang akses ke kemampuan kamera ponsel Anda untuk memeras setiap kontrol terakhir atas lensanya, flash per frame individu, kecepatan rana, fokus otomatis, RAW Capture, HDR +, OIS, dan sensor kamera.

Meskipun Camera2 API dimulai dengan versi Android 5.0 Lollipop, Android 7.1.1 dan di atasnya jauh lebih mungkin untuk kompatibel. Untuk memastikan ponsel Anda memilikinya, cukup instal aplikasi Camera2 API Probe gratis dari Google Play Store.

Aplikasinya sangat sederhana. Setelah Anda membukanya, layar pertama yang akan Anda lihat adalah daftar kompatibilitas ponsel Anda untuk Camera2API:

Bagian Tingkat Dukungan Perangkat Keras adalah bagian yang paling penting. Ini akan mencakup kompatibilitas untuk kamera belakang dan depan Anda. Inilah yang dimaksud dengan empat level:

  • LEGACY: Dukungan hanya untuk Camera1 API, artinya jika ini adalah satu-satunya tanda centang hijau, Anda tidak dapat memanfaatkan Google Camera di ponsel Anda.
  • LIMITED: Dukungan untuk berbagai kemampuan API Camera2.
  • FULL: Dukungan untuk semua kemampuan API Camera2 yang penting.
  • LEVEL_3: Dukungan tambahan untuk pemrosesan ulang YUV, pengambilan gambar RAW, dan opsi aliran keluaran tambahan.

Dengan level yang lebih tinggi, Anda siap untuk proses instalasi jika Camera2 API Anda diaktifkan.

Jika bukan itu masalahnya, Anda perlu melakukan root pada ponsel Anda, dan mengedit file build.prop dengan BuildProp Editor. Itu jauh lebih maju, dan di luar cakupan panduan ini.

Proses Instalasi Itu Sendiri

Setelah masalah kompatibilitas diurutkan, langkah pertama adalah pergi ke Hub Port Google Camera dan memeriksa apakah Port GCam tersedia untuk perangkat Anda. Di antara puluhan model yang didukung, semuanya tertata rapi oleh pabrikan sesuai urutan abjad, dari Asus hingga Xiaomi.

PALING VIRAL  Cara Mematikan Windows Defender Sementara dan Selamanya

Untuk mempermudah pencarian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ketuk menu ikon tiga titik di sudut kanan atas browser web Anda.
  • Pilih opsi Temukan di halaman atau Find in page.
  • Ketik model ponsel Android Anda. Saat Anda mengetiknya, hasil yang tersedia akan disorot.
Alternatif untuk hub Port Google Camera di atas adalah Hub GCam alternatif ini. Dengan kedua hub tersebut, Anda akan disajikan daftar file APK untuk diunduh ke ponsel Anda. Saat Anda mengetuk file unduhan APK, Anda akan melihat layar peringatan dan perlu mengonfirmasi.

Tentu saja, kami tahu apa fungsi file tersebut, jadi kami ingin mengetuk OK. Selanjutnya, buka Settings > Security dan aktifkan aplikasi untuk diinstal dari Sumber Tidak Dikenal atau Unknown Sources.

Terakhir, pilih file APK yang Anda unduh dengan pengelola file yang bagus dan pilih file APK untuk instalasi untuk melanjutkan.

Anda sekarang harus sudah siap dan siap untuk mulai menjelajahi keajaiban GCam.

Anda Berhasil Memasang Google Camera di Ponsel 

GCam adalah cara mudah untuk memaksimalkan kamera ponsel cerdas Anda yang ada. Jika Anda tidak senang dengan hasil bidikan yang Anda dapatkan, ada baiknya untuk diselidiki.

Jika ponsel Android Anda belum didukung, atau terlalu tua untuk didukung karena persyaratan Camera2 API, Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke Pixel saat Anda meningkatkan ponsel di lain waktu. Dalam skenario seperti itu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak maksimum, dengan semua fitur mutakhir yang mampu dihadirkan raksasa internet.