Cara Terbaik Untuk Membersihkan Windows 10 Anda

Seiring waktu, setiap instalasi Windows membangun sampah yang menghabiskan ruang dan membuang-buang sumber daya. Kita semua lupa untuk melakukan pemeliharaan rutin, sehingga seringkali masalahnya berasal dari file dan program lama.

Namun, jika Anda tidak membersihkan komputer, tidak lama kemudian Anda akan menemukan peringatan ruang disk rendah dan melihatnya melambat. Kami akan memandu Anda melalui cara membersihkan Windows 10 menggunakan berbagai alat untuk berbagai situasi.

1: Hapus Tempat Sampah Sementara 

OS mencakup sepasang alat serupa untuk membersihkan file sementara lama dari disk Anda, artinya Anda tidak memerlukan aplikasi pembersih Windows khusus. Itu adalah perhentian pertama yang luar biasa pada perjalanan pembersihan Windows 10 Anda.

Pembersihan disk 

Jika Anda tidak keberatan dengan antarmuka old-school, alat Disk Cleanup klasik menyelesaikan pekerjaan pembersihan. Akses dengan mengetik Disk Cleanup ke Start Menu dan pilih disk yang ingin Anda bersihkan. 

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat daftar file yang tidak perlu yang dapat dibersihkan oleh Windows. Dengan anggapan Anda seorang administrator, klik tombol Bersihkan file sistem untuk memindai lagi untuk tipe data tambahan.

Jangan ragu untuk menghapus hampir semua kategori data yang tersedia di sini, dengan beberapa pengecualian. Perhatikan Pengunduhan, yang akan menghapus semua yang ada di folder itu. Anda mungkin juga ingin menghindari membersihkan Recycle Bin sampai Anda yakin tidak perlu mengembalikan apa pun darinya.

Jika Anda baru saja memperbarui ke versi utama baru Windows 10, Anda akan melihat entri Instalasi Windows Sebelumnya. Menghapus ini akan menghapus file lama yang disimpan Windows selama 10 hari yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah kembali ke versi sebelumnya. Anda juga harus menghindari menghapus opsi file instalasi ESD Windows, karena ini digunakan untuk mengatur ulang PC Anda melalui Pengaturan.

Sense penyimpanan 

Windows 10 mencakup banyak fungsi yang sama ini di Pengaturan> Sistem> Storage. Anda dapat menggunakan Storage Sense, yang ditemukan di bagian atas, untuk secara otomatis membersihkan file ketika ruang disk Anda rendah, atau sering sekali. 

Dalam daftar apa yang menggunakan ruang pada PC Anda, klik File sementara dan Anda dapat menghapus jenis data yang sama seperti di Pembersihan Disk.

PALING VIRAL  7 Aplikasi Terbaik Untuk Menemukan Apartemen Baru Untuk Disewa

2: Hilangkan File Besar 

Anda telah menghapus file yang tidak perlu; langkah selanjutnya untuk membersihkan Windows 10 adalah menemukan data lama yang menghabiskan banyak ruang di komputer Anda. Untuk membantu dengan ini, unduh TreeSize Free, yang akan memindai penyimpanan Anda dan menunjukkan di mana file terbesar berada. 

Setelah diinstal, cari TreeSize pada Start Menu dan luncurkan menggunakan tautan (Administrator) sehingga Anda dapat memindai di mana-mana. Untuk memulai, pilih Pilih Direktori di kiri atas dan pilih disk penyimpanan utama Anda.

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat gangguan visual penyimpanan PC Anda dengan file terbesar di atas. Klik panah dropdown pada folder apa saja untuk turun satu level.

Folder terbesar mungkin adalah Pengguna, Windows, dan Program Files (atau Program Files (x86)). Tidak banyak yang dapat Anda lakukan di direktori Windows tanpa menyebabkan masalah, jadi mari kita lihat yang lain.

Copot Program Besar 

Di bawah File Program (dan / atau File Program (x86) pada Windows 64-bit), Anda akan menemukan file untuk sebagian besar aplikasi yang telah Anda instal. Jika Anda tidak lagi menggunakannya, buka Pengaturan> Aplikasi> Aplikasi & fitur untuk mencopotnya. 

Baca Juga

Hilangkan Item Besar Dari Folder Pengguna Anda 

Sebagian besar file yang memonopoli ruang angkasa kemungkinan ada di folder akun Anda di bawah Pengguna. Ini berisi dokumen, gambar, video, dan sejenisnya.

Anda mungkin akan melihat banyak ruang yang diambil di folder AppData, yang merupakan tempat banyak aplikasi menyimpan informasi dan preferensi. Misalnya, cache Chrome dan Spotify dapat menghabiskan beberapa gigabytes di sini.

PALING VIRAL  Cara Menyinkronkan Kalender Google Dengan iPhone Anda

Lihatlah file-file ini dan lihat apakah ada sesuatu yang menggantung rendah. Anda dapat menghapus file yang tidak lagi Anda gunakan atau memindahkan beberapa data ke hard drive eksternal. Jika Anda memiliki banyak file di Dropbox atau penyimpanan cloud lainnya, gunakan panel preferensi mereka untuk menyinkronkan file yang tidak Anda butuhkan. Anda selalu dapat mengaksesnya melalui antarmuka web.

Anda mungkin melihat beberapa file besar lainnya di TreeSize, seperti WinSxS. Tapi ini semua tidak aman untuk dihapus pastikan Anda tahu folder Windows apa yang tidak boleh disentuh.

3: Bersihkan Windows 10 Bloatware 

Sebagian besar komputer yang dibeli di toko dipenuhi dengan bloatware pabrikan yang tidak berguna yang membuang-buang ruang dan fungsi duplikat sudah ada di Windows. Selain itu, Windows 10 sendiri mencakup beberapa aplikasi sampah yang mungkin tidak pernah Anda gunakan. 

Bahkan setelah Anda membersihkan komputer, desktop yang berantakan masih dapat membingungkan Anda dan membuatnya lebih sulit untuk bekerja secara efisien. Kebanyakan orang menggunakan desktop mereka sebagai ruang penyimpanan sementara, yang mengarah ke semua jenis file yang tersebar di atasnya. 

Anda harus mencoba mengatur ulang desktop Anda agar lebih rapi. Mulailah dengan memindahkan semua file dari desktop Anda ke lokasi lain. Selanjutnya, Anda dapat membuat pintasan ke file yang Anda perlukan sepanjang waktu di desktop.

Jika Anda memiliki banyak file yang Anda pikir ini tidak akan berfungsi, aplikasi Fences pasti layak untuk dilihat. Ini termasuk alat yang kuat yang memungkinkan Anda secara otomatis menggabungkan ikon desktop yang sama, menyembunyikan atau menampilkan semua ikon dengan beberapa klik, dan banyak lagi.

Setelah Anda membersihkan Windows 10 dan desktop Anda, Anda akan merasa seperti memiliki mesin yang sepenuhnya baru.

PALING VIRAL  Html Code Horizontal line, Color, size, width.

Jika Diperlukan: Refresh Windows 10 

Mungkin Anda merasa bahwa PC Anda berantakan sehingga Anda tidak ingin menghabiskan upaya untuk membersihkan Windows 10. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan opsi bawaan untuk menginstal ulang salinan Windows yang baru.


Anda mungkin tahu tentang opsi Reset this PC yang tersedia di pengaturan Recovery. Namun, menggunakan ini akan mengembalikan PC Anda ke keadaan tidak sesuai, termasuk bloatware pabrikan yang sudah diinstal. Untuk menghindari ini, Anda dapat menggunakan opsi lain.

Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Pemulihan dan klik Pelajari cara memulai baru … di bagian bawah halaman. Ini akan meluncurkan aplikasi Keamanan Windows dan memberi Anda opsi awal yang baru. Menggunakan ini menginstal ulang Windows 10 dan memperbarui ke versi terbaru, serta menghapus semua aplikasi yang diinstal. Hanya file pribadi Anda dan “beberapa pengaturan Windows” disimpan.

Meskipun Windows berjanji untuk menjaganya tetap aman, pastikan Anda mencadangkan file Anda sebelum melakukan ini, jika terjadi kesalahan. Anda juga harus mencatat kunci lisensi apa pun yang Anda perlukan untuk mengaktifkan kembali perangkat lunak setelah refresh.

Harus menginstal ulang semua program Anda dengan tangan akan memakan waktu. Tetapi jika komputer Anda berantakan, mungkin masih layak untuk mendapatkan sistem yang bersih.

Hindari Aplikasi Pembersihan Palsu 

Sementara kami membahas pembersihan Windows 10, perlu disebutkan bahwa Anda harus berhati-hati dengan perangkat lunak apa yang Anda unduh. Meskipun alat di atas adalah cara yang sah untuk membersihkan PC Anda, Anda akan menemukan ratusan “pembersih PC” scammy online yang sama sekali tidak berharga

Alat-alat ini menyediakan “pemindaian gratis” yang menemukan ribuan “masalah”, yang secara tidak masuk akal menghitung setiap cookie di komputer Anda sebagai “risiko privasi”. Kemudian mereka meminta Anda membayar sejumlah uang untuk benar-benar membersihkan apa pun.

Baca Juga