Cara Unlock dan Format Hard Drive Eksternal Untuk Mac

Tidak masalah sistem operasi pilihan Anda, hard drive eksternal bisa sangat berguna. Apakah Anda perlu memindahkan beberapa file ke sistem lain atau ingin melakukan pencadangan cepat, tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa di antaranya.

Tentu saja, hard drive eksternal hanya nyaman ketika Anda benar-benar dapat menggunakannya. Jika hard drive terkunci pada Mac Anda, Anda tidak dapat menggunakannya. Untungnya, ini tidak sering menjadi masalah besar, dan lebih sering daripada tidak, itu mudah dipecahkan.

Apa Artinya Ketika Hard Drive Terkunci di Mac Anda 

Konsep keharusan membuka kunci hard drive eksternal pada komputer Mac mungkin tidak Anda kenal. Ini sebagian karena dapat merujuk pada beberapa masalah yang berbeda.

Ini dapat berarti bahwa drive diatur ke izin hanya-baca sehingga Anda tidak dapat menambah atau menghapus file. Pesan juga dapat berkomunikasi bahwa drive menggunakan sistem file yang didukung sebagian seperti NTFS, yang hanya didukung macOS sebagai read-only. Terakhir, ini dapat menandakan bahwa drive dienkripsi, artinya Anda tidak dapat mengaksesnya dengan cara apa pun hingga Anda mendekripsi disk.

Cara Membuka Kunci Hard Drive di macOS 

Cara termudah untuk membuka kunci hard drive eksternal pada komputer Mac adalah dengan mengklik kanan (atau menahan Option dan mengklik) ikon drive, lalu pilih Get Info. Di sini, gulir ke bawah untuk Sharing and Permissions di bagian bawah, klik ikon kunci, lalu masukkan kata sandi Anda saat diminta.

Sekarang Anda memiliki dua opsi. Jalur yang lebih mudah adalah dengan menemukan kotak centang di sisi kiri jendela dan pilih  Ignore ownership on this volume. Ini akan memungkinkan Anda mengakses drive, tidak peduli siapa yang membuatnya di tempat pertama. 

PALING VIRAL  Cara Menghubungkan Controller Xbox One ke Raspberry Pi

Jika ini adalah drive yang terakhir Anda format, Anda dapat mengubah izin individu di kotak di atas. Ini memungkinkan Anda mengubah izin untuk Read & Write untuk Anda sendiri, sambil menjaga agar drive hanya-baca untuk pengguna lain.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuka kunci hard drive terenkripsi pada sistem Mac, prosesnya juga sama sederhana. Klik kanan (atau tahan Option dan klik) pada ikon drive, baik di tampilan Finder utama atau di bilah samping. Pada menu yang muncul, pilih Decrypt [DriveName] tentu saja, DriveName sebenarnya akan menjadi nama drive.

Ini hanya berfungsi jika Anda tahu kata sandinya. Jika tidak, Anda masih dapat memformat drive; hanya butuh kerja ekstra. Kami akan melihat ini sedikit.

Cara Mengunci Hard Drive di Mac 

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengunci hard drive eksternal pada Mac, kira-kira mirip dengan membuka kunci itu. Untuk membuat drive hanya-baca, klik kanan drive, lalu pilih Dapatkan Info. Di sini, hapus centang Ignore ownership on this volume ini di bagian bawah jendela, jika sudah diperiksa.

Sekarang, dalam pengaturan Sharing & Permissions, ubah Read & Write untuk Read only hanya untuk setiap kategori yang ingin Anda ubah. Ini akan mencegah pengguna atau grup yang tidak diinginkan dari menghapus, menambah, atau mengubah file pada drive.

PALING VIRAL  Apakah Saatnya Untuk Beralih Antara Apple Maps Dengan Google Maps

Mengenkripsi hard drive eksternal pada komputer Mac sama mudahnya dengan mendekripsi mereka. Klik kanan pada drive, lalu pilih Encrypt [DriveName] pada drive yang ingin Anda enkripsi. Sekarang pilih kata sandi, ketik lagi, dan tinggalkan petunjuk kata sandi jika Anda mau. Lalu tekan Encrypt Disk dan tunggu prosesnya selesai. 

Baca Juga

Cara Memformat Hard Drive Eksternal untuk Mac 

Sekarang setelah Anda tahu cara membukanya, Anda siap memformat drive eksternal untuk digunakan di Mac Anda. Sebelum Anda melanjutkan, ketahuilah bahwa ini akan menghapus semua data pada drive. Kecuali Anda yakin tidak membutuhkan data apa pun, Anda harus mencadangkannya sebelum melanjutkan. Bagaimanapun, membackup selalu merupakan ide yang bagus.

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan drive. Sistem file yang berbeda lebih baik untuk tugas-tugas tertentu, jadi Anda harus memilih sistem file yang tepat untuk kebutuhan Anda. 


Setelah Anda siap, buka aplikasi Disk Utility, baik dengan merambannya di menu Aplikasi di Finder atau dengan menekan Cmd + Space untuk mencari dengan Spotlight. Sekarang pilih drive Anda di menu di sisi kiri, dan klik kanan (atau tahan Option dan klik) pada ikon, lalu pilih Erase. 

Pada layar berikutnya, Anda dapat memberi nama drive apa pun yang Anda suka di bagian Name. Anda juga dapat memilih sistem file yang ingin Anda format drive seperti di bawah opsi Format. Sekarang pilih Erase lagi. OS akan memformat drive dengan opsi yang Anda pilih, dan melenyapkan semua data di dalamnya.

PALING VIRAL  8 Situs Jurnal Akses Terbuka Terbaik untuk Siswa

Memberi nama opsi Erase membuat jelas bahwa proses menghapus data Anda, tetapi ini menambah kebingungan dengan cara lain. Jika Anda mencari cara memformat hard drive eksternal untuk Mac, Anda mungkin tidak mencari opsi bernama “erase.”

Masalah Umum Dengan Hard Drive Mac 

Tips pada bagian di atas bersifat umum, sehingga harus berfungsi di sebagian besar drive eksternal. Namun, terkadang, Anda akan mengalami masalah yang lebih spesifik. Misalnya, Anda mungkin mengalami situasi di mana Anda tidak dapat menambahkan file ke drive Seagate di komputer Mac.

Salah satu alasan Anda tidak dapat menambahkan file ke hard drive Seagate di Mac Anda adalah karena ia diformat dengan NTFS. Di macOS, Anda hanya bisa membaca disk dalam format ini, bukan menulis ke mereka. Ini akan mencegah Anda menambahkan, mengubah, atau menghapus file.

Untungnya, Seagate menawarkan Driver Paragon untuk macOS. Ini memungkinkan Anda menambahkan akses tulis ke drive Seagate di macOS tanpa harus memformat ulang. Ini bagus jika Anda menggunakan drive lintas sistem. 

Anda juga dapat memilih perangkat lunak pihak ketiga yang dimaksudkan untuk bekerja pada semua jenis drive. Yang mengatakan, jika Anda mengalami masalah di mana Anda tidak dapat menghapus file pada hard drive eksternal Seagate di macOS, Anda juga dapat memilih opsi perusahaan sendiri.

Baca Juga