iCloud Tidak Menyinkron? Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi iCloud

Mengalami masalah dalam sinkronisasi iCloud untuk menyinkronkan data antar sistem? Kamu tidak sendiri; banyak pengembang telah menyatakan frustrasi mereka dengan masalah iCloud sejak diperkenalkan.

Untungnya, ada banyak perbaikan yang dapat Anda coba untuk menyinkronkan aplikasi macOS dan iOS Anda dengan server Apple. Jangan takut untuk mencoba semuanya jika beberapa yang pertama tidak berhasil. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ambil.

Restart dan Tunggu

iCloud dapat mengambil beberapa waktu ketika Anda membuat perubahan. Menurut beberapa laporan, ini bisa memakan waktu hingga 10 menit.

Anda mungkin menemukan bahwa masalah Anda teratasi dengan sedikit kesabaran, tetapi saat Anda melakukannya, Anda juga dapat mencoba me-restart semua perangkat yang terpengaruh. Anda juga mungkin ingin menyambungkan perangkat Anda kadang-kadang kami menemukan bahwa foto tidak akan disinkronkan ke iCloud sampai ponsel diisi daya.

Periksa Bahwa Anda Menggunakan Akun yang Benar

Mungkin terdengar jelas, tetapi jika Anda tidak menggunakan akun iCloud yang sama di kedua perangkat, mereka tidak akan pernah disinkronkan dengan benar. Buka Settings >[Nama Anda] di iOS atau System Preferences> Apple ID pada macOS dan periksa akun mana yang saat ini dikaitkan dengan perangkat.

Anda hanya dapat memiliki satu akun iCloud aktif pada satu waktu, jadi pastikan mereka cocok.

Pastikan iCloud Bekerja Dengan Benar

Setiap layanan mengalami downtime di beberapa titik. Sementara sebagian besar pemadaman yang direncanakan terjadi pada malam hari ketika Anda tidur, kegagalan bencana atau kesalahan manusia kadang-kadang dapat menurunkan layanan yang paling dapat diandalkan.

Untuk memeriksa status iCloud Apple saat ini, buka halaman Status Sistem Apple dan cari titik-titik hijau. Setiap masalah yang sedang berlangsung akan muncul di bagian bawah layar.

Pastikan Anda Mengaktifkan iCloud untuk Aplikasi Anda

Ada beberapa elemen yang dapat Anda ubah di Settings (iOS) atau System Preferences (macOS) Anda untuk memperbaiki aplikasi yang tidak akan disinkronkan.

Pada perangkat iOS Anda, buka Settings >[Nama Anda]> iCloud dan pastikan aplikasi yang ingin Anda sinkronkan terdaftar dan diaktifkan. Anda juga dapat mencoba mematikan dan menghidupkan kembali untuk memulai kembali proses sinkronisasi.

PALING VIRAL  √ Cara Meningkatkan Performa CPU dan GPU Android Untuk Main Game

Aplikasi yang memiliki akses ke iCloud Drive di macOS akan muncul di System Preferences> Apple ID> iCloud.

Periksa Bahwa Aplikasi Memiliki Akses Seluler

Apakah Anda kesulitan menyinkronkan ke iCloud saat menggunakan data seluler, tetapi tidak di Wi-Fi? Anda mungkin telah menonaktifkan akses seluler untuk beberapa aplikasi.

Buka Settings > Cellular dan gulir ke bawah untuk menemukan daftar aplikasi di ponsel Anda. Aplikasi apa pun yang slidernya dimatikan hanya akan berfungsi di Wi-Fi. Coba aktifkan akses data untuk semua aplikasi yang ingin Anda selaraskan, tetapi perhatikan ini dapat meningkatkan penggunaan data Anda.

Perbedaan Tanggal dan Waktu 

Anda dapat mengalami banyak masalah saat tanggal dan waktu iPhone Anda tidak mutakhir. Banyak aplikasi hanya menolak untuk terhubung ke internet sama sekali. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat mengatur waktu untuk memperbarui secara otomatis, yang akan membuat perangkat Anda tetap sinkron dan menghindari masalah ini.

Pada iOS, buka Settings > General > Date & Time > Set Automatically. Di macOS, Anda dapat melakukan ini dari System Preferences> Date & Time> Time Zone.

PALING VIRAL  Cara Mudah Mengembalikan Mixer Volume Lama di Windows 11

Periksa Bahwa Anda Menyinkronkan Folder Kanan

Untuk aplikasi yang memungkinkan Anda menyesuaikan folder mana yang Anda gunakan untuk menyimpan data, pastikan jalurnya cocok di kedua contoh. Anda harus memastikan bahwa berbagai aplikasi iOS dan macOS Anda sedang mencari data di lokasi yang sama, jika berlaku.

Reset dan Pulihkan Perangkat Anda

Tidak satu pun di atas yang membantu dan perangkat Anda tidak akan mengakses atau menyinkronkan data iCloud sama sekali? Anda mungkin ingin mengambil langkah lebih kuat dan mengatur ulang ponsel Anda untuk menyelesaikan masalah yang masih ada. Sebelum melakukannya, Anda harus mencadangkan telepon Anda untuk menghindari kehilangan data apa pun lihat Cara Backup dan Restore Data iPhone, iPad, Anda.

Setelah mencadangkan, setel ulang perangkat menggunakan opsi Restore di iTunes (atau Finder di macOS Catalina dan yang lebih baru) dan kemudian pulihkan cadangan yang Anda buat saat Anda mengaturnya kembali. Setelah selesai, perangkat Anda akan hampir sama dengan cara Anda memulai, kecuali Anda perlu menambahkan / mengotorisasi berbagai akun Anda lagi.

PALING VIRAL  Cara Terbaik Untuk Mengkonversi Video ke GIF

Mudah-mudahan, ini akan mengatasi masalah apa pun yang Anda miliki dengan iCloud Drive.

Lihat Ke Dukungan Khusus Aplikasi

Jika Anda memiliki aplikasi yang menggunakan sinkronisasi data untuk mentransfer antar platform yang berbeda, ada kemungkinan pengembang menawarkan dokumentasi bantuan untuk membantu Anda mengatasi masalah Anda. Sering kali, pengembang dapat menentukan dengan tepat file dan folder yang harus Anda hapus untuk mengatasi masalah Anda.

Beberapa aplikasi yang menyertakan panduan khusus untuk menyelesaikan masalah iCloud termasuk DayOne, 1Password, dan Ulysses. Cari online untuk bantuan spesifik jika masalah Anda ada pada aplikasi lain.

Gunakan Alternatif iCloud

Banyak aplikasi memberi Anda pilihan untuk menggunakan iCloud atau tidak. Jika Anda dapat menghindari menggunakannya, Anda akan menghindari banyak masalah yang mengganggu layanan ini.

Misalnya, aplikasi seperti DayOne dan 1Password keduanya memungkinkan Anda menggunakan Dropbox. Plus, solusi penyimpanan cloud pihak ketiga sering memberi Anda lebih banyak ruang dan lebih sedikit kerumitan. Dan jangan khawatir, Anda masih dapat menggunakan fitur iCloud lainnya, seperti Find My iPhone dan email.

Beberapa alternatif penyimpanan cloud terbaik termasuk Dropbox, Google Drive, dan OneDrive.

Jadikan Lebih Mudah Menggunakan iCloud

Semoga tips ini membantu Anda mengatasi masalah iCloud Drive Anda. Meskipun iCloud tidak sempurna, integrasinya dengan platform Apple menjadikannya pilihan yang tepat bagi banyak pengguna. Sekarang Anda dapat menikmatinya seperti yang dimaksudkan Apple.