Mana Yang Harus di Upgrade Untuk Meningkatkan Kinerja PC Anda

Butuh komputer yang lebih cepat tetapi tidak yakin apa yang harus Anda tingkatkan di PC? Ikuti daftar periksa peningkatan PC kami untuk mencari tahu.

Apakah PC Anda cukup cepat untuk melakukan hal-hal yang ingin Anda lakukan? Apakah butuh waktu lama untuk boot, atau terhenti saat Anda mencoba menggunakan Photoshop? Jika demikian, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan perangkat keras Anda.

Tetapi sekarang Anda bertanya-tanya, “Apa yang harus saya tingkatkan di PC saya?” Apa yang memberikan hasil terbaik, dan peningkatan mana yang membuang-buang waktu? Berikut panduan kami untuk peningkatan PC terbaik yang dapat Anda lakukan.

Mengapa Anda Harus Meningkatkan RAM

Menambahkan lebih banyak memori adalah cara termudah dan paling mudah untuk meningkatkan PC Anda. Ini terjangkau, Anda dapat melakukannya di hampir semua komputer, dan tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis. Ini juga salah satu peningkatan laptop terbaik, jika mesin Anda memungkinkan.

Jika Anda belum pernah membuka casing PC Anda sebelumnya, ini adalah tempat untuk memulai.

Pembaruan RAM memberikan peningkatan kinerja instan ke hampir semua PC yang berjalan lambat. Untuk tugas yang membutuhkan banyak sumber daya, seperti mengedit video atau bermain game, semakin banyak RAM yang Anda miliki, semakin baik.

Bahkan untuk penggunaan biasa, RAM ekstra akan memungkinkan Anda memiliki lebih banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau membuka lebih banyak tab di browser Anda.

Jadi berapa banyak RAM yang Anda butuhkan?

  • 4GB adalah jumlah minimum. Tidak masalah untuk penggunaan umum, dengan hingga sekitar 10 tab browser, sedikit pengeditan foto, dan streaming video.
  • Anda akan melihat peningkatan yang signifikan jika Anda meningkatkan ke 8GB. Ini bagus untuk multi-tasking yang serius, browsing dengan hingga 30 tab terbuka, mengedit foto RAW, dan bahkan beberapa game kelas menengah.
  • Untuk tugas yang lebih berat, Anda harus menggunakan 16GB untuk hasil terbaik. Permainan serius, pengeditan media, atau tugas tingkat profesional lainnya akan menjadi yang terbaik dengan memori sebanyak ini.
Jika Anda perlu mengetahui RAM apa yang kompatibel dengan komputer Anda, pembuat memori Crucial memiliki alat peningkatan PC yang membantu Anda mengidentifikasi jenis memori yang Anda butuhkan.

Pertimbangkan Untuk Meningkatkan Kartu Grafis

Kami memiliki yang kedua dalam daftar, tetapi jika Anda seorang gamer yang serius maka itu mungkin yang pertama Anda tingkatkan. Jika Anda bukan gamer serius, pemodel 3D, atau animator 3D, Anda mungkin tidak perlu meningkatkannya sama sekali.

Dan pada sistem modern, grafik terintegrasi sudah cukup baik untuk sebagian besar pengguna. Ini akan memungkinkan Anda melakukan beberapa pekerjaan Photoshop, atau menonton video 4K. Sekitar 10 persen pengguna Steam bahkan bermain game dengan grafis terintegrasi.

PALING VIRAL  cara membuat menu dropdown pada aplikasi android ( spinner )

Tetapi jika Anda memang membutuhkan kinerja grafis yang superior, untuk bermain game atau VR, maka meningkatkan ke sesuatu seperti Radeon RX 5700-XT akan memberi Anda dorongan besar. Anda dapat membandingkan kinerja kartu khusus dengan opsi Anda saat ini di gpu.userbenchmark.com.

Dapatkan Drive Penyimpanan Lebih Cepat

Ada dua alasan untuk mengupgrade hard drive atau hard disk Anda: Anda kehabisan ruang atau Anda ingin kinerja yang lebih cepat.

Jika Anda telah melakukan semua yang Anda bisa untuk mengosongkan penyimpanan hard disk dan masih sering kehabisan ruang, maka Anda perlu menukarnya dengan yang lebih besar. Tidak hanya hard drive penuh tidak memungkinkan untuk menyimpan data baru, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja. Setidaknya, cobalah untuk menyimpan 10GB ruang kosong untuk digunakan sistem operasi.

Untuk hard disk drive, pertimbangkan untuk meningkatkan kecepatan fisik. Jika PC Anda saat ini memiliki drive 5400RPM, maka meningkatkan ke model 7200RPM akan memberi Anda peningkatan kecepatan yang bagus.

Tapi salah satu upgrade komputer yang paling berguna adalah beralih ke solid state drive. Ini menggunakan memori flash alih-alih disk yang berputar dan berkali-kali lebih cepat daripada drive hard disk biasa.

Rata-rata, drive 5400RPM dapat mencapai kecepatan tulis hingga 100Mbps, drive 7200RPM hingga 150Mbps, dan solid state drive lebih dari 500Mbps. SSD kelas atas seperti Samsung 970 EVO Plus memiliki kecepatan tulis yang sangat tinggi yaitu 3300Mbps dan lebih banyak lagi.

Pada akhirnya, drive data yang lebih cepat memengaruhi seluruh sistem Anda. Ini berarti waktu boot lebih cepat, waktu pemuatan program lebih cepat, kecepatan lebih cepat untuk meluncurkan game, dan lebih responsif dalam program yang menggunakan file besar (seperti pengeditan video atau pengeditan foto RAW).

PALING VIRAL  Cara pengaturan imacros di Mozilla

Keluhan besar tentang solid state drive dulu adalah kapasitasnya jauh lebih kecil dan lebih mahal daripada hard disk drive. Meskipun hal ini masih benar secara teknis, hal itu jauh dari masalah hari ini.

SSD 1TB sekarang cukup umum, dan sangat terjangkau, lihat SanDisk SSD Plus sebagai contoh yang bagus. Itu seharusnya cukup besar untuk banyak orang, tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda dapat mempertimbangkan drive hybrid. Ini menggabungkan kedua teknologi untuk memberi Anda keseimbangan antara kecepatan dan ukuran.

Meningkatkan Prosesor

Meningkatkan prosesor PC Anda adalah tugas yang jauh lebih maju daripada peningkatan lain yang telah kami bahas sejauh ini. Tidak hanya secara fisik lebih sulit untuk diinstal, ini adalah salah satu peningkatan yang lebih mahal dan ada masalah kompatibilitas yang perlu dikhawatirkan juga.

Lebih penting lagi, peningkatan prosesor tidak selalu merupakan hal yang baik dan mungkin tidak memberikan peningkatan kinerja yang Anda cari.

Tes benchmark di cpubenchmark.net dapat membantu Anda membandingkan kinerja relatif dari berbagai prosesor. Secara umum, pengujian ini menunjukkan bahwa pembaruan sederhana tidak memberikan peningkatan besar.

Prosesor hanya layak untuk ditingkatkan jika peningkatannya signifikan, seperti berpindah dari i3 ke i5, atau dari generasi yang lebih lama ke yang lebih baru. Jangan memilih sesuatu hanya karena kecepatan clocknya lebih cepat.

Prosesor mahal dan mungkin mengharuskan Anda untuk memutakhirkan motherboard Anda (dan itu mungkin mengharuskan Anda membeli RAM baru). Meskipun motherboard Anda kompatibel dengan prosesor baru di atas kertas, mungkin diperlukan pembaruan BIOS agar dapat berfungsi. Ini bisa menyebalkan, jadi periksa sebelum Anda membeli.

Pada akhirnya, jika prosesor Anda adalah penghambat kecepatan di sistem Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli sistem yang sama sekali baru.

Bagaimana Dengan Upgrade Software atau Aplikasi Dapat Meningkatkan Kinerja

Kemungkinan program di PC Anda disetel untuk diperbarui secara otomatis. Jika tidak, Anda mungkin mengklik tombol Perbarui segera setelah Anda diberitahu tentang rilis versi program baru.

Dalam banyak kasus, ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Tapi tidak selalu. Untuk banyak perangkat lunak, nomor versinya digambarkan dalam bentuk Major.Minor.Revision. Jadi, jika pembaruan adalah 0.0.1, kemungkinan itu adalah perbaikan bug. Jika 0.1.0, maka kemungkinan termasuk pengoptimalan dan fitur baru yang kecil. Pembaruan minor dan Revisi harus segera dipasang.

PALING VIRAL  4 Aplikasi Seluler untuk Melukis dan Merencanakan Koleksi Miniatur Anda

Tetapi pembaruan utama, perubahan pada nomor versi lengkap adalah masalah yang berbeda. Hampir pasti bahwa versi baru program akan menggunakan lebih banyak sumber daya daripada versi lama, jadi jika perangkat keras PC Anda sudah direntangkan secara maksimal, Anda harus berurusan dengan itu terlebih dahulu.

Hal yang sama berlaku untuk pembaruan sistem operasi. Pembaruan tambahan reguler sangat penting untuk alasan kinerja dan keamanan, tetapi versi yang sama sekali baru tidak. Mereka hampir pasti memiliki bug dan mungkin berjalan lambat di sistem Anda.

Jika PC Anda berjalan dengan baik, ada baiknya untuk menunda peningkatan sistem operasi sampai Anda benar-benar yakin bahwa mereka tidak akan diturunkan.

Perubahan perangkat lunak sering kali merupakan cara yang baik untuk membuat komputer Anda terasa lebih cepat tanpa perlu mengeluarkan uang. Panduan kami tentang cara membuat Windows 10 lebih cepat adalah tempat yang baik untuk memulai.

Apa Lagi Yang Harus Anda Tingkatkan

Motherboard adalah yang paling sulit dari semua peningkatan karena semua bagian PC lainnya terpasang padanya. Ini hanya layak dipertimbangkan jika Anda menggunakan prosesor baru yang tidak kompatibel dengan pengaturan Anda saat ini. Itu tidak akan memberi Anda banyak dorongan kecepatan sendiri.

Ada komponen lain yang perlu dipertimbangkan juga.

Seorang fotografer yang tajam, misalnya, pasti akan mendapatkan keuntungan lebih dengan memiliki monitor yang lebih baik daripada membuat Lightroom berjalan sedikit lebih cepat. Demikian pula, seorang penulis bisa menjadi lebih produktif dengan keyboard mekanis.

Alih-alih hanya berfokus pada kinerja, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman PC Anda. Kecepatan memang penting, tetapi bukan satu-satunya hal yang penting.

Peningkatan PC Terbaik Untuk Anda

Saat Anda memutuskan cara memutakhirkan PC Anda, kami merekomendasikan RAM, SSD, dan kartu grafis sebagai area utama untuk difokuskan.

Pastikan Anda membeli suku cadang yang kompatibel dengan kit yang ada. Pemeriksa peningkatan PC yang baik adalah PC Part Picker, yang membantu Anda mengidentifikasi dan membeli komponen yang tepat.
Idealnya, Anda harus selalu menyesuaikan peningkatan Anda dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tidak yakin di mana kemacetan komputer Anda, lihat panduan kami untuk tes diagnostik Windows yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menentukannya.