Lengkap Manfaat Bunga Telang – Wajib Tahu!

Manfaat Bunga Telang – Bunga telang atau biasa disebut dengan kembang telang ungu ini umumnya digunakan sebagai dekorasi taman dan mempercantik ruang, akan tetapi bisa juga dijadikan bahan pewarna alami minuman dan makanan. Pohon sampai bunga telang memiliki berbagai macam zat dan nutrisi yang bagus untuk tubuh, oleh sebab itu pohon serta bunga ini banyak digunakan untuk pengobatan tradisional maupun modern.

Kembang telang atau bunga telang memiliki nama latin Clitoria Ternatea adalah salah satu jenis tumbuhan yang bisa kita temukan dengan mudah di indonesia, terutama daerah pedesaan. Bunga ini juga memiliki 4 warna mulai dari Ungu, Biru, Putih sampai Merah Muda. Salah satu yang sering dicari yaitu bunga telang warna ungu, karena memiliki lebih banyak manfaat.

Selain untuk sebagai obat tradisional dan modern, pohon dan bunga telang juga biasa digunakan sebagai pakan ternak, insektisida sampai tambahan bahan kosmetik alami. Bahkan sekarang bunga telang sudah bisa dibuat sebagai teh herbal. Nanti akan admin jelaskan cara membuat teh dari bunga telang di akhir artikel.

Manfaat Dan Khasiat Bunga Telang

manfaat bunga telang

Nah sekarang admin akan menjelaskan beberapa khasiat bunga telang untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

Manfaat Bunga Telang : Meringankan Peradangan

manfaat bunga telang

Bunga telang dapat kita gunakan untuk meringankan peradangan didalam tubuh. Selain bisa meringankan peradangan, bunga telang juga biasa digunakan untuk obat herbal mengatasi demam ringan. Manfaat daun telang ini sudah dibuktikan karena beberapa dokter sudah melakukan riset terhadap bunga telang dan menemukan zat yang memiliki efek antiradang.

Akan tetapi, jika setelah mengkonsumsi bunga telang dan peradangan yang anda alami masih belum sembuh juga ada baiknya ada langsung konsultasi ke dokter setempat.

Manfaat Bunga Telang : Meringankan Alergi Dan Asma

manfaat bunga telang

Di negara india bunga telang biasanya digunakan untuk mengatasi gejala asma dan batuk ringan dengan cara mengolah bunga telang ungu menjadi teh serta minuman hangat lainnya. Kepercayaan akan khasiat bunga telang tersebut sudah bejalan puluhan tahun.

Kepercayaan masyarat tersebut juga dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa ekstrak bunga telang bisa mengurangi zat hismanin. Zat hismanin dengan jumlah banyak dapat menimbulkan peradangan ketika tubuh kita terkan alergi sesuatu.

Sayangnya, menurut beberapa riset obat herbal bunga telang ini belum dipastikan efektif dan aman untuk penggunaan jangka panjang sebagai obat alergi dan asma. Saran admin untuk anda yang mempunyai alergi anda bisa mengkonsumsi obat Antihisman untuk meringankan gejala alergi.

Manfaat Bunga Telang : Menurunkan Gula Darah Dan Mencegah Diabetes

manfaat bunga telang

Mengkonsumsi kembang telang secara rutin dipercaya bisa menurunkan gula darah serta mencegah diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksida oada kembang telang yang baik untuk mengatasi terjadinya resistensi insulin dalam tubuh yang bisa memicu diabetes.

Dalam sebuah riset membuktikan bahwa kembang telang bisa mengontrol penyerapan gula yang berlebih dalam darah, sehingga bisa menjaga gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Akan tetapi untuk menurukan gula darah anda tetap diwajibkan melakukan olahraga secara rutin serta menjalani pola hidup sehat, dan yang terpenting tetap menjaga pola makan dan minum yang manis.

Manfaat Bunga Telang : Memelihara Kesehatan Dan Fungsi Otak

manfaat bunga telang

Salah satu khasiat bunga telang yang cukup terkenal adalah dapat digunakan untuk memlihara fungsi dan kesehatan otak kita. Hal tersebut dikarenakan bunga telang memiliki kandungan zat antioksidan seperti Flavonoid serta antosianin yang berfungsi untuk memperbaiki sel tubuh dan juga sel saraf pada otak.

Tidak hanya itu saja, kembang telang juga diketahui bisa menambah produksi asetilkolin. Asetilkolin sendiri adalah zat kimia dalam otak yang berfungsi mempelajari informasi, mengingat serta menjaga konsentrasi. Oleh sebab itu kembang telang juga disebut bisa mengatasi pikun.

Itu dia beberapa khasiat bunga telang yang wajib anda ketahui. Adapun beberapa khasiat atau manfaat bunga telang sendiri masih menjadi pertanyaan, karena minimnya penelitian serta laboratorium untuk melakukan percobaan mendalam mengenai hal tersebut.

Nah sekarang admin akan membagikan cara membuat teh bunga telang yang baik untuk tubuh, Karena sudah banyak orang yang mendapat manfaat teh bunga telang tersebut.

Cara Membuat Teh Bunga Telang

1. Siapkan 10 kelopak bunga telang yang masih segar (warna biru)
2. Masukan kelopak bunga yang sudah kering kedalam air mendidih sebanyak 500ml
3. Diamkan selama 30 menit sampai kelopak bunga sudah tidak berwarna biru lagi
4. Saring kelopak bunga yang sudah tidak berwarna tersebut
5. Anda bisa menambahkan satu sendok gula pasir sebagai perasa
6. Teh bunga telang siap dinikmati

Selain gula pasir, anda juga bisa menambahkan daun serai kering dan beberapa tetes jeruk nipis sebagai penambah rasa. Sekarang anda sudah bisa merasakan manfaat teh bunga telang tersebut.

Cara Membuat Teh Bunga Telang

Perlu anda ketahui, bunga atau kembang telang ini masih terbatas dipenelitian pada hewan saja, dan belum ada yang melakukan uji coba pada manusia. Sehingga admin belum berani menyimpulkan manfaat bunga salam pada manusia, walaupun sudah banyak yang mencoba dan menikmati manfaat teh bunga telang.

Tapi anda harus tetap melakukan konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bunga telang secara rutin.

You May Also Like

About the Author: Santo