Mau Mulai Tapi Bingung? Perhatikan 5 Cara Membeli Saham Syariah

Cara membeli saham syariah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan kemudahan segala perkembangan teknologi yang ada, investor syariah pemula bahkan sudah bisa bebelajar untuk emmulai investasi saham syariah secara otodidak dengan memanfaatkan segala informasi yang ada.

Dilansir dari laman resmi Bursa Efek Indonesia, Sabtu (21/8/2021), saham syariah merupakan efek yang berbentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. Dimana prinsip syariah yang dimaksud telah disepakati oleh OJK dan MUI.

Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan No. KEP-208/BL/2012 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah, yang menjadi acuan dari perdagangan saham syariah yang disepakati sebelumnya.

PALING VIRAL  Cara Main Saham Online untuk Pemula, Nih! Dijamin Profit.

Simak langkah yang perlu dilakukan untuk memulai berinvestasi saham syariah ini:

1. Miliki rekening saham sekuritas syariah
Hal pertama dan utama yang harus dilaukan adalah membuat rekening saham. Pembuatan rekening ini bisa dilakukan secara daring untuk dapat menyalurkan dana investasi.

2. Cek indeks saham syariah
Setelah memiliki rekening sahan dan mendaftar secara daring, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyalurkan deposit awal untuk investasi saham. Calon investor sudah harus tau saham mana yang dituju dengan merinci informasi tentang perkembangan saham yang disajikan BEI.

PALING VIRAL  5 Tempat Jual Beli Saham dan Obligasi Online Terpercaya Terdaftar OJK

3. Lihat fundamental dan analisis teknikal
Pasikan saham yang dituju memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Hal itu disebabkan saham yang berkapitalisasi pasar yang besar dinilai tidak mudah mengalami fluktuasi.

4. Perluas wawasan tentang saham syariah
Dengan membaca buku karya beberapa investor saham terkemuka di dunia, bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana menanggapi perubahan harga saham. Selain itu, membaca informasi yang beredar di internet dengan sumber yang terpercaya juga bisa menambah wawasan tentang saham syariah.

PALING VIRAL  Wow! Beli Saham Amazon Rp 16 Juta, Bisa Cuan Rp 15 M

5. Pastikan saham benar-benar mematuhi aturan syariah
Menurut Peraturan Bapepam LK Nomor II K.1,  tentang Jenis usaha, produk barang atau jasa, serta akad dan pengelolaan emiten tidak boleh berseberangan dengan prinsip syariah.

Untuk itu, Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, Sabtu (21/8/2021), Siapapun boleh membeli saham yang diperdagangakan di bursa, selama ia punya dana yang cukup untuk membeli saham yang di inginkan tersebut. Mau Pelajar, Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Artis, Pengusaha bahkan Asisten Rumah Tangga dapat berinvestasi saham.

Leave a Reply