Panduan Cara Mengonversi Ebook – Ninna Wiends

Ketika datang ke ebooks ada lebih dari selusin jenis file umum. Dan masing-masing memiliki kekuatan yang berbeda dan kompatibel dengan ereaders yang berbeda. Itulah sebabnya Anda mungkin membutuhkan konverter ebook. 

Di artikel ini, kami akan menjelaskan semua yang perlu diketahui tentang mengonversi ebooks. 

Pengonversi Ebook Terbaik 

Anda dapat membagi pengonversi ebook ke dalam dua kategori aplikasi berbasis web dan aplikasi desktop mandiri.

Aplikasi Desktop 

Aplikasi desktop gratis terbaik untuk mengonversi ebooks adalah Calibre. 
Jika Anda seorang pembaca ebook yang rajin, Anda mungkin sudah menginstal Calibre di komputer Anda. Konversi ebook hanya sebagian kecil dari daftar fitur aplikasi; kekuatan utamanya adalah sebagai alat manajemen ebook. Anda dapat mengedit metadata, menambahkan karya seni, dan secara otomatis mengirim buku ke perangkat Anda.

Konverter ebook Calibre mendukung daftar panjang format ebook. Anda dapat menambahkan EPUB, AZW, MOBI, LRF, ODT, PDF, CBZ, CBR, CBC, CHM, FB2, HTML, LIT, PRC, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, dan TXT sebagai masukan dan terima EPUB , MOBI, AZW4, AZW, PDB, FB2, OEB, LIT, LRF, PML, RB, PDF, SNB, dan TXT sebagai output.

Opsi gratis lainnya adalah Any Ebook Converter. Ini mendukung file EPUB, MOBI, AZW, PDF, dan TXT dan memungkinkan Anda untuk mengedit metadata buku. Menariknya, alat ini juga akan menghapus DRM dari ebook apa pun secara otomatis. Calibre dapat menghapus DRM dari ebooks, tetapi melakukannya membutuhkan proses pengaturan. 

Satu-satunya pilihan gratis lainnya yang layak disebut adalah Auto Kindle eBook Converter. Ini tersedia di Windows. Itu dapat mengkonversi file PDF, LIT, dan HTML ke dalam format MOBI yang kompatibel dengan Kindle.

PALING VIRAL  4 Program/Aplikasi Backup Pihak Ketiga Terbaik Untuk Windows

Sayangnya, sebagian besar aplikasi desktop yang direkomendasikan membutuhkan pembayaran. Jika Anda tidak ingin menggunakan Calibre atau Any Ebook Converter, lebih baik mencari aplikasi web saja.

Aplikasi Web 

Tidak ada kekurangan situs web yang dapat digunakan gratis yang dapat mengkonversi ebook, beberapa di antaranya lebih baik daripada yang lain.

Beruntung bagi Anda, kami telah menyaring gandum dari sekam atas nama Anda. Kami melihat pengonversi ebook online terbaik untuk setiap format dan menemukan lima ini sebagai yang terbaik:

EPUB vs MOBI vs AZW vs PDF 

Dengan begitu banyak format ebook yang digunakan, bagaimana Anda bahkan memutuskan format ebook mana yang tepat untuk kebutuhan Anda?

Empat format ebook yang paling mungkin Anda lihat di alam bebas adalah EPUB, MOBI, AZW, dan PDF.

EPUB adalah yang paling umum. Ini adalah format terbuka, bebas untuk digunakan, dan bebas vendor. Karena standar terbuka, vendor dapat menggunakannya untuk menambahkan DRM ke buku-buku mereka, meskipun relatif mudah untuk dihapus.

MOBI adalah cabang dari format OEB lama; itu dibuat oleh Mobipocket pada tahun 2001. Amazon membeli perusahaan pada tahun 2005 dan melanjutkan pengembangan MOBI hingga 2016. Tidak seperti buku-buku EPUB, MOBI tidak dapat mendukung suara atau video.

AZW (bersama dengan AZW3) adalah format Amazon berpemilik. Itu didasarkan pada format MOBI. Setiap ebook yang Anda beli di Amazon akan dikirim dalam format AZW. Kindle dapat membacanya, tetapi ereader populer dari produsen lain tidak bisa.

Terakhir, beberapa buku muncul dalam format PDF. Sebagian besar ereader dapat membuka PDF, tetapi Anda akan mengalami masalah tata letak secara semi-sering.
Baca Juga

PALING VIRAL  √ 7 Aplikasi Konsultasi Dokter Terbaik yang Bekerja 24 jam

Jenis file ebook lain yang dapat Anda temui meliputi CBR dan CBZ (digunakan untuk komik, manga, dan novel grafis lainnya), RTF (didukung secara luas dan dengan peningkatan pada TXT), Apple IBA, dan DJVU PDF-esque.

Format Ebook mana yang didukung Kindle 

Kindle yang asli sekarang berusia lebih dari 10 tahun. Sejak memasuki pasaran, Amazon telah menjual lebih dari 100 juta unit, menjadikannya ereader paling nyaman di pasaran.

Namun, jika Anda tipe orang yang telah mengumpulkan ratusan buku dari banyak sumber yang berbeda, Kindle belum tentu ideal. Mereka memiliki lebih sedikit jenis file yang didukung daripada pesaing mereka.

Masalah mencolok adalah kurangnya dukungan untuk file EPUB. EPUBs adalah dunia yang setara dengan file-file MP3 digunakan secara luas dan didukung secara luas. Ada juga kurangnya dukungan untuk CBR dan CBZ, DJVU, dan FB2.

Memang, Kindles hanya mendukung file AZW, AZW3, DOC, HTML, MOBI, PDF, dan TXT.

Jadi, jika Anda memiliki Kindle dan memiliki buku dalam format EPUB, Anda harus mengonversinya.

Bagaimana Mengonversi EPUB ke MOBI 

Calibre dan Any Ebook Converter memungkinkan Anda untuk mengkonversi file EPUB ke format AZW dan AZW3 milik Amazon.

Namun, kami sarankan untuk mengubahnya menjadi MOBI. Kindle dan ereader arus utama lainnya dapat membaca format MOBI, sedangkan sebagian besar perangkat non-Kindle tidak dapat membaca ebooks AZW. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan Anda dari upaya lebih jauh di telepon jika Anda pernah menjauh dari Kindles, masuk akal untuk mengubahnya menjadi standar yang paling banyak didukung.

PALING VIRAL  7 Alat Pencarian File Terbaik Untuk Windows 11

Menyiapkan Calibre untuk secara otomatis mengkonversi ebook yang baru ditambahkan ke dalam format MOBI adalah proses dua langkah. Pertama, pergi ke Preferences > Interface > Behavior dan atur Preferred Output Format ke MOBI dari menu drop-down.

Selanjutnya, kembali ke menu Preferences dan navigasikan ke  Import/Export > Adding Books. Di bagian atas jendela, klik pada tab Adding Actions, lalu tandai kotak centang di Automatically convert added books to the current output format. Klik Apply untuk menyimpan perubahan Anda. 

Untuk mengonversi buku perpustakaan Anda yang ada, buka Calibre dan pilih buku yang ingin Anda konversi. Untuk memulai proses, klik ikon Convert Books di bagian atas jendela dan pilih Convert Individually atau Bulk Convertl, tergantung pada kebutuhan Anda. 

Pilih MOBI menggunakan menu drop-down di sudut kanan atas jendela baru, lalu klik OK. Proses konversi akan berlangsung di latar belakang.

Konversi EPUB ke PDF Menggunakan Aplikasi Web 

Terkadang, Anda mungkin ingin mengubah file EPUB menjadi file PDF; PDF sering kali lebih mudah digunakan di komputer.

Untuk konversi tunggal dan on-the-fly, lebih masuk akal untuk menggunakan aplikasi web. 

Jika Anda menggunakan Konversi Online, pilih Konversi ke PDF dari menu drop-down di bawah Ebook Converter dan klik Go. Klik Pilih File untuk mengunggah file EPUB Anda. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengedit nama buku, opsi tata letak, dan metadata lainnya. Saat Anda siap, klik Mulai Konversi.

Baca Juga