Pengertian dari Asuransi Investasi Terbaik

Jangan sampai salah pilih! Ketahui apa saja tips penting dalam membeli asuransi investasi terbaik.

Asuransi dan investasi adalah dua hal yang berbeda. Asuransi adalah produk keuangan yang bertujuan melindungi Anda dari risiko, sehingga saat risiko terjadi, Anda dan keluarga tetap terlindungi dari kerugian finansial. Investasi adalah kegiatan menanamkan modal (berupa dana atau aset) untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Biasanya, investasi dilakukan untuk mencapai tujuan keuangan tertentu, seperti menikah, membeli rumah, naik haji, dan dana pendidikan anak.

Demi memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam, kini terdapat produk asuransi dengan investasi. Ini tentu cocok bagi Anda yang ingin memiliki manfaat perlindungan sekaligus ingin mencapai tujuan keuangan tertentu. Contoh asuransi investasi adalah unit link.

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang unit link. Produk asuransi dengan investasi ini cukup populer di Indonesia. Ini karena banyak orang yang mencari solusi praktis dalam memperoleh manfaat asuransi dan investasi.

Dengan unit link, Anda dapat memperoleh dua manfaat sekaligus dalam satu produk, yaitu perlindungan dan pengembangan dana tanpa harus memilih apakah sebaiknya membeli produk asuransi atau investasi. Bisa dibilang, unit link adalah solusi praktis bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat perlindungan, sekaligus mengembangkan dana untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda pahami saat hendak membeli produk asuransi investasi terbaik:

    • Walaupun asuransi dengan investasi menawarkan dua manfaat sekaligus, fitur utamanya adalah perlindungan atau proteksi. Investasi dalam asuransi investasi adalah bonusnya.
    • Membeli dua produk (asuransi dan investasi) akan lebih mahal daripada membeli satu produk. Itu alasannya premi asuransi investasi lebih mahal dibandingkan premi asuransi murni.
    • Besarnya dana yang perlu Anda keluarkan untuk berinvestasi bersifat fleksibel. Anda dapat menambah atau mengurangi dana tersebut di tengah jalan. Premi asuransi bersifat tetap sesuai dengan yang tertera di polis yang Anda tanda tangani.
    • Setiap produk investasi pasti mengandung risiko yang tidak pasti, yaitu nilai aset atau dana yang diinvestasikan menjadi bertambah atau berkurang. Begitu juga investasi dalam asuransi dengan investasi. Bisa saja investasi dalam asuransi investasi memberikan keuntungan sesuai harapan Anda, tetapi, ada juga kemungkinan investasi Anda tidak berkembang dan justru merugi.
    • Hasil dari investasi bisa berupa nilai modal bertambah atau menurun, sesuai kondisi pasar. Hasil atau manfaat dari asuransi akan Anda rasakan bila risiko yang diantisipasi benar-benar terjadi dan Anda tetap terlindungi. Dengan kata lain, manfaat asuransi bersifat pasti, tidak seperti investasi yang bergantung pada kinerja aset atau pasar.
PALING VIRAL  4 Asuransi Mobil Terbaik 2021, Mana yang Sesuai Kebutuhanmu?

PFI Mega Life adalah perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai solusi dan produk asuransi untuk memenuhi kebutuhan perlindungan Anda dan keluarga. Solusi perlindungan disesuaikan untuk kebutuhan spesifik Anda untuk jangka pendek maupun panjang.

Bila Anda masih bingung dalam memilih produk asuransi dengan investasi, berikut adalah pilihan produk asuransi investasi terbaik dari PFI Mega Life:

1.  Mega Prima Link

Ini adalah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terbaik akan hidup Anda, serta memberi Anda kesempatan berinvestasi untuk mempersiapkan setiap kebutuhan finansial di masa mendatang.

2.  Mega Investa Link

Ini adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus kesempatan berinvestasi untuk memenuhi berbagai rencana dalam setiap tahap kehidupan, dengan pembayaran premi hanya satu kali.

Kedua produk asuransi investasi terbaik tersebut menawarkan Manfaat Akhir Polis dan Manfaat Meninggal Dunia dengan keterangan sebagai berikut.

PALING VIRAL  Kenali Istilah-Istilah Dasar Asuransi Ini Agar Anda Lebih Paham Saat Memilih Produk Asuransi

Manfaat Akhir Polis: Apabila Tertanggung mencapai usia 100 tahun, maka Manfaat Akhir Polis akan dibayarkan sebesar nilai polis (jika ada). Namun, perlu diingat bahwa nilai polis tidak dijamin karena tergantung dari kinerja dana investasi yang dipilih oleh pemegang polis dan tidak lepas dari risiko investasi. Selanjutnya, pertanggungan asuransi dinyatakan berakhir.

Manfaat Meninggal Dunia: Apabila Tertanggung meninggal dunia dalam masa asuransi, Manfaat Meninggal Dunia akan dibayarkan maksimal sebesar 100% Uang Pertanggungan Asuransi Dasar, ditambah seluruh Nilai Polis (jika ada).

Namun, perlu diingat bahwa nilai polis tidak dijamin karena tergantung dari kinerja dana investasi yang dipilih oleh pemegang polis dan tidak lepas dari risiko investasi. Selanjutnya, pertanggungan asuransi dinyatakan berakhir.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu produk, membeli produk asuransi dengan investasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda tidak akan lagi dihadapkan pada kondisi harus memilih apakah membeli produk asuransi atau investasi. Hal terpenting adalah, Anda mencari tahu dulu kelebihan dan kekurangan asuransi investasi, serta memahami rincian produk yang ditawarkan agar tidak keliru dalam membeli asuransi investasi terbaik.

Selain menambah wawasan tentang asuransi investasi terbaik, Anda juga perlu memahami soal pentingnya memiliki asuransi kesehatan. Hingga kini, jumlah masyarakat Indonesia yang memiliki asuransi kesehatan memang masih tergolong sedikit.

Padahal, tak bisa dimungkiri bahwa setiap orang memiliki risiko untuk sakit. Lebih dari itu, musibah sakit biasanya datang secara tiba-tiba. Saat Anda sakit, umumnya ada dua hal yang kemudian dicemaskan: kesembuhan dan biaya pengobatan.

Bila penyakit yang diderita tergolong ringan, proses penyembuhannya pun kemungkinan tidak rumit. Bila penyakit yang diderita ternyata berat, kekhawatiran Anda akan bertambah satu lagi, yaitu potensi kehilangan penghasilan akibat sakit. Keadaan ini tentu akan berdampak pada kehidupan Anda dan keluarga.

PALING VIRAL  Penting! Berikut 5 Alasan Mempunyai Asuransi Kesehatan

Pastinya, apa pun jenis penyakitnya, Anda sudah pasti akan mengeluarkan uang khusus untuk membayar biaya pengobatan. Pastikan juga Anda menyiapkan biaya rawat inap bila ternyata harus menginap di rumah sakit.

Tanpa persiapan yang baik, Anda akan kebingungan saat harus mengeluarkan uang dalam jumlah tidak sedikit untuk membayar biaya pengobatan. Mungkin Anda akan mengambil uang tabungan atau jika biayanya sangat besar, Anda bahkan harus menjual aset tertentu.

Semua itu tidak perlu terjadi bila Anda telah memiliki asuransi kesehatan yang melindungi Anda dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Karena ketika Anda sakit, perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan Anda. Dengan begitu, Anda pun dapat fokus pada upaya penyembuhan. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang nyaman sesuai dengan yang Anda inginkan.

Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life adalah produk asuransi kesehatan yang menawarkan santunan rawat inap karena sakit/kecelakaan, santunan rawat inap ICU/ICCU, santunan meninggal dunia karena sakit dan kecelakaan, dan pengembalian premi (no-claim bonus). Mega Hospital Investa memberikan ketenangan saat Anda harus dirawat inap sehingga kehilangan potensi penghasilan harian.

Selain itu, besar premi maupun manfaat santunan yang ditawarkan oleh asuransi Mega Hospital Investa bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Misalnya, dengan membayar premi mulai dari Rp 7.000 per hari, Anda akan mendapat santunan sampai dengan Rp 600.000 per hari.

Jadi, selain mempertimbangkan tentang asuransi dengan investasi, pastikan Anda sudah memiliki asuransi kesehatan sebagai perlindungan dari risiko kerugian finansial akibat sakit.

Leave a Reply