Pengertian Gerabah Terlengkap

Pengertian Gerabah – Apakah kamu tahu jika keramik dan gerabah adalah satu hal yang sama, yang membedakannya hanyalah proses pembuatan atau pembakarannya saja. Jika gerabah hanya dibuat dengan suhu sedang, maka keramik sendiri dibuat dengan suhu yang sangat tinggi. Oleh sebab itu keramik memiliki bentuk yang lebih mengkilap dan juga halus dibandingkan dengan gerabah, padahal keduanya sama-sama terbuat dari tanah liat.

Sebagai contoh vas bunga keramik dan gentong keramik, kedua kerajinan ini sama-sama terbuat dari bahan dasar tanah liat. Untuk prosesnya mulai dari tanah liat dibentuk dan dibakar 1 atau 2 kali maka akan menjadi kerajinan yang bernama gerabah, karena bentuk dan warnanya masih terlihat seperti tanah liat.

Nah supaya kerajinan tersebut terlihat lebih mewah maka akan mengalami proses pembakaran dengan suhu yang lebih tinggi, sehingga nantinya akan membuat kerajinan vas bunga dan gentong menjadi lebih halus dan mengkilap yang artinya sudah menjadi kerajinan keramik.

Nah jika kamu sudah paham maka kita bisa lanjut ke pengertian gerabah.

Pengertian Gerabah

Gerabah adalah perkakas yang dibuat dari bahan dasar tanah liat yang sudah melalui proses pembentukan dan juga pembakaran sehingga menjadi peralatan atau barang hias yang bisa kita gunakan.

Oke sampai disini dulu penjelasan admin gerabah kasongan tentang pengertian gerabah. Semoga artikel singkat ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan juga membantu tugas sekolah maupun kuliah kamu 😀

Jika ada pertanyaan jangan malu untuk menuliskannya dikolom komentar, karena admin akan dengan senang hati akan menjawabnya.

You May Also Like

About the Author: Santo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *