6 Jenis Pupuk Untuk Kaktus (Agar Berbunga)

Pupuk Tanaman Kaktus – Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman hias yang kini banyak dibudidayakan di rumah. Salah satu hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika menanam kaktus adalah memberinya pupuk.

6 Pupuk Untuk Kaktus Terbaik

Ada berbagai macam jenis pupuk untuk kaktus yang bisa digunakan, baik berbentuk padat maupun cair. Berikut adalah berebagai jenisnya.

Pupuk Hyponex 20-20-20

Jpeg

Produk Hyponex 20-20-20 merupakan pupuk berbentuk padat yang berupa butiran halus. Kandungan pada pupuk Hyponex 20-20-20 tergolong cukup kompleks untuk menutrisi tanaman kaktus. Jenis kandungan nutrisi pada pupuk Hyponex antara lain NPK, vitamin, serta unsur mikro. Kandungan vitamin pada Hyponex 20-20-20 terbilanng cukup seimbang bagi tanaman kaktus.

Hyponex 20-20-20 cocok untuk merangang mekarnya bunga dan petumbuhan pada tanaman kaktus. Tanaman hias yang diberi nutrisi dengan Hyponex akan terlihat tumbuh lebi segar. Cara untuk mengaplikasikan pupuk Hyponex 20-20-20 pada tanaman kaktus cukup mudah. Larutkan Hyponex 20-20-20 dengan air, kemudian semprotkan secara merata pada bagian daun atau cabang tanaman.

Herbafarm Pupuk Cair Bio Organik

Pupuk cair bio organic herbafarm cukup direkomendasikan untuk tanaman hias kaktus. Kandungan yang terdapat pada pupuk cair herbarfarm adalah unsur hara mikro hingga makro. Di samping itu, herbafarm juga mengandung nutrisi lain, berupa asam fulvat dan humat, biofertilizer, serta hormon. Biofertilizer merupakan salah satu jenis mikroba yang berfungsi mendukung pertumbuhan kaktus.

Fungsi biofertilizer bagi tanaman kaktus sendiri adalah untuk membantu penyerapan unsur hara dari dalam tanah. Herbafarm dapat digunakan beramaan bersamaan dengan proses penyiraman tanaman kaktus menggunakan air. Ukuran penuangan cairan herbafarm dapat disesuaikan dengan petunjuk yang ada di botol maupun berdasarkan usia tanaman kaktus, agar pemberian pupuk tidak berlebihan.

Pupuk PLP

Jenis pupuk cair untuk tanaman kaktus yang selanjutnya adalah Pupuk Langsung Pakai atau yang biasa disebut dengan PLP. Keguanaan PLP bagi tanaman kaktus sendiri adalah sebagai penutrisi bagi batang dan daunnya. Tanaman kaktus yang disempot menggunakan pupuk langsung pakai berbentuk cair ini akan terlihat lebih mengkilap dan warnanya nampak segar.

Cara penggunaan pupuk PLP pada taman kaktus sangat mudah. Anda hanya perlu menyemprotkan pupuk ini ke tanah yang dijadikan sebagai media tanam kaktus. Pupuk PLP ini kemudian akan menyebarkan nutrisi yang terkandung di dalamnya untuk selanjutnya diserap oleh akar kaktus. Pemberian pupuk PLP ini bisa dilakukan secara berkala agar tanaman kaktus selalu terlihat segar.

NPK 10-55-10

NPK 10-55-10 merupakan salah satu jenis pupuk yang sudah tidak asing lagi bagi penyuka tanaman hias, termasuk kaktus. Pupuk NPK 19-55-10 ini berbentuk padat, sehingga penggunaannya harus dicampurkan terlebih dahulu dengan air. Kemudian, semprotkan larutan pupuk NPK 10-55-10 dan air ke tanah yang dijadikan sebagai meda tanam agar bisa terserap dengan baik oleh kaktus.

Pupuk NPK 10-55-10 dianggap menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman kaktus, sebab mempunyai kandungan fosfat yang tinggi. Nutrisi berupa fosfat ini berguna untuk membantu tanaman kaktus agar bisa bertumbuh dengan baik. Di samping itu, pupuk untuk kaktus yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin kompleks yag baik untuk pertumbuhan tanaman.

Pupuk Kandang

Jenis pupuk yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi dan mudah untuk didapatkan. Pupuk kandang yang baik bagi tanaman hias, terutama kaktus adalah yang berasal dari kotoran kambing. Jenis pupuk kendang yang berasal dari kotoran kambing dinilai mempunyai kandungan kalium lebih tinggi. Kalium tersebut berguna untuk menutrisi kaktus hias, sehingga bisa bertumbuh dengan baik.

Cara penggunaan pupuk kendang ini berbeda dari yang sudah disebutan sebelumnya. Pupuk kendang yang berasal dari kotoral kambing ini perlu dicampurkan dengan tanah. Campuran pupuk kendang dengan tanah ini selanjutnya dapat digunakan sebagai media tanam kaktus. Selanjutnya, akar kaktus akan menyerap nutrisi berupa kalium dari pupuk kandang tersebut.

NPK Mutiara 16-16-16

Satu lagi jenis pupuk MPK yang bisa digunakan selanjutnya adaah 16-16-16. Nama 16-16-16 ini sesuai dengan kadar kandungan berupa kalium, fosfat, dan nitrogen yang masing-masing 16%. Di samping itu, pupuk NPK 16-16-16 juga mengandung kalsium dan magnesium. Kandungan yang ada pada pupuk ini cukup kompleks dan mempunyai banyak manfaat untuk tanaman kaktus.

Manfaat pupuk tersebut bagi tanaman kaktus adalah untuk membantu terjadinya proses fotosintesis agar lebih mudah. Di samping itu, pupuk NPK ini juga akan membuat tanaman kaktus menjadi lebih segar dan berwana hijau. Tamanan kaktus yang terlihat berwarna hijau segar akan bisa lebih lama bertahan hidup dan cocok untuk dijadikan hiasan rumah.

Pupuk untuk kaktus NPK Mutiara 16-16-16 ini juga bisa membantu menjaga kesehatan akar kaktus. Jenis pupuk yang satu ini akan membantu akar tanaman kaktus menjadi lebih kokoh dan lebat. Akar tanaman kaktus yang lebih sehat ini akan mampu menyerap lebih banyak nutrisi dari dalam tanah.

You May Also Like

About the Author: Santo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *